+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | fb login | Forget Password?
 
home » reviews » panelist reviews » sepenggal hari dan sepotong kisah ayam pengemis di chicken village
panelis
By : Ary Rames
Sepenggal Hari dan Sepotong Kisah Ayam Pengemis di Chicken Village
Menu di Chicken Village
Suasana Chicken Village Serpong

Jam menunjukkan 7.10 ketika kami menyusuri koridor DownTown Walk - Summarecon Mall Serpong. Tentu saja sepagi ini gerai di mall belum buka demikian pula resto di kiri-kanan tapi tidak untuk Chicken Village. Sepagi itu gerai unik dengan sajian menu enak sudah tersedia dan siap dipesan.

Nampaknya kami bukanlah pengunjung pertama, beberapa tamu terlihat sudah asyik menikmati sarapan pagi.  Okay........., saya pun tak mau kalah mulai pesan menu pembukanya. Siomai, Ha Gao Isi Udang sedangkan istri mau Lumpia Kulit Tahu Goreng Isi Udang plus Crabstick Goreng Salad. Masing masing menu tersebut dihidangkan seporsi isi tiga.

Siomaynya benar-benar legit gurih. 'Ha Gao'nya pun saya juga suka. Mirip bola pingpong lunak, kulit putih lembut meluncur di mulut. Isinya udang rebus, gurihnya... wow...   Demikian pula istri saya nampak menikmati lumpia. Renyah kulitnya, maupun kelezatan dalemannya... Wow nikmat. Saya ikut mencicipi Crabstick Goreng Saus Salad. Untuk selera saya, entah ya... mungkin rasa tepung plus minyak terlalu dominan.


Sambil menikmati kesejukan pagi hari di Downtown Walk ditemani makanan yang lezat, saya teringat anak kami yang tidak ikut karena sekolah. Begitulah kami, mungkin demikian juga Anda tentunya. Ketika menemukan sesuatu yang menarik, entah itu makanan atau apapun, kita akan teringat keluarga terkasih terutama buah hati kita. Untuk itulah, saya membuka-buka buku menu, mencari makanan yang kiranya mereka suka. Dua anak kami, baik yang sulung maupun adiknya, seleranya... ampun... susah sekali.


Berdasarkan buku menu tadi dan penjelasan pramusaji saya jadi tahu kalau yang banyak dipesan tamu adalah Ayam Pengemis. Ini merupakan menu andalan Chicken Village. Pantas costume pramusaji berupa baju bertambal-tambal ala seragam Pengemis di cerita silat Cina. Kalau Anda penggemar 'cersil' alias cerita silat tentu tahu kisah Sang Pengemis yang kegirangan dapat ayam sekaligus bingung mau dimasak apa mengingat ketiadaan peralatan karena miskin. Akhirnya si pengemis memasak ayam tadi dengan memasukkan bumbu-bumbu ke dalam perut ayam lewat bagian belakang. Ayam tadi kemudian dibungkus daun teratai, lantas dibalut selapis tanah dan dimasak dengan memasukkan ke api unggun. Begitu dirasa sudah masak, dipecah dan dinikmati isinya. Lezat!


Sementara itu di luar sana terlihat kesibukan mesin excavator yang mengeduk tanah untuk pembangunan perluasan mall. Tampak timbunan tanah menggunung. Apakah ayam pengemis disini juga dimasak dengan campuran tanah ini? Tentu saja tidak. Kemajuan teknologi memasak, penggunaan oven modern dan aluminum foil dapat menggantikan cara tradisional tadi. Daun teratai tetap dipakai, efek kulit tanah bisa disiasati dengan adonan tepung. Seporsi ayam cukup untuk 6 orang.



Kembali Lagi


Kebetulan siangnya kami perlu menemani anak cari buku di Gramedia, akhirnya kami balik lagi ke Summarecon Mal Serpong ini. Beruntung kami tinggal tidak jauh. Seolah untuk membayar hutang karena pagi tidak ajak anak, akhirnya kami mampir santap siang ke Chicken Village.


Kami mencoba Ayam Pipa, ini juga menu favorit pengunjung, demikian penjelasan Pramusaji. Ada pilihan menu setengah porsi, pas untuk kami berempat. Tampil dalam warna kuning kecoklatan, paduan kecap, bumbu dan lelehan lemak hasil panggangan. Disajikan diiris-iris nampak putih dagingnya dipadu kulit coklat, menggoda untuk cepat-cepat mencocolkan ke sambal yang menyertai. Sebagai pasangan, kami pesan Hongkong Kailan. Warna ranum hijau daunnya menyiratkan kesegaran rasa yang terkandung.


Oh ya, kami pesan juga Kepiting Soka Cabai Garam. Kepitingnya renyah dan gurih. Goreng cabai garamnya nikmat ditaburkan ke nasi hangat mengepul. Tak terkata rasanya.


Walau menyandang nama ayam, Chicken Village ini juga menyajikan rupa-rupa menu, antara lain aneka soup: soup tahu, soup ayam dengan segala kombinasinya, soup asparagus daging kepitingnya, soup burung dara, soup udang. Variasi harganya berkisar Rp 13.800,- sampai Rp 16.800,-. Selain itu ada juga aneka mie, kwetiaw, nasi goreng, aneka seafood : cumi, ikan kakap, kerapu, udang, kepitingnya, dan lain-lain. Tersedia juga aneka juice dengan variasi harga Rp 8.000,- - Rp 14.800,-.


Tips dari Ary Rames :
khusus Sabtu- Minggu, buka lebih awal
 Jam 7.00 sd 10.00 menu dimsum, dapat discount 30%
. Hari biasa buka dari jam 10.00-22.00


facebook twitter
     
  Chicken Village
Summarecon Mall Serpong, Down Town Walk, Unit # 20
Jl. Bulevar Gading Serpong
Serpong, Tangerang  » more

Menu Andalan :
Ayam Goreng Ala Thai, Beggar Chicken, Ikan Gurame Ala Thai, Kepiting Soka Telur Asin, Nasi Goreng Daging Sapi Aussie, Udang Gandum
0 Comment(s)  | 3965 Hit(s)
Rate this review
Enak Neh
Hmmm Menarik
Bagus Nih
Mantap Fotonya
Jelek Ah
Yuk Kasih Komentar
Share on Facebook
Other Review
Rajanya Pie Susu...yummy...
Sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa dari Bali, Pie Susu jadi hits banget beberapa waktu terakhir ini. Dari
Pie Susu Special Kuta
review by Luzzy
Cemilan berat penunda lapar
Haloo yukmakaners, hari ini gw mw cerita sedikit ni tentang pengalaman gw makan di salah satu resto yang cukup
Solaria Mall Of Indonesia
review by kevin1993
Ngedessert di Mid Town Owl
Awalnya bisa dibilang, nggak sengaja datang ke tempat ini. Gara-garanya nungguin plus jemput istri yang lagi ada
Mid Town Owl
review by andreas13
Fresh & Natural Yoghurt
Bagi yang sangat peka terhadap kesehatan badan & pencernaan, Yukmakaners bisa nih cobain tempat jajanan yang
Moo Moo Farm Emporium Mall Pluit
review by dianl
view all
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel


Tahukan Anda? jika semua jenis kacang-kacangan sebenarnya tidak membuat kolesterol, asalkan tidak di goreng. Justru jika kacang yang sudah melalui proses penggorengan itulah yang akhirnya mengakibatkan kolesterol.