Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

Teknik Sukses Membuat Donat
Hasilkan Donat Empuk dan Lembut

Teknik Sukses Membuat Donat

Hasilkan Donat Empuk dan Lembut

Membuat donat yang enak juga membutuhkan teknik. Inilah beberapa teknik yang bisa dilakukan dalam proses pembuatan donat. Adonan donat memiliki karakteristik seperti adonan roti. Yuk, kenali teknik membuat donat yang bertekstur empuk dan lembut. Selamat mencoba!

1. Sebelum digunakan, tepung terigu sebaiknya diayak terlebih dahulu. Setelah itu baru dicampurkan dengan bahan lainnya. Masukkan bahan cair secara bertahap atau sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir masukkan lemak dan aduk hingga adonan kalis dan rata.

2. Menguleni adonan bisa dilakukan dengan mixer atau tangan. Namun, saat menggunakan mixer, pastikan adonan tidak panas karena gesekan baling-baling mixer. Jika adonan mudah robek saat ditarik melebar, itu menandakan jika adonan belum kalis. Jika demikian, maka harus dilakukan pengulenan kembali hingga kalis.

3. Proses fermentasi dilakukan sekitar 15-30 menit. Saat proses fermentasi, sebaiknya adonan ditutup dengan plastik atau serbet basah untuk mencegah penguapan dan hasilnya tidak kering.

4. Gunakan rolling pin untuk mempipihkan adonan donat. Giling adonan donat hingga terbentuk ketebalan yang diinginkan.

5. Setelah dicetak, adonan donat sebaiknya difermentasikan kembali sekitar 10-20 menit agar lebih mengembang.

6. Donat harus digoreng dalam minyak banyak dan terendam. Agar donat tidak terlalu banyak menyerap minyak, sebaiknya gunakan minyak goreng padat, karena minyak goreng jenis ini cepat membeku dalam suhu ruang. 

 

Yuk, kenali teknik membuat donat yang bertekstur empuk dan lembut. Selamat mencoba!

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!