HOME » ARTICLES
Nusa Fresh: September Horti Ceria 2012 dengan Mangga Mania
Sep 21, 2012
 

Nusa Fresh sebagai Assosiasi Eksportir-Importir Buah dan Sayur Segar Indonesi kembali memberdayakan potensi dan sekaligus mempromosikan buah Nusantara.Mengangkat tema tentang "September Horti Ceria 2012" dengan "Mangga Mania" Nusa Fresh memberi bukti nyata dari pengabdian dan bentuk kepedulian para  pengusaha atas pengembangan daya saing buah tropis Nusantara, salah satunya adalah buah mangga.

Bertempat di Hotel The Dharmawangsa, Gedung Ball Room, Jakarta Selatan (18/9), Nusa Fresh bekerjasama dengan berbagai pasar swayalan dan pengusaha café serta restoran di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bali menggelar kampanye nasional. Kampanye yang mengangkat tema tentang buah unggulan dan berkualitas ini dilakukan secara rutin sesuai dengan musimnya masing-masing. Pada bulan September ini tema yang diangkat adalah "September Horti Ceria" 2012 dengan kampanye nasional "Mangga Mania". Mengingat pada bulan tersebut buah mangga sedang berbuah. Seperti kita tahu, Indonesia memiliki sejumlah varietas unggulan mangga terbaik di seluruh dunia. Misalnya saja mangga harum manis yang berasal dari Blora dan mangga gedong. Oleh karenanya, Indonesia menjadi komoditas ekspor yang sangat terkenal, bahkan penghasil mangga dunia ke-5 setelah Pakistan dan India. senada Hal Kurnia, "Indonesia memiliki kekayaan keragaman buah tropis. Buah-buah tersebut berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Dan masing-masing daerah memiliki jenis unggulan buah tropis sendiri. Misalnya saja Mangga Harum Manis dari Blora, mangga gedong, dan jenis mangga yang lainnya. Tidak hanya itu saja buah unggulan lainnya juga tersedia seperti Duren Medan, Jeruk dari So-e, Nanas Parit Pontianak, dan Salak Madu Djogdjakarta. Semuanya sangat eksotik untuk dikembangkan dan dipopulerkan". Buah-buah tropis Nusantara yang eksotik tersebut, salah satunya adalah mangga sungguh sayang jika tidak dilakukan penanganan yang sangat khusus. Nusa Fresh sebagai assosiasi eksportir-importir buah dan sayur segar selama 10 bulan terakhir melakukan berbagai inventaris untuk menemukan berbagai buah-buah tropis yang unik dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah mencari buah-buah tropis Nusantara yang bisa menjadi unggulan dan juara. Setelah mendapatkannya, buah tersebut akan juga dikemukakan oleh Ketua Pemasaran Nusa Fresh, Kafi didatang ke "primary market" seperti salah satunya adalah kota besar Jakarta. Dengan cara ini, konsumen kota besar akan menikmati juga buah tropis Nusantara yang eksotik, dengan unggulan varitas dan kualitas yang prima.

Manfaat Buah Mangga

Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 40-50 anggota dan suku Ancardiaceae. Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga lalu dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga. Buah mangga ini telah tersebar ke Asia Tenggara sekurangnya 1500 tahun silam. Kita tahu buah mangga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat yang didapatkan setelah mengkosumsi buah mangga adalah sebagai berikut.

a. Sumber antioksidan. Di dalam buah mangga terdapat sumber beta-karoten, vitamin C, dan kalium. Bete-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (vitamin C) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.

b. Kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak dapat memasok vitamin C sebanyak 41 mg. Sedangkan mangga muda mampu memasok vitamin C sampai 65 mg. Berarti dengan mengkosumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram, kecukupan vitamin C yang dianjurkan dapat terpenuhi.

c. Kandungan kalium yang melimpah. Kalium yang terdapat di dalam 100 gram mangga sebesar 189 mg. Dengan mengkosumsi sebuah mangga harum manis ukuran kecil (250 gram) atau mangga gedong (200-250 gram), kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

d. Membantu pencernaan. Mangga memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein serta membantu proses pencernaan.

e. Baik untuk ingatan. Glutamin terdapat di dalam buah mangga. Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori.

Berbagai manfaat di atas cukup baik untuk tubuh manusia. Melihat pentingnya manfaat buah mangga di atas, Nusa Fresh berusaha untuk memberdayakan buah mangga tersebut agar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama kota Jakarta yang memiliki jumlah penduduk yang banyak. Target jangka pendek dari Nusa Fresh terus-menerus memperkenalkan buah-buah Nusantara berkualitas tinggi dan meningkatkan harga jual petani. Tidak hanya buah mangga saja, melainkan buah-buah yang lain terus ditingkat sesuai dengan musimnya.

Promosi buah

Ketua Pemasaran Nusa Fresh, Kafi Kurnia mengatakan, "Konsorsium Nusa Fresh menganggap bahwa solusi terbaik promosi buah adalah dengan edukasi dan kerja sama antar berbagai institusi untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap buah Nusantarayang ranum, masak, dan siap makan." Bentuk kampanye ini 60% akan berbentuk edukasi lewat leaflet, brosur, dan multimedia. 20% akan berbentuk promosi di pusat-pusat belanja moderen. Termasuk kerja sama dengan pihak pengecer pasar swalayan untuk menyediakan tempat khusus untuk buah siap makan yang ranum dan masak. Dan sisanya 20% lagi akan digelar dalam bentuk demo masak dan seminar yang menampilkan chef selebriti dan para ahli nutrisi.

Selebriti Master Chef Indonesia Chef Vindex membantu promosi buah mangga dengan menggelar aneka masakan Indonesia dengan buah mangga. Chef Vindex yang terkenal dengan kreasi masakannya yang unik dan inovatif akan melakukan demo masak di Surabaya Food Festival. Selain Surabaya, acara ini juga akan diselenggarakan juga di Bandung dan Bali. Dengan metode ini setiap buah mampu dimanfaatkan dengan baik. (AAP)