+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | | Forget Password?
 
home » articles » kaum jakarta hidangkan makanan otentik langka khas indonesia
 Kaum Jakarta Hidangkan Makanan Otentik Langka Khas Indonesia
 

17 Juli 2017 12:48

 



Oleh: Azalia Amadea


Masakan khas Indonesia memang banyak ragamnya. Dari Sabang sampai Marauke memiliki masakan otentiknya masing-masing. Keragaman masakan Indonesia ini yang coba diangkat kembali oleh salah satu restoran baru di Jakarta bernama Kaum.

Kaum Jakarta merupakan restoran bergaya rumah kolonial Belanda yang menyajikan masakan-masakan otentik khas Indonesia. Masakan otentik yang dihidangkan adalah masakan yang unik serta langka. Misalnya seperti Gohu Ikan Tuna khas Maluku. Makanan ini bisa dikatakan seperti sashimi ala Indonesia. Dimana potongan dadu ikan tunanya dihidangkan mentah yang disajikan bersama saus kacang kenari, bulir jeruk bali, dan perasan lemon cui. Rasa ikannya sendiri tidak amis, sedikit creamy dan segar dari asam perasan lemon cuinya.

Selain itu, hadir juga Sate Buntel khas Solo yang menggunakan daging kambing cincang yang sudah dibumbui kemudian direkatkan pada tusukan satenya. Sate buntel ini mirip dengan sate lilit dari Bali, hanya saja menggunakan daging kambing. Rasa daging kambingnya tidak bau prengus, gurih, dan empuk. Makin nikmat disantap bersama sambal kecap serta acar rujak.

Terdapat juga menu Ikan Bakar Baramundi. Ikan yang digunakan segar dan langsung dibakar tanpa menggunakan bumbu apapun. Cara memasak seperti ini sengaja dilakukan agar tamu dapat merasakan gurih yang berasal dari daging ikannya. Namun, jika dirasa kurang kurang berbumbu, maka ikan baramundi bakarnya bisa disajikan juga bersama garam serta jeruk nipis.

Tak tanggung-tanggung, bukan hanya dari segi pemilihan menu saja yang otentik, bahan masakan yang digunakan pun asli bahan-bahan lokal dengan kualitas terbaik. Menurut, Lisa Virgiano selaku Brand Director Kaum, dirinya dan tim Kaum turun langsung untuk mencari bahan-bahan masakan yang berkualitas hingga ke pelosok-pelosok Indonesia.

“Misalnya saja seperti garam yang kami gunakan yakni garam amet asli dari Karangasem Amed, Bali. Kualitas garamnya sama dengan garam dari Prancis. Selain itu, beras yang kami gunakan adalah beras Magelang, Jawa Tengah yang langsung diambil dari petaninya. Berasnya alami tanpa pupuk kimia serta cara memasaknya pun masih tradisional dengan cara diaron, sehingga berasnya terasa pulen dan manis,” terang wanita berwajah oriental tersebut.

Harga menu makanan di tempat ini berkisar dari Rp 50.000,- hingga Rp 420.000,- per porsinya. Sedangkan, untuk minuman berkisar dari Rp 35.000,- hingga Rp 70.000,- per gelasnya. Kaum Jakarta buka pada jam 11.00 – 24.00 WIB di hari Senin hingga Kamis, untuk hari Jumat dan Sabtu di jam 11.00-02.00 WIB, sedangkan khusus di hari Minggu di jam 11.00 – 22.00 WIB. 

Kaum
Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 77-79, Menteng, Jakarta Pusat
021 – 22393256


 

Share
Yuk Kasih Comment
Comment :
Favorites
Cosi Pluit   Cosi Pluit
Menu Andalan :
Babosa Dumplings, Signature Macaroni Soup, Cosi Baked Rice
Lokasi : Pluit - Jakarta Utara
Smoked Crab - Thamrin, Jakarta Pusat
Golden Jade Kitchen Restaurant Mal Kelapa Gading 3 - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Pancious Pancake House Plaza Indonesia - Thamrin, Jakarta Pusat
Other Articles
Four Hands Australian Menu Kolaborasi Chef Hugo Bertolini & Butcher David Carew
Atasi Diabetes Dengan Pola Smart Eating 5S
SIAL Interfood 2017 di Indonesia
Soto Gurih Nan Pedas Menggoyang Lidah Ala Dapur Ny. Vey
view all »
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR SISTER COMPANIES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel

Rebusan Daun Salam Terbukti mampu mengatasi kulit stres, sehingga dapat mencegah terjadinya kulit keriput