+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | fb login | Forget Password?
 
home » reviews » panelist reviews » menu sederhana dalam balutan rasa istimewa
panelis
By : Opit Lontong
Menu Sederhana dalam Balutan Rasa Istimewa
Tidak heran kini banyaknya rumah makan khas daerah yang berlomba menyajikan menu andalan hingga menu sederhana yang dimodifikasi dengan selera orang kota. Mulai dari hal sepele seperti sambal, hingga seteguk jus segar yang di campur dengan sayur.

Malam itu merupakan malam yang cukup special untuk saya. Selain ditemani calon mertua saat santap malam, rumah makan yang kebetulan dekat dengan daerah rumah saya menyajikan menu masakan andalan favorit orang tua. Apalagi kalau bukan ikan dan sayur yang sehat untuk di lahap.

Sedapnya Nasi Liwet Ikan Teri Medan

Interior rumah makan tersebut seolah hadir selaras dengan menu yang disajikan. Penampilan khas sunda dengan sendok kayu di dinding yang minimalis membuat rasa nyaman dan tenang saat melenggang masuk untuk bersantap. Rumah Makan Ikan Goreng Cianjur yang beroperasi sejak 1989 ini menghadirkan ayam dan ikan goreng sebagai menu andalannya. Tidak banyak berpikir, kami langsung menuju Gurame Goreng, Udang Sambal Ebi, dan Kangkung Belacan, ditemani dengan sambal mangga dan Nasi Liwet tentunya.
Tidak banyak cerita, seluruh masakan yang dipesan keluar cepat dari dapur menuju meja. Sambil berusaha sopan pada calon mertua, saya menawarkan Nasi Liwet lebih dahulu sambil menahan air liur yang mulai menari di ujung lidah. Wangi Nasi Liwet dan campuran Ikan Teri Medan di dalamnya menyeruak keluar tanpa basa basi. Rasa gurih dari nasi cukup membuat saya ingin langsung melahapnya dengan sambal saja. Ikan Teri Medan yang tercampur di dalam nasi tidak egois dan terasa asin sendiri hingga rasanya imbang dan sedap. Guramenya sendiri memang jempolan rasanya. Besarnya gurame tidak terlalu besar, dan tidak berbau tanah. Garing kulitnya membuat saya merem melek ketika mencocolnya dengan sambal mangga yang asam-asam pedas. Daging ikannya terasa lembut dan tidak terlalu basah. Rasanya semua pas di lidah. Udang yang terhampar pasrah dalam balutan sambal ebi memang juara. Tidak terlacak bau amis ebi sedikitpun dalam sambal yang asin dan gurihnya mantap. Panasnya Nasi Liwet disiram sambal ebi sanggup membuat kami berdiam diri sambil sibuk mengupas udang. Kangkung belacan juga tidak mau kalah performa. Sayangnya kangkung yang disajikan porsinya agak sedikit mini untuk dibagi-bagi. Namun batang kangkung yang terasa sedikit garing menandakan segarnya kangkung dalam olahan belacan yang menjadi teman setia masakan sunda.

Dari Pesmol hingga Sop Iga

Petualangan tidak hanya sebatas Gurame Goreng, Udang, dan Kangkung. Anda dapat mencicipi nikmatnya Gurame Pesmol, rica-rica, hingga menu lainnya yang dapat diganti dengan ikan nila. Sajian yang ditawarkan pun tidak sebatas masakan sunda saja. Ada Cumi Saus Mentega, Udang Cah Tahu Tempe, Udang Goreng Tepung, hingga Sop Buntut dan Sop Iga yang dapat Anda pilih. Nasinya pun ditampilkan dalam berbagai variasi. Seperti Nasi Liwet, Nasi Timbel hingga Nasi Goreng Cianjur Special. Ingin melahap sayur? Tumis Pare Teri Medan, Buncis Telor Asin, hingga Kacang Panjang Belacan boleh jadi pilihan.
Untuk minuman boleh jadi green juice yang saya pesan tidak mengecewakan. Campuran sawi dan nanas memiliki rasa lebih nikmat dari penampilannya yang hijau pekat. Jangan takut bau atau rasa sawi yang menempel lekat dalam green juice. Rasa manis dan wangi nanas yang segar sanggup menyembunyikan rasa sayur didalamnya. Selain itu, Juice Mentimun, Terong Belanda, dan Rainbow Juice pun boleh Anda coba kemampuannya.
facebook twitter
     
  Ikan Goreng Cianjur
Komplek Greenville Blok BL3
Green Ville, Jakarta Barat  » more

Menu Andalan :
Ayam Penyet, Ikan Goreng, Cumi Asam Manis, Gurame Asam Manis, Gurame Pesmol, Iga Penyet, Karedok
0 Comment(s)  | 5699 Hit(s)
Rate this review
Enak Neh
Hmmm Menarik
Bagus Nih
Mantap Fotonya
Jelek Ah
Yuk Kasih Komentar
Share on Facebook
Other Review
Sarapan ala Eropa
Hai Yukmakaners!

Pagi-pagi perut saya sudah terasa lapar sekali. Kebetulan saya sudah sampai di kantor dan
Excelso Food Centrum
review by foodmaniax
Bruschetta Part 2
Menyambung cerita yang lalu, saya kembali menceritakan pengalaman makan saya di Bruschetta, Hotel Borobudur. Jika
Bruschetta Italian Restaurant Hotel Borobudur
review by Rini Imoetz
Puasnya Menikmati Duren
Hai Yukmakaners!

Siapa diantara kalian yang gemar makan duren? Kali ini saya mau mereview tempat makan duren
Sop Duren Lodaya Cilandak
review by Mariookta
Lasagne Galore di Bruschetta
Ketika menyebutkan nama Hotel Borobudur, pasti Sop Buntut menjadi sajian yang melekat di ingatan semua orang.
Bruschetta Italian Restaurant Hotel Borobudur
review by Rini Imoetz
view all
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel

Minum seperempat cangkir jus delima setiap hari akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena kadar kolesterol turun. Antioksidan dalam delima, dua sampai tiga kali lebih kuat dibandingkan antioksidan pada teh hijau atau red wine.