+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | | Forget Password?
 
home » articles » perbedaan kopi arabica & kopi robusta
 Perbedaan Kopi Arabica & Kopi Robusta
 

06 Januari 2017 17:37

Oleh: Arwina P


Meminum kopi sudah menjadi suatu gaya hidup yang paling diminati oleh kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini. Walau berbeda-beda gaya meminumnya, namun kopi masih menjadi pilihan untuk menemani nongkrong ataupun berkumpul bersama walaupun hanya sekedar berdiskusi ringan.

Namun masih banyak orang yang bingung untuk membedakan antara kopi robusta dan juga arabika. Karena kedua jenis kopi ini tetap memiliki karakter aroma dan rasa yang berbeda. Lalu seperti apa dan apa saja yang membedakan antara dua jenis kopi ini, kita akan mengenalnya lebih dalam.

Kopi Arabika cenderung memiliki citarasa yang sangat khas, yakni memiliki rasa asam buah ketika diminum. Kopi ini terbilang sensitive terhadap cuaca, oleh karnanya kopi jenis ini memerlukan perlakuan yang cukup ekstra hati-hati. Seperti saat proses penyimpanannya jika tidak benar maka akan cepat berjamur, dan jika terlalu lama diroast kopi juga akan menjadi lebih pahit. Hal inilah yang menyebabkan jenis kopi Arabika memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak dicari pecinta kopi diseluruh dunia.

Berbeda dengan Kopi Robusta, kopi jenis ini tidak memiliki rasa asam ketika diminum selain itu sifatnya pun cenderung lebih ‘bandel’ atau kuat ketimbang kopi Arabika. Karena kopi Robusta dapat tumbuh pada ketinggian 800m diatas permukaan laut, oleh karenanya kopi Robusta cukup kuat terhadap hama dan penyakit. Selain itu kopi jenis ini pun  Kopi Robusta sering kali disebut-sebut sebagai kopi kelas 2, hal ini dikarenakan rasa yang dimiliki cenderung lebih pahit, dan mengandung kadar kafein lebih banyak.

Di Indonesia sendiri, umumnya kopi yang sering dikonsumsi adalah kopi Robusta. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Indonesia adalah penghasil kopi Robusta terbaik, bukan berarti Indonesia tidak bisa menghasilkan kopi Arabika. Beberapa kopi Arabika yang dipunya Indonesia berasal dari Papua, Toraja, Flores, Lintong, dan Ijen.

Indonesia selain memiliki kopi Robusta dan Arabika ada satu lagi jenis kopi putih yang dikenal dengan nama kopi Luwak. Kopi ini dihasilkan dari kotoran hewan luwak (musang), yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan citarasa tersendiri. Dan ternyata, kopi luwak ini juga bisa masuk kedalam jenis kopi Arabika dan Robusta, tergantung pada apa yang dimakan oleh hewan luwak tersebut. Tetapi tidak semua bagian biji kopi tersebut dapat dicerna dengan baik oleh hewan ini, bagian bijinya kemudian akan keluar bersama dengan kotorannya. Karena telah berada cukup lama di dalam saluran pencernaan hewan ini, maka biji kopi telah mengalami fermentasi singkat oleh bakteri alami di dalam perut hewan tersebut. Dan hal inilah yang menghasilkan citarasa tambahan pada biji kopi.

Jenis kopi Luwak ini merupakan subvarietas atau turunan, dan beberapa juga mengatakan bahwa kopi luwak merupakan jenis kopi asli Indonesia. Kopi Luwak ini juga merupakan salah satu kopi yang memiliki harga jual tertinggi di dunia, alasannya karena proses terbentuknya dan keunikan rasanya menjadi alasan utama. Nah, dari penjelasan ini manakah yang Anda suka? Robusta atau arabika?. 

Sumber foto:
http://bit.ly/2iLfhUe
http://bit.ly/2hXay4Q
http://bit.ly/2jb6NF6
http://bit.ly/2iiNIkf

Share
Yuk Kasih Comment
Comment :
Favorites
Pancious Pancake House Plaza Indonesia   Pancious Pancake House Plaza Indonesia
Menu Andalan :
Bluberry Cheese Pancake, Mushroom Pasta, Salmon Steak, Cheese Burger, Salmon with Teriyaki Salsa Sause, Bolognaise Tuna Mayonnaise, Coco Berry Pancake and Waffle
Lokasi : Thamrin - Jakarta Pusat
Warung Leko Gajah Mada - Gajah Mada, Jakarta Pusat
Kaca Mata ( Chasio Garing Muda ) Bandengan - Bandengan, Jakarta Utara
Mr. Pancake Puri Indah - Puri Indah, Jakarta Barat
Other Articles
Sharetea Kenalkan Konsep dan Wajah Baru
Food & Hotel Indonesia 2017 Akan Segera Hadir
Kreasi Memasak Bruschetta dan Pancake di Fun Kitchen 5th
MAM By 3 Skinny Minnies Hadir Di Senayan City
view all »
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR SISTER COMPANIES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel

Daun Basil ternyata mampu mencegah pembentukan bakteri dan membantu memutihkan gigi dalam jangka panjang