+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | | Forget Password?
 
home » articles » mengenal sifat dan karakteristik wine
 Mengenal Sifat dan Karakteristik Wine
 

11 Januari 2017 9:52

Oleh: Arwina P


Untuk sebagian orang tentu sudah sangat mengenal ataupun menyukai minumah yang satu ini. Wine seringkali dijadikan symbol romantic, kemewahan, atau elegan. Hal ini dikarenakan wine selalu ada pada saat acara makan malam romantic bersama pasangan atau jamuan makan bersama dengan kalangan elit.

Wine juga seringkali disandingkan dengan beberapa makanan atau sekedar menjadi teman saat jamuan makan malam. Namun sebelum memadukan wine dengan makanan yang dinilai sesuai, sebaiknya kita mengetahui karakteristik ataupun sedikit sifat-sifat minuman beralkohal ini terlebih dahulu.

Pada dasarnya untuk mengetahui karakteristik ataupun sifat dasar wine dapat diukur melalui citarasa yang dihasilkan wine itu sendiri, baik yang memiliki aroma atau rasa yang kuat, sedang, ataupun rendah. Untuk mengetahui citarasa wine sendiri dibutuhkan ketajaman indra penciuman dan indra perasa untuk mengetahui tingkat keasaman, manis, atau pahit yang dimiliki masing-masing anggur.

Wine memiliki 3 rasa dasar, yakni asam, manis, dan pahit. Rasa asam pada wine adalah rasa yang paling dominan dan paling kuat, sehingga jika disandingkan dengan makanan berat dan berminyak ataupun berlemak dapat mempengaruhi rasa makanan itusendiri menjadi lebih lezat.

Untuk rasa manis pada wine, ditentukan dari jumlah sisa gula pada saat fermentasi. Seringkali rasa manis pada wine lebih kuat ketimbang rasa manis pada makanan yang disuguhkan. Karena rasa manis pada wine dapat menyeimbangkan rasa getir yang terdapat pada makanan, terutama pada makanan-makanan yang memiliki rasa manis.

Sedangkan rasa pahit pada wine, berasal dari tanin anggur itu sendiri. Tanin tersebut biasanya berasal dari kulit, biji, ataupun batang dari buah anggur yang ikut masuk saat proses pembuatan atau fermentasi. Namun tanin tersebut justru menambah tekstur berpasir dan berkapur serta rasa sepet pada wine. Adanya tanin dalam wine ini dapat bereaksi terhadap protein ketika dipasangkan dengan makanan yang tinggi protein dan lemak, seperti daging ataupun keju karena tanin bersifat mengikat protein yang terdapat dalam makanan tersebut.

Namun juka dalam makanan yang disajikan tidak terdapat protein, seperti hidangan vegetarian. Maka tanin akan bereaksi dengan protein yang berada disekitar lidah dan mulut sehingga menimbulkan efek mengeringkan atau sepet. Tanin juga dapat berfungsi sebagai agen pembersih pada langit-langit mulut dengan mengikat sisa-sisa lemak ataupun minyak yang tertinggal di dalam mulut.

Nah, sekarang tentu sudah sedikit mengetahui bagaimana sifat-sifat ataupun karakteristik beberapa wine kan? Semoga artikel ini bermanfaat dan akan menambah pengertahuan Anda terutama untuk penikmat minuman wine. 


Sumber foto:
http://bit.ly/1zy9XFB
http://bit.ly/2ibbbrP
http://bit.ly/2jBvQ8q
http://bit.ly/2j5Ui1m 

Share
Yuk Kasih Comment
Comment :
Favorites
Pancious Pancake House Plaza Indonesia   Pancious Pancake House Plaza Indonesia
Menu Andalan :
Bluberry Cheese Pancake, Mushroom Pasta, Salmon Steak, Cheese Burger, Salmon with Teriyaki Salsa Sause, Bolognaise Tuna Mayonnaise, Coco Berry Pancake and Waffle
Lokasi : Thamrin - Jakarta Pusat
Dante Coffee Mal Kelapa Gading 3 - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Baji Pamai Bulevar Kelapa Gading - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Ayam Kremes Kraton Bulevar Kelapa Gading - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Other Articles
Yogurt Baru Keluaran Greenfields
Unicorn Restoran Fine Dining Baru di Puri Denpasar Hotel
Frisian Flag Hadirkan Rasa Baru Swiss Chocolate
Festive at Arts Cafe by Raffles
view all »
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR SISTER COMPANIES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel

Rebusan Daun Salam Terbukti mampu mengatasi kulit stres, sehingga dapat mencegah terjadinya kulit keriput