+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | fb login | Forget Password?
 
» » » bakso-nya masih sama...ramai-nya sudah tidak sama
By : Topp3r
 Bakso-nya Masih Sama...Ramai-nya Sudah Tidak Sama
Smile
Bakso Kumis, Bakso Mas Kumis Blok S
Bakso Mas Kumis Blok S
Bakso Kumis, Semuanya Self Service Niiih
Semuanya Self Service Niiih
Bakso Kumis, Segentong Isi Bakso Semua
Segentong Isi Bakso Semua
Bakso Kumis, Poster Muka Pak Kumis
Poster Muka Pak Kumis
Bakso Kumis, Bakso Pak Kumis Di Blok S
Bakso Pak Kumis Di Blok S
Bakso Kumis, Taman Jajan Blok S
Taman Jajan Blok S
Kawasan Taman Jajan Blok S
Lapangan Olah Raga / Alun-alun Blok S yang terletak dekat Senopati, Jakarta Selatan, sudah lama menjadi daerah tempat berkumpulnya beberapa pedagang makanan ala kaki lima, yang sudah dibuat permanen, dirapikan, dan pernah disahkan oleh Gubernur Jakarta sendiri.

Banyak pilihan makanan yang dijual disini, semua-nya khas makanan kaki lima. Biasanya ramai pada saat jam makan siang kantor, dan di malam hari pada hari-hari weekend, tempat berkumpulnya para anak-anak muda yang mau cari makan enak tapi murah....Murah Meriah deh judulnya.

Bakso Kumis Unggulannya Blok S di Masa Lampau
Seingat saya, jaman dulu, kawasan Blok S ini bisa terkenal justru karena salah satu penjual makanannya yaitu Bakso Kumis - Blok S. Bakso ini begitu terkenalnya, sehingga orang sampai rela mengantri untuk bisa mencicipi Bakso-nya.

Tapi itu cerita jaman dulu. Terus terang, sudah lumayan lama saya absen, dan tidak mengunjungi kawasan ini lagi. Didorong sedikit rasa penasaran, hari ini saya sempatkan waktu makan siang di sini. Sekalian untuk memenuhi rasa kangen sama Bakso Kumis Blok S ini.

Sampai di sana, saya cukup heran....malah sangat heran. Bakso Kumis-nya masih ada, tapi kok tidak seramai dan seheboh dulu lagi ya. Kalau dulu, dari sepanjang 'rentetan' pedagang Blok S ini, hanya Bakso Kumis saja yang diserbu orang, tapi sekarang kok justru sebaliknya. Dari seluruh rentetan itu, Bakso Kumis termasuk salah satu yang tidak dihampiri banyak orang.

Konsep Sama...Rasa Sama....Kok Sepi?
Saya tetap berniat mencoba-nya. Konsepnya masih dijaga sama. Pengunjung yang datang, dipersilahkan langsung mengambil mangkok dan sendok sendiri, lalu meracik sendiri sambal, garam, kecap asin, kecap manis dan saus nya sendiri. Setelah selesai meracik, bergeser sedikit ke samping sudah ada seorang Bapak yang menunggu di belakang 2 gentong besar berisi bakso yang akan dihidangkan kepada pengunjung. Pengunjung tinggal mengatakan mau berapa butir, dan mau yang halus?kasar? atau dicampur.

Bakso Asli Daging Sapi (Hampir) Sebesar Bola Tenis
Bakso Kumis Blok S punya ciri khas sendiri, baik dalam hal rasa penyajian, selain dari konsep "self service" nya yang sudah saya ceritakan di atas.

Bakso Kumis ini dihidangkan tanpa hidangan sampingan apapun. Tidak ada sayuran, mie kuning, bihun maupun sohun atau tahu. Hanya mangkok yang berisi Bakso dan Kuahnya. Bakso-nya berukuran besar, hampir sebesar bola tenis. Mungkin kira2 sebesar bola kasti deh... (maksa dikit)

Bakso terdiri dari 2 pilihan, yaitu Bakso Kasar dan Halus. Kasar berarti mengandung urat dan jerohan-jerohan sapi, sedangkan bakso halusnya hanya olahan daging saja, tanpa jerohan.

Dari dulu sampai sekarang, tidak ada yang berubah dari kualitas rasa Bakso ini. Bakso nya enak. Dagingnya empuk, rasanya nikmat. Walaupun ukurannya besar, tapi tidak sampai memberikan kesan eneg untuk dinikmati. Kuahnya pun enak, tidak terlalu berminyak keruh, karena tidak mengandalkan rebusan gajih, namun lebih mengandalkan rebusan tulang dan tetelan sapi, sehingga kaldu lebih ringan, tapi rasa lebih tajam.

$$$ Hargany $$$ terus terang saja memang sedikit "premium" untuk kelas hidangan Bakso. Harga bakso dihitung dengan jumlah butir yang dimakan. Per butirnya dihargai Rp 6.000,-. Untuk bisa terasa di lambung, paling tidak harus memesan 2-3 butir bakso, itu pun mungkin masih harus ditambah dengan pesanan nasi putih dari warung sebelah Harga yang cukup terasa untuk hidangan Bakso Kaki Lima.


Tidak Ada Perubahan, Variasi dan Kreatifitas
Kalau boleh sedikit mengulas dan berpendapat mengenai "penurunan kepopuleran" Bakso Kumis ini, mungkin lebih disebabkan karena "kaku" dan monoton-nya Bakso Kumis ini dari waktu ke waktu.

Rasa Bakso masih sama, konsep penyajian masih sama, ciri khas self service nya juga tidak berubah. Demikian juga harganya yang masih terjaga di level/standar yang mahal tapi masih reasonable. Lalu kenapa orang yang datang kok malah makin berkurang? Mungkin justru karena semua nya dijaga sama, sehingga tidak ada perubahan sama sekali.

Pengunjung di jaman ini mungkin lebih mengharapkan adanya suatu pembaharuan-pembaharuan yang bisa menghindari diri dari kebosanan menikmati Bakso Kumis. Mungkin ada baiknya menu dibuat sedikit variatif. Ada baiknya dimunculkan menu-menu terobosan baru. Selain itu, dari sisi penampilan kedai dan keramahan dalam melayani pengunjung juga perlu dibenahi, demi untuk membenahi "Image" yang baru terhadap Bakso Kumis Blok S ini.

Hasil dari ke -monoton- an ini sangat jelas terlihat ketika beberapa saat lalu, muncul pedagang bakso lain di ujung berlawanan deretan pedagang Blok S ini, yang perlahan tapi pasti semakin diserbu oleh para pengunjung, mengingatkan pada masa-masa kejayaan Bakos Kumis. Hayo Bakso Kumis ! Jangan sampai tenggelam begitu saja ! Sebagai salah seorang penggemar, saya masih berharap .....








facebook twitter

  Bakso Kumis
Lapangan Blok S
Jl. Birah II
Senopati, Jakarta Selatan   » more

Menu Andalan :
Bakso Urat, Yamien Manis, Yamin Asin
Rasa :
Suasana :
Pelayanan :
Kebersihan :
Harga :
Recommended Menu :
4 Comment(s)  | 2472 Hit(s)
Rate this review
Enak Neh
Hmmm Menarik
Bagus Nih
Mantap Fotonya
Jelek Ah
Yuk Kasih Komentar
Other's Review
by Topp3r
Topper Ke Palembang 2 : Bang Kumis, Betawi di Palembang
Setelah menghangatkan perut dengan sarapan Mie Celor khas Palembang yang nikmat luar biasa, dan karena waktu sudah
Rumah Makan Bang Kumis Palembang
review by Topp3r
Topper Ke Palembang 1 : Sarapan Mie Celor Nikmat Nendang !
Hallo Yukmakaners !!! Setelah agak lama saya tidak posting review, kali ini saya mau bagi-bagi pengalaman kuliner
Mie Celor 26
review by Topp3r
Sandwich Tengah Malam Di Bandung
Gardu Jati Pusat Jajan Malam
Di Kota Bandung, tepatnya di daerah Gardu Jati sudah lama dikenal
Roti & Bubur Duti
review by Topp3r
Satu-satunya Sop Buntut Yang Wajib Di-Cicip di Bandung
Hallo Yukmakaners......sudah agak lama saya tidak posting review karena beberapa kesibukan belakangan ini, tapi
Dahapati
review by Topp3r
Other Review
Mencicipi Hidangan Italia ala Indonesia
Hai Yukmakaners!

Kali ini saya menyambangi sebuah restoran baru di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Restoran
Ellexito
review by Mariookta
Buka Puasa Spesial di Kenny Rogers Roasters
Senangnya diajak buka puasa bersama di Kenny Rogers Roasters FX, Jakarta Selatan. Apalagi aku mendapat bocoran
Kenny Rogers Roasters FX Mall
review by Rini Imoetz
Cocok buat Afternoon Tea nih!
Helen ini tempat saya berteduh menunggu hujan reda. Tempatnya enak sih, cozy, tapi nggak terlalu besar. Nggak bisa
Helen`s Cakes & Bistro
review by mariainess
Menu Western, Rasa Eastern
Buat food lovers ada info menarik nih buat kalian semua...

Minggu lalu, saya dan teman-teman menjelajahi
Ellexito
review by viii
view all
 
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel


Bagi kalian yang memiliki kendala mengenai mata yang cepat lelah dan kantung mata .Tahukah anda bahwa irisan alpukat yang  diletakan pada mata tertutup selama 20 menit dapat menghilangkan kantung mata.