+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | fb login | Forget Password?
 
home » articles » kluwek: si hitam banyak manfaat
 Kluwek: Si Hitam Banyak Manfaat
 

05 Desember 2011 9:03

Pernah dengar nama kluwek? Tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan?! Salah satu bumbu 100 persen milik Indonesia ini memiliki banyak manfaat. Mulai dari pohon, daun, sampai kepada bijinya dapat diolah untuk berbagai manfaat. Khusus untuk bijinya, setelah diolah menjadi bumbu masakan berbagai masakan lezat dapat tercipta. Rawon merupakan salah satu makanan yang terkenal dengan kenikmatannya. Untuk lebih tahu tentang kluwek, yuk simak lebih jauh ulasannya.
Kluwek merupakan tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuh liar atau setengah liar di pekarangan halaman. Tumbuhan ini lantas ditemukan karena kandungannya manfaatnya yang begitu positif untuk berbagai keperluan. Dengan berbagai sebutan, seperti kepayang, panarassan, picung, pucung, kepahiang, kluwek, kluwak, keluak, atau kluak lantas dikenal secara meluas oleh masyarakat di Indonesia.

Khusus untuk biji kluwek, kandungannya dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia. Beberapa makanan di Jawa Timur yang menggunakan kluwek sebagai bumbu utama dalam makanan. Pada makanan pada rawon untuk memberi kesan hitam di kaldunya, sayur brongkos untuk kaldunya, sup konro untuk saus pada daging, dan beberapa makanan yang lainnya. Sangat berguna untuk memberikan efek rasa makanan yang khas.

Biji kluwek yang aman dan bisa digunakan untuk makanan bila telah direbus dan direndam terlebih dahulu. JAngan dikosumsi dalam keadaan mentah. Bila dikosumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sangat beracun karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi tinggi. Bila dimakan dalam jumlah tertentu menyebabkan pusing dan bisa membuat mabuk. Atas dasar inilah biji kluwek sering dipakai sebagai racun untuk mata panah dalam perburuan.


Kegunaan Pohon Kluwek
Kluwek diperoleh masyarakat dengan cara mengambil dari pohon yang tumbuh dari tempat yang terletak kurang lebih 1000 meter di atas permukaan laut. Pohon dari setiap satuannya kurang lebih tingginya 40 meter dan diameter batangnya 2,5 meter. Tanaman ini merupakan khas vegetasi dari Indonesia.
Satu pohon kluwek ternyata memiliki berbagai manfaat yang telah digunakan oleh kebanyakan orang. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut ini.

* Kayunya digunakan untuk membuat batang korekapi.
* Daunnya sebagai obat cacing.
* Bijinya sebagai antiseptik.
* Bijinya dihaluskan dapat menghilangkan kutu pada kerbau.
* Biji keluwek dapat dibuat minyak sebagai pengganti minyak kelapa.
* Kluwek bisa dugunakan sebagai pengawet ikan. Misalnya untuk 50 kg tangkapan ikan digunakan 1 kg biji kluwek yang telah dicacah dan dicampur garam sebanyak 1 kg. Campuran kluwek dilumurkan pada hasil tangkapan, dan disimpan dalam ember plastik tertutup. Asam sianida biji kluwak akan mengawetkan ikan selama 6 hari.

Tips Memilih Kluwek
Biasanya buah-buah kluwek dibiarkan matang dan jatuh sendiri kemudian dikumpulkan dalam satu karung. Setelah itu, buah sengaja dibiarkan basah oleh air hujan dan dalam waktu 10-14 hari akan membusuk. Tujuannya supaya kulit atau sabutnya lebih mudah dikupas dan menghilangkan racun asam sianida yang terdapat pada biji kluwek. Setelah dikupas, akan didapatkan kulit yang keras seperti batok kelapa yang berisi daging berwarna putih. Daging inilah yang digunakan sebagai bumbu masak.
Lalu bagimana untuk memilih kluwek yang baik? Berikut ini tips yang bisa digunakan apabila akan berbelanja kluwek di pasaran.

* Pilih yang batoknya tidak berjamur.
* Kocok-kocok, ambil bila terasa berat dan koplok biasanya daging buahnya bagus dan berwarna hitam.
* Apabila tidak menemukan yang koplok, minta izin penjualnya untuk pecahkan satu dan lihat isinya.
* Daging buah yang bagus berwarna hitam pekat, jangan ambil bila berwarna kelabu atau berjamur, karena kluwek tersebut sudah kadaluwarsa. Namun apabila dagingnya agak putih, berarti kluweknya masih muda.
* Pada waktu akan digunakan, pecahkan batoknya dengan ulekan batu atau martil.
Ambil sedikit dagingnya dengan sendok teh, cicipi, kalau pahit jangan digunakan.
* Walau kluwek yang bagus bentuknya bulat seperti bentuk batoknya dan utuh, tapi kalau dapat yang sudah mengering dan menempel pada batoknya tidak apa-apa, asalkan tetap berwarna hitam pekat dan tidak pahit. Masih bisa dipakai, asal direndam dulu dengan air panas.
* Simpan biji-biji kluwek beserta batoknya di wadah kering dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab agar kluwek tidak mudah berjamur. Saya sedang mencoba untuk menyimpan daging kluwek yang telah dipisahkan dengan batok ke dalam freezer, jika berhasil dan tahan lama

Kluwek dan Masakan
Berbagai sajian makanan menggunakan bahan kluwek sebagai bumbunya. Adapun beberapa makanannya adalah seperti di bawah ini.

1. Rawon
Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung bumbu yaitu salah satunya kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Dengan menggunakan berbagai bumbu salah satunya kluwek yang menghitamkan kaldu, rawon dengan daging terasa begitu nikmat.

2. Sayur Brongkos
Anda penggemar sayur brongkos? Kalau Anda penggemar makanan itu tentu tahu, mengapa kuah dari makanan itu bisa berwarna coklat kehitam-hitaman? Kluwek, ya yang menyebabkan kuah sayur brongkos berwarna cokelat kehitam-hitaman. Kluwek ini merupakan bumbu dapur pelengkap bagi makanan itu, walaupun di samping itu ada juga bumbu atau rempah-rempah lainnya. Apa jadinya jika brongkos tanpa diberi tambahan bumbu kluwek? Pasti rasanya akan lain karena kluwek yang membuat brongkos terasa lebih legit. Mungkin jika masak brongkos tanpa bumbu kluwak malah mungkin akan dikira sayur lodeh.

3. Sup Konro
Tidak jauh berbeda dengan rawon dan sayur brongkos, Sop Konro ala Makassar menggunakan bumbu kluwek sebagai penyedapnya. Kluwek tersebut di haluskan bersama dengan bumbu yang lainnya untuk menciptakan sajian yang nikmat. Kluwek juga memberi kesan hitam pada kaldunya.

Share
Yuk Kasih Comment
Comment :
Favorites
Bebek Goreng H. Slamet Kelapa Gading   Bebek Goreng H. Slamet Kelapa Gading
Menu Andalan :
Bebek 1 ekor, Dada Mentok, Ayam Goreng, Sop Buntut, Sop Ceker, Ayam Bakar
Lokasi : Kelapa Gading - Jakarta Utara
Lemon Cakery Bulevar Utara Kelapa Gading - Kelapa Gading, Jakarta Utara
First Love Patisserie, Plaza Indonesia - Thamrin, Jakarta Pusat
Sour Sally fX lifestyle Xn`ter - Senayan, Jakarta Selatan
Other Articles
Tampilan Baru Paradise Dynasty Central Park
RAYAKAN THANKSGIVING BERSAMA HOTEL PULLMAN JAKARTA INDONESIA
Touch of The Philippines
Marugame Udon Hadir Di Grand Indonesia
view all »
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel

Minum seperempat cangkir jus delima setiap hari akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena kadar kolesterol turun. Antioksidan dalam delima, dua sampai tiga kali lebih kuat dibandingkan antioksidan pada teh hijau atau red wine.