+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | | Forget Password?
 
home » articles » rumah makan padang di setiap simpang tigo
 Rumah Makan Padang di Setiap Simpang Tigo
 

13 September 2011 10:06

Siapa sih yang tidak kenal masakan Padang? Masakan Padang adalah kuliner daerah pertama yang mampu me-nasional di Indonesia. Sudah sejak puluhan tahun yang lampau, rumah-rumah makan Padang dapat dijumpai di semua kota besar di seluruh penjuru Nusantara. Setiap kota besar Indonesia mempunyai “juara” masing-masing dalam hal masakan Padang-nya. Para perantau dari Ranah Minang ini juga dikenal piawai dalam memilih lokasi untuk membuat rumah makan mereka cepat dikenal masyarakat. Tidak heran bila di masa lalu muncul pemeo yang mengatakan: di setiap simpang tiga, selalu ada rumah makan Padang yang baik. Hanya di bulan saja belum hadir rumah makan Padang. Maklum, di bulan tidak ada simpang tigo.
  
Masakan Padang merupakan representasi dari masakan Minangkabau (Sumatra Barat). Karakter utama masakan Padang adalah pedas, gurih, bersantan. Secara umum, masakan Padang yang kaya bumbu mempunyai kemiripan dengan masakan India Selatan yang juga kaya bumbu, pedas, gurih, dan bersantan. Masing-masing daerah di Sumatra barat memiliki cirri-ciri kulinernya yang khas. Dari semua daerah itu, secara umum Kabupaten Pariaman dianggap sebagai pusat masakan enak di Sumatra Barat. Salah satu jenis sate padang – seperti telah diuraikan di nomor terdahulu – adalah sate gagrak Pariaman yang pedas dan gurih. Secara lebih khusus, Tiku, sebuah kota kecil di Kabupaten Pariaman – tempat kelahiran penyanyi terkenal Elly Kasim – adalah tempat asal dari para jurumasak hebat yang sekarang menyebar ke berbagai pelosok Nusantara.
  
Padang, ibukota Provinsi Sumatra Barat, dapat dicapai dengan pesawat terbang dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Bandar udaranya baru dan modern, terletak sekitar 24 kilometer atau 45 menit perjalanan bermobil dari pusat kota Padang. Dari bandara Minangkabau ini diperlukan waktu sedikitnya dua jam untuk berkendara ke Bukittinggi.

Surga Seafood
Sebagai kota yang terletak di pesisir, Padang adalah salah satu kota yang kaya dengan pilihan masakan seafood. Ikan laut segar yang didaratkan di Padang biasanya dipancing di daerah Kepulauan Mentawai. Tempat pendaratan dan pelelangan ikan utama terletak di Bungus, sekitar 4 kilometer di Selatan Teluk Bayur, pelabuhan Padang. Maka, tidak heran bila salah satu rumah makan seafood yang paling populer di Sumatra Barat ini justru berlokasi tepat di samping TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Bungus ini. Namanya: RM Simpang TPI (telepon 0751 751454).

RM Simpang TPI ini terkenal dengan sajian gulai kepala ikan kakap dan ikan gabu (ikan kapuk, disebut ikan manyung atau sembilang di Jawa). Sajian istimewa lainnya di RM Simpang TPI ini adalah palai bada (pepes ikan bada dalam parutan kelapa). Sekarang juga banyak rumah makan dengan label “Pauh Piaman” tersebar di seluruh Sumatra Barat. Pauh adalah dama sebuah desa di Pariaman yang terkenal dengan masakan ikannya. Pariaman sendiri merupakan kabupaten dengan sisi laut terpanjang di provinsi Sumatra Barat. Wajar bila Pariaman kaya dengan masakan seafood. Masakan khas Pariaman adalah asam padeh (sering juga disebut pangek padeh), yaitu masakan tanpa santan, tetapi berkuah kental/pekat. Rasa asam-pedas yang mencuat sungguh cocok untuk menghidangkan ikan.

Salah satu rumah makan gagrak Pariaman kesukaan saya adalah Restoran Pauh dan Restoran Cek Elok di Jl Khatib Sulaiman. Kedua restoran ini berlokasi di dekat kantor Indosat Padang, keduanya bersebrangan jalan. Menu yang disediakan rpunya kemiripan. Pauh terkenal dengan gulai ikannya yang gurih dan segar. Jangan lupa minta kepala ikannya, serta minta emping disiram dengan kuah ikan tersebut. Restoran ini sebenarnya jaringan dari beberapa restoran yang pusatnya di Pariaman. Sedangkan Cek Elok punya gulai ikan yang lumayan, tapi  yang istimewa adalah dendeng jaring atau jengkol.

Pengaruh Tionghoa dalam Kuliner Minang
Salah satu bukti yang paling kuat tentang keterlibatan masyarakat keturunan Tionghoa dalam kuliner Minang adalah hadirnya RM Pagi Sore (Jl. Pondok 143, 0751-32490, 08126604309). Restoran yang dimiliki oleh warga keturunan Tionghoa ini sekarang dilanjutkan oleh generasi kedua, Haji Benny, yang telah menjadi mualaf. Lauk andalan Pagi Sore adalah ayam kampung goreng yang gurih dan renyah. Rata-rata tamu rumah makan ini bisa menghabiskan empat potong ayam goreng, dan masih lagi membungkus untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Masakan Minang yang disajikan di Pagi Sore sudah mendapat sentuhan kekayaan kuliner Tionghoa. Misalnya terlihat pada tahu tauco atau ikan cengcuan (masakan ini juga populer di kalangan warga Cina Benteng di Tangerang).
  
Jalan Pondok sendiri berada di kawasan Chinatown-nya Padang. Tidak jauh dari RM Pagi Sore, ada sebuah kopitiam (warung kopi djadoel) yang wajib dikunjungi. Namanya Kopi Nanyo (Jl. Niaga, 081374166660). Kopi yang disajikan adalah kopi tubruk yang disaring, jadi kopinya bersih, dengan rasa dan aroma yang mantab. Biasanya kopi susu di seruput ditemani cakwe. Selain itu didepan Nan Yo banyak dijual makanan seperti bakmie, lo mie, sate padang, gado-gado, kwetiau, ketupat sayur dan lain-lain. Sekarang Nan Yo sudah punya beberapa cabang di Padang. Jangan lewatkan bistik padang yang dijual di gerobak di depan Nan Yo. Mirip selat solo di Jawa Tengah, yaitu irisan daging sapi dimasak semur, disajikan dengan kentang goreng dan sayur-mayur.

Senyampang masih ada di kawasan Pecinan-nya Padang, singgah jugalah ke Nan Salero (Jl. Niaga no. 229, 0751-32863). Menurut saya, kripik sanjay paling enak justru keluaran Nan Salero ini. Jauh lebih unggul disbanding merek lain yang lebih populer karena teknik pemasaran modern. Uniknya, kedai Nan Salero ini dulunya adalah tempat toekang gigi.

Sajian dari warga keturunan Tionghoa lain di Padang yang menjadi favorit saya adalah bubur ayam Pak Iwan (Gg. Kali Kecil I No. 3, 0751 20645, nama Kali Kecil karena tempatnya di sebuah gang sempit dengan kali atau sungai kecil yang mengalir di sepanjang gang itu). Ini gagrak bubur ayam Tiociu yang setengah encer, dengan citara ayam yang sangat pekat, disajikan dengan rajangan daun bawang dan berbagai kondimen gurih. Satu jenis comfort food yang sungguh menyenangkan.

Seafood Djoni Kun (Jl. Pulau Air 1A, Muaro, 08126603149) favorit saya adalah juga bukti keunggulan kuliner Tionghoa yang berhasil menyerap tradisi Minang. Warung sederhana di tepi sungai ini menyajikan seafood at its best. Ikan dan udang segar diperoleh langsung dari nelayan di sekitar Kepulauan Sikuai. Favorit saya di sini adalah udang kipas (slipper lobster) digoreng dengan sambal pete. Heavenly! Ikan bakar santannya juga termasuk kategori to die for. Santan kental berbumbu gurih dibalurkan ke seluruh permukaan ikan kerapu atau kakap, lalu dibakar. Hmm, mak nyuss! Jangan meninggalkan Padang sebelum mencicipi yang satu ini.

Soto Padang
Soto Padang adalah salah satu jenis soto yang menjadi favorit saya. Entah kenapa, kebanyakan penjual soto Padang di Padang adalah orang-orang keturunan India Muslim. Mungkinkah ini yang menjadi penyebab gurihnya soto Padang berkuah encer ini? Soto Padang umumnya berbasis kaldu sapi dengan rasa intens dan aroma rempah yang sungguh harum. Daging sapi yang sudah direbus empuk dalam kuah soto, diiris tipis dan digoreng garing renyah. Selain daging sapi, juga paru sapi digoreng garing menjadi pilihan cocok untuk isi soto padang. Disajikan dengan sekepal soun, soto padang belum lengkap tanpa perkedel kentang yang direndam dalam kuah soto gurih itu. Perkedelnya harus dihancurkan di dalam kuah soto agar kuahnya menjadi kental. Kondimen default lainnya adalah kerupuk merah yang ditaburkan di atas kuah soto. Kerupuk yang menyerap kuah menjadi lembab dan kenyil-kenyil. Sambalnya adalah sambal bawang putih yang menambah intensitas gurihnya semangkuk soto padang.
  
Soto padang cocoknya diantap dengan potongan ketupat, sekalipun tetap sah untuk disantap dengan nasi putih. Soto padang favorit saya adalah Soto Rajawali (Jl. Ir. H. Juanda 33, 0751 7057956), dan Soto Garuda (Jl. S. PArman 112 BC, 0751 7053289). Keduanya dimiliki oleh warga keturunan India Muslim.
  
Ada lagi satu warung soto sederhana yang khusus menyajikan soto rabu (paru sapi). Warung sederhana ini berlokasi di di Jl. Sisingamangaraja, tepatnya di dekat bekas bangunan penjara militer atau di depan SD Kartika. Hati-hati tempat ini full macet kalo anak SD bubaran (siang/sore).
  
Sajian ringan lain yang direkomendasikan bila berada di Padang adalah Martabak Kubang Hayuda (Jl. M Yamin 138,0751 28143, juga ada cabang di Jl. S Parman). Ini adalah martabak telur gaya Malabar atau Mesir. Kedai ini didirikan pada tahun 1963 oleh haji Yusri Darwis (disingkat Hayuda) di Desa Kubang, dekat Payakumbuh. Sekarang Martabak Kubang banyak “ditiru: oleh orang-orang yang memang berasal dari Desa Kubang. Yang asli harus memakai nama Hayuda. Martabaknya berkulit renyah dan telurnya fluffy. Kuahnya memakai irisan tomat, bawang bombay, cabai hijau iris dengan saus cuka.
  
Di kawasan Simpang Kinol, Padang, juga ada satu kedai yang khusus menjual martabak dan roti canai khas India. Pada malam hari, Simpang Kinol adalah tempat kuliner yang paling seronok di Padang. Berbagai tawaran kuliner asyik dapat dijumpai di sekitar Simpang Kinol di pusat Kota Padang ini.
  
Jangan lewatkan untuk menyegarkan diri dengan es durian dari Kedai Ganti nan Lamo (Jl. Pulau Karam, 0751 26203). Sekalipun kedai ini juga menjual gado-gado dan sate padang, tapi es durian, es krim durian, serta jus durian-lah yang menjadi kekhasan tempat ini. Saking populernya, sekarang sudah muncul juga copy cat-nya, yaitu Iko Gantinyo. Karena pemiliknya selalu melakukan sourcing durian dari seluruh pelosok Nusantara, di sini es durian dapat dinikmati sekalipun bila sedang tidak musim durian di Padang.

Jalan-jalan di Taplau
Padang adalah sebuah kota di tepi Samudra Indonesia. Pantainya indah. Kawasan pantai Padang ini populer dengan sebutan Taplau (Tapi Lauik = tepi laut). Saya sarankan makan angina sambil jalan-jalan di Taplau sore hari. Banyak penjual rujak buah dengan citarasa khas Padang, jagung bakar, serta es tebak (es campur) yang menyegarkan. Sayangnya, masih sangat banyak pedagang telur penyu di Taplau ini. Pemerintah Kota Padang seharusnya melarang perdagangan telur penyu yang telah dimasukkan dalam satwa dilindungi secara global.
  
Bila sedang berkunjung ke kawasan Taplau, jangan lupa singgah ke RM Tepi Laut (Jl. Olo Ladang 30, 0751 31385) Rumah makan ini menyajikan sambal lado tanak – dengan pete muda dan teri. Sajian ini sudah mulai langka di Ranah Minang. Masakan favorit saya di sini adalah udang goreng saus padang yang mak nyuss! Udang laut berukuran besar digoreng dengan tingkat kematangan yang pas. Saus padang asli ternyata terbuat dari kecap manis, jeruk nipis (asam kapek dalam bahasa Padang), bawang putih, bawang bombay, dan cabe. Ikan kerapu panggang santan-nya juga istimewa. Sate cumi – yaitu potongan daging cumi dirangkai pada tusukan, dibakar dengan lumuran bumbu santan tebal – tidak boleh dilewatkan.

(Bulan depan akan saya lanjutkan dengan berbagai tempat makan istimewa di Sumatra Barat, di luar Padang dan Bukittinggi).

Share
Yuk Kasih Comment
Comment :
Favorites
Kitchenette Plaza Indonesia   Kitchenette Plaza Indonesia
Menu Andalan :
Galette Arnaud, Claudette, Oxtail Fries, Spanish Meatballs, Nicholas, Edouard, Jessie, Giant Beef Pepperoni Bruschetta, Creamy Chicken Pesto Spaghetti, Frozen Elixirs, Espresso, Kahlua, Sencha Green, Passion Fruit Tea, etc.
Lokasi : Thamrin - Jakarta Pusat
Cosi Pluit - Pluit, Jakarta Utara
Pancious Pancake House Plaza Indonesia - Thamrin, Jakarta Pusat
Yoshinoya Mal Kelapa Gading 3 - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Other Articles
Bango Luncurkan Digital Apps
Warung Pedas Paraaah!!!!
Baru! Poke Sushi Cabang Bintaro
Accor Membuka Novotel Pertama di Tangerang
view all »
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel


Tau kah kamu kalau Ikan salmon bagus untuk kesahatan dan juga perkembangan otak anak. Selain itu, khasiat ikan salmon mampu mencegah serangan penyakit jantung, stroke, dan diabetes.