+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | fb login | Forget Password?
 
home » reviews » panelist reviews » inovasi tiada henti lestarikan cita rasa indonesia
panelis
By : Tika Ngemil
Inovasi Tiada Henti Lestarikan Cita Rasa Indonesia
Sop Kelapa Bakar
Ikan Gurame Goreng
Kerang Hijau Asam Pedas dan Kepiting Saus Padang

Rasanya tidak ada habisnya menyusuri tempat makan yang berada di kawasan Kelapa Gading. Mulai dari warung hingga restoran dengan beragam variasi menu, mulai dari makanan Indonesia hingga olahan cafe, tumpah ruah di kawasan Kelapa Gading. Walaupun jumlah restoran di Kelapa Gading cukup banyak, bertahan hingga 17 tahun seperti Restoran Sari Kuring, patut diacungi jempol.


Restoran Sari Kuring didirikan oleh Surya Darma pada tahun 1991, di area Kelapa Gading yang mengambil lokasi  berdampingan dengan Gading Food City. Restoran Sari Kuring yang berlokasi di utara Jakarta ini, merupakan cabang ketiga Sari Kuring setelah Monas dan Batu Ceper. Dengan inovasi aneka resep dan kelezatan rasa makanan yang dijaga terus menerus, serta menggunakan hasil bumi Indonesia, Sari Kuring telah menggoda lidah banyak orang. 


Pada saat saya masuk ke dalam, terasa sekali atmosfir restoran yang cozy, ruangan yang lapang dan terjaga kebersihannya. Alunan musik suling dan gendang yang diputar bersamaan, memperkental nuansa Sunda di restoran ini. Menurut Wulandari, selaku Marketing Manager Restoran Sari Kuring, restoran ini berkapasitas 400 orang dan memiliki fasilitas beberapa ruangan VIP. Dengan  ruangan cukup besar ini, restoran ini dapat di pesan untuk acara halal bihalal, rapat, ulang tahun, atau pertemuan keluarga.


Nikmatnya Sup Kelapa Bakar
Salah satu menu andalan terbaru yang diluncurkan pada ulang tahun ke-28 Sari Kuring adalah Sup Kelapa Bakar. Sup ini berisi jamur es, cumi, udang, kepiting jepang, wortel, dan kaldu ayam. Namun sup ini berani tampil beda. Sup seafood ini disajikan dalam kelapa muda yang dipotong seperempat bagian atasnya, menyerupai mangkuk, dan sudah di steam terlebih dahulu selama satu jam.


Warna kuah Sup Kelapa Bakar ini hampir sama dengan Sup Tomyam, hanya rasanya yang lebih gurih. Hal ini karena sup unik ini  karena disajikan di dalam kelapa muda utuh. Namun  sup ini juga tidak terasa asam dan pedas seperti Sup Tomyam. Sajian sup yang tergolong unik ini cocok disantap selagi panas dan sebagai menu pembuka. Sisiran kelapa muda yang terdapat di dalam buah kelapa ini, juga dapat dinikmati dan semakin menambah spesial rasa supnya.


Ikan Gurami Goreng di Cocol Sambal Kecap
Ikan Gurami Goreng merupakan salah satu menu wajib setiap pengunjung di Restoran Sari Kuring. Pada saat saya berkunjung ke restoran ini terlihat beberapa pengunjung yang juga memesan dan mencicipi menu ini. Ikan Gurami Goreng-nya cukup garing, daging ikannya lembut dan lezat bila dinikmati dengan sambal kecap dan nasi panas.


Kerang Hijau Asam Pedas dan kepiting Saus Padang yang top banget deh¡K
Menu andalan lainnya adalah Kerang Hijau New Zealand Asam Pedas dan Kepiting Saus Padang. Untuk menyantap hidangan laut atau seafood  yang terpenting adalah penggunaan bahan dasar segar dan teknik olahan prima. Kalau syarat ini dipenuhi,  pastinya hidangan laut ini akan terasa manis dan gurih. Untuk kerangnya saat ini masih diimpor dari New Zealand. Hal ini mengingat  kesegaran dan aromanya yang tajam. Sedangkan untuk kepiting dan ikan gurami, dipelihara dalam air dengan suhu tertentu. Ini pun akan menjaga kesegaran dan kualitasnya. Menurut Wulan, untuk menjaga mutu rasa, semua bumbu dasar diolah secara terpusat dalam satu dapur, baru kemudian dikirim ke setiap cabang Sari Kuring.
  
Saya mencoba menyendokkan bumbu sambal asam pedas dan nanasnya dengan nasi putih. Wahh baru bumbunya saja sudah terasa benar¡Vbenar lezat dan terasa banget.  Pedasnya itu lho menyengat di lidah. Pada saat saya oleskan ke kerang hijaunya, hmm  ini baru yang namanya top banget deh. Rasa pedasnya menyatu dengan kesegaran kerang hijau tadi, menjadi paduan sempurna.
 
Untuk Kepiting Saus Padangnya, kuah bumbu saus padangnya tidak terlalu pedas dan terasa aroma  minyak wijennya pada saat saya coba. Daging kepitingnya juga masih terlihat utuh dan segar ketika saya membelah cangkangnya. Rasa Saus Padangnya juga menyerap ke dalam daging tadi. Hmm enak...


facebook twitter
     
  Sari Kuring
La Piazza Lt. Dasar Unit #7,
Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok M
Kelapa Gading, Jakarta Utara  » more

Menu Andalan :
Ikan Nila Kukus, Kepiting Saus Padang, Ikan Saus Mangga, Kerang New Zealand, Gulai Sapi Rebung, Sop Kelapa Bakar, Sate Ayam, Cumi telor Bakar, Sup Kelapa Special, Sayur Muda Garing, Kepiting Bakar, Patin Bakar,dll.
0 Comment(s)  | 6642 Hit(s)
Rate this review
Enak Neh
Hmmm Menarik
Bagus Nih
Mantap Fotonya
Jelek Ah
Yuk Kasih Komentar
Share on Facebook
Other Review
Bukber di Outback Steakhouse
Horeee dapet undangan buka puasa lag i!!!! Kali ini tempat untuk bukbernya di Outback Steakhouse yang ada di Ratu
Outback Steakhouse
review by Rini Imoetz
Kecil tapi Penuh Rasa
Tempat ini baru buka di Food Centrum. Tempatnya kecil sih, tapi lumayan nyaman dan menunya juga menarik-menarik.
Bean n Bake
review by mariainess
Mencicipi Hidangan Italia ala Indonesia
Hai Yukmakaners!

Kali ini saya menyambangi sebuah restoran baru di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Restoran
Ellexito
review by Mariookta
Buka Puasa Spesial di Kenny Rogers Roasters
Senangnya diajak buka puasa bersama di Kenny Rogers Roasters FX, Jakarta Selatan. Apalagi aku mendapat bocoran
Kenny Rogers Roasters FX Mall
review by Rini Imoetz
view all
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel


Membuka puasa memang baiknya dengan sesuatu yang manis-manis, tapi ada baiknya jika dimulai dengan segelas air putih terlebih dahulu agar dapat memperlancar kerja lambung