Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Kategori Pastry & Bahan Pokok yang Digunakan

01 November 2018 17:35

Pastry selalu saja punya tempat bagi pecinta kuliner. Pastry sendiri memiliki beberapa varian atau jenis berbeda yang berdasarkan pada bahan yang digunakan hingga proses atau metoda pembuatannya.

Berikut ini 3 kategori pastry berbeda berdasarkan bahan pokok yang digunakan untuk membuat masing-masing kategori pastry. Ketika varian pastry itu adalah Plain Pastry Dough, Layered Pastry, dan Choux Paste.

1. 
Plain Pastry
 Dough
Bahan pokok yang digunakan adalah tepung terigu dan lemak. Contoh produk dalam kategori ini antara lain pie (shortcrust) dengan hasil jadi kulit pie yang kering.

2. Layered Pastry
Bahan pokok yang digunakan antara lain tepung terigu, ragi, garam, cairan, dan lemak lipat. Adonan pastry satu ini menggunakan ragi untuk membantu proses fermentasi, bahan baku yang digunakan hampir sama dengan membuat roti. Namun dengan penggunaan minyak lipat serta teknik melipat dalam proses pembuatannya menghasilkan tekstur berlayer di dalamnya. Contoh produk yang termasuk dalam kategori layered pastry adalah croissant, danish, dan puff pastry. Namun pada adonan puff pastry tidak menggunakan ragi, proses fermentasi pada puff pastry berasal dari minyak lipat. Karena itu cara melipat minyak lipat menjadi proses yang harus diperhatikan.

3. Choux Paste
Bahan pokok yang digunakan untuk membuat adonan choux paste antara lain tepung terigu, telur, cairan, dan margarin. Contoh produk yang termasuk dalam kategori choux paste adalah eclair dan st. honore. 

Sementara jenis pastry berdasarkan cara pembuatan atau metode yang digunakan terbagi atas 3 metode. Yaitu English Method, French Method, dan Scotch Method.

1. English Method
Dimana peletakan minyak lipat atau pastry margarin yang digunakan diletakkan secara bertahap sebelum dilakukan pemipihkan adonan untuk mendapatkan pengembangan lebih baik.

2. French Method
Dimana lemak lipat dimasukkan secara bersamaan, setelah itu baru adonan dilipat dan dipipihkan.

3. Scotch Method
Dimana lemak lipat yang sudah beku kemudian dipotong-potong dan dicampurkan ke dalam adonan, setelah itu baru adonan dipipihkan dan dilipat. Metode ini banyak digunakan di Australia untuk membuat pie. Di Indonesia, metode ini banyak digunakan untuk membuat bolen pisang.

Secara keseluruhan, tak ada perbedaan pada hasil akhir dari 3 metode ini. Hanya saja English Method lebih rumit, sedangkan Scotch Method banyak digunakan untuk mendapatkan tekstur berlayer namun tak terlalu mengembang karena lemak lipat yang menyebar. Untuk mendapatkan layer-layer metode lipatan dilakukan dengan cara single folded atau lipatan tunggal dan double folded (lipatan ganda).

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all