+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | fb login | Forget Password?
 
home » articles » william wongso - cerita karamelisasi santan dan bumbu
 William Wongso - Cerita Karamelisasi Santan dan Bumbu
 

22 November 2011 15:53

“Orang asing terpikat kelezatan rendang karena tak pernah bisa membayangkan aroma hasil karamelisasi santan dan bumbu…yang begitu tercium terasa begitu sensasional!”

Begitu jawaban dari William Wongso yang dikirim via iPad nya ketika ditanya mengapa rendang sampai terpilih menjadi makanan paling enak di dunia berdasarkan survei CNNGo. Kalau dipikir-pikir rasanya memang aneh. Rendang yang salah satu bahan dasarnya adalah cabai, mestinya tak cocok dengan lidah orang asing karena mungkin terlalu pedas.

Nyatanya, makanan asal Sumatra Barat ini super kondang dan dipilih oleh orang dari berbagai bangsa. Rasa pedas ternyata tak menjadi masalah untuk dinikmati, karena cabe yang telah melalui proses randang atau karamelisasi sifatnya berubah menjadi pela lada, pepper hot. Ini berbeda dengan sambal segar, sehingga pada taraf tertentu sangat bisa diterima oleh lidah siapapun.

Rendang Indonesia ternyata bukan pertama kali ini memukau dunia. Dalam ajang World Food Conference 2009,  Rendang Indonesia yang diolah cermat selama empat hingga enam jam, ternyata dinilai kritikus makanan dunia lebih enak dibandingkan rendang Singapura. Rahasianya ternyata karena Rendang Indonesia bagian tengahnya lembut dan lembap (moist) serta tidak kering. Keunikan lain dari rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami yang bersifat preservative (pengawet). Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu. Lantaran inilah rendang dijadikan makanan yang dibawa merantau oleh pemuda Minang. Rendang bukan sekadar wujud dari makanan tetapi juga sebuah pengingat –reminder– bagi pemuda-pemuda Minang untuk terus mengingat kampung halamannya.

Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak rendang, menurut William sangatlah penting. Satu hal yang membedakan Rendang Indonesia dengan rendang dari negara tetangga adalah penggunaan rempah segar, bukan rempah kering. Santan yang digunakan juga harus berasal dari buah kelapa tua. “Selain itu juga ada pengaruh asimilasi ya. Di Malaysia dan Singapura ada pengaruh citarasa India dan Arab. Di Singapura ada Rendang Baba Peranakan,” tulis William Wongso lebih lanjut.

Di Indonesia juga dikenal rendang dari daging kerbau. Bedanya terletak pada kasar seratnya. Serat kerbau lebih tebal dibanding sapi. Serat sapi sendiri juga berbeda-beda tergantung dari umur sapinya. “Ada juga yang lebih suka menyantap rendang daging kerbau karena bisa disuwir.”

William Wongso menilai setelah rendang berada di peringkat pertama, masyarakat dunia akan semakin tertarik untuk mengetahui tradisi kuliner di Indonesia. Sate Ayam Madura dengan bumbu kacang yang sudah dikenal dari Sabang sampai Merauke adalah salah satu makanan yang menurutnya harus bisa menyusul masuk rangking dunia. “Perlu peran semua pihak termasuk food diplomacy yang dilakukan oleh Kementrian Luar Negeri Indonesia,” tulisnya bersemangat. “Ini bukan hanya tugas saya sendri, melainkan tugas semua masyarakat yang wajib memperkenalkan keunikan masakan khas warisan nenek moyang kita,” tegasnya lebih lanjut.

Share
Yuk Kasih Comment
Comment :
Favorites
Icy Blue MOI   Icy Blue MOI
Menu Andalan :
Frozen Yogurt, Snow Ice
Lokasi : Kelapa Gading - Jakarta Utara
Seafood Ayu Bulevar Barat Kelapa Gading - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Smoked Crab - Thamrin, Jakarta Pusat
Bebek Goreng H. Slamet Kelapa Gading - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Other Articles
BOGANA MILKA, Kesempurnaan Cita Rasa Indonesia
Tradisi Kemewahan Thanksgiving di The Hermitage
McDonald Indonesia Adakan 4th McDonald Junior Futsal Championship 2014
BBQ German Fusion Hadir Di Aston Pluit Hotel & Residence Jakarta
view all »
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel


Beras merah mengandung vitamin dan mineral 2-3 kali lebih banyak dari beras putih. Selain itu, kulit beras merah juga mengandung lemak esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak serta dapat menurunkan kolesterol dalam darah.