+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | | Forget Password?
 
home » articles » sering jajan di luar? hati-hati bisa keracunan
 Sering Jajan di Luar? Hati-hati Bisa Keracunan
 

12 Januari 2018 9:43

Oleh: Azalia Amadea


Kuliner Indonesia memang beragam jenisnya, mulai dari makanan pinggir jalan hingga restoran mewah bisa dengan mudah ditemukan. Terlebih bagi mereka yang hobi jajan, misalnya saat makan siang di kantor telah berbaris para pedagang makanan kaki lima dekat gedung perkantoran. Pedagang tersebut ada yang menjual nasi goreng, nasi rames, aneka soto, aneka mi, hingga sajian menggoda lainnya.

Sebelum membeli jajanan atau makanan yang akan dikonsumsi, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu lingkungan sekitar penjual. Lingkungan ini sangat berpengaruh terhadap keamanan makanan yang akan dikonsumsi. Dalam lingkungan kotor bisa saja makanan-makanan tersebut terkontaminasi oleh bakteri, virus, parasit, atau zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan.

Dijelaskan oleh Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology (SEAFEST) Nuri Andarwulan, keamanan makanan atau food safety perlu dilakukan sebelum membeli makanan dan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.28/2004. Dalam PP tersebut keamanan makanan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah makanan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia.

Dilanjut Nuri, cemaran yang dimaksudkan terbagi menjadi 3, yakni bahaya biologi, kimia, dan fisik. Bahaya biologi seperti parasit, bakteri, dan virus. Lalu bahaya kimia seperti toksin jamur, toksin kerang, pestisida, residu, pupuk, logam berat, dan zat kimia lainnya. Serta bahaya fisik seperti pecahan gelas, kayu, steples, logam, serangga, plastik, hingga keracunan.

Makanan-makanan yang tercemar tersebut dapat menyebabkan lebih dari 200 penyakit, mulai dari diare hingga kanker. Bahkan, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setidaknya 1 dari 10 orang di dunia jatuh sakit setelah memakan makanan terkontaminasi atau foodborne illness yang menyebabkan 420.000 kematian tiap tahunnya. Di antara orang-orang yang terkontaminasi tersebut di antaranya rentan terhadap keracunan adalah anak-anak, orang tua dan orang yang sedang sakit.


Sumber foto:
http://bit.ly/2ARrgqY

Share
Yuk Kasih Comment
Comment :
Favorites
Abuba Steak Gading Batavia   Abuba Steak Gading Batavia
Menu Andalan :
Steak Lokal Tenderloin,Steak NZ Tenderloin,Steak Lokal T.Bone,Steak NZ Sirloin,Steak Wagyu Sirloin,Steak Wagyu Rib Eye,Grill Chicken,Grill Kakap
Lokasi : Kelapa Gading - Jakarta Utara
Seafood Ayu Bulevar Barat Kelapa Gading - Kelapa Gading, Jakarta Utara
First Love Patisserie, Plaza Indonesia - Thamrin, Jakarta Pusat
Yoshinoya Mal Kelapa Gading 3 - Kelapa Gading, Jakarta Utara
Other Articles
Santapan Sedap Italian Buffet Dinner di Akhir Pekan
Chakra Venue & Lounge, Restoran Mewah di Tengah Danau
IKEA Buka Sentra Distribusi Poin Ke-3 di Bekasi
Tips Simpan Makanan Agar Selalu Segar
view all »
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR SISTER COMPANIES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel

Selain dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan, ternyata lada hitam memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Beberapa di antaranya ialah untuk membantu sistem pernafasan hingga meredakan batuk dan flu