+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | | Forget Password?
 
» » » sop tulang sumsum maha besar di rm sipirok - medan
By : keni

Sop tulang sumsum maha besar di RM Sipirok - Medan

Smile
Sop Sumsum Sipirok, Sop sumsum maha besar
Sop sumsum maha besar
Sop Sumsum Sipirok, Daging bakar
Daging bakar
Sop Sumsum Sipirok, Hidangan pelengkap
Hidangan pelengkap
Sop Sumsum Sipirok, Gulai ikan sale
Gulai ikan sale
Sop Sumsum Sipirok, Es ketimun, mak nyees
Es ketimun, mak nyees
Akhirnya sampai juga saya di kota Medan, kota kelahiran suami saya, putra Jawa kelahiran Sumatera?? Suami saya setiap habis berkunjung dari kota Medan, karena dinas dari kantornya, selalu bercerita tentang kuliner kota Medan yang terkenal enak dan enak sekali.
Hari ini, kami berdua datang dari Jakarta dengan pesawat pk 8 pagi. Otomatis masih banyak waktu untuk berjalan-jalan berburu kuliner sejak pagi ini. Rupanya menurut keterangan para supir taxi dan supir becak motor Medan, wisata kuliner kota Medan yang terkenal itu kebanyakan buka pada malam hari. Hanya ada beberapa tempat makan terkenal saja yang buka siang hari.
Ada 2 tempat kuliner terkenal yang ditawarkankan suami kepada saya, mau makan Sop sumsum Sipirok atau Mi Aceh Titi Bobrok. Untungnya jarak kedua tempat itu agak berdekatan, jadi kami sempat survey dulu. Akhirnya kami putuskan untuk makan Sop sumsum dulu hari ini, besok siang baru makan Mi Aceh.
Sop sumsum Sipirok terletak di Jl. Sunggal no. 14. Kami berhenti didepan rumah makan ini yang tempat parkirnya sudah dipenuhi mobil. Masuk kedalam rumah makan ini, merupakan ruangan yang besar dan luas, tanpa penyekat, penuh dengan meja kursi serta kipas angin yang terpasang dilangit-langit. Bagi suami saya, ini adalah kunjungannya yang kedua. Pada kesempatan pertama dia sudah kehabisan sop sumsum karena datang kesorean. Kebetulan hari ini adalah hari sabtu, tidak ada karyawan kantor yang secara mayoritas biasanya menyesaki tempat makan ini.
Suami saya langsung memesan sop sumsum dan sop daging yang langsung diantar ke meja kami bersama menu pelengkap lainnya yaitu sepiring ikan teri, daun singkong tumbuk, tumis bunga pepaya, sepiring udang ukuran kecil-kecil banget, lalapan, dan sepiring lagi, menurut tebakan kami, adalah irisan daging ikan yang diberi sambal.
Ketika sop sumsum dihidangkan, kami kaget luar biasa. Bentuknya adalah sepotong tulang kaki sapi bagian bawah yang ukurannya besar banget, terus dibagian luarnya masih banyak kikil dan daging yang masih menempel ditulang. Disajikan diatas piring dengan kuah sop yang bening, serta dilengkapi dengan pisau untuk mengiris kikil dan daging yang masih menempel pada tulang, serta sedotan untuk menyedot sumsum yang berada didalam tulang.
Sop daging tak kalah hebohnya, yaitu sepiring sop kuah bening hanya berisi potongan daging sapi yang besar-besar, murni tanpa sayuran, hanya ditaburi daun bawang saja. Wah bagaimana menghabiskannya? Untunglah kami mengajak supir taxi yang kami carter untuk makan juga. Langsung saja sop dagingnya kami antar kemeja dia.
Suami saya yang paling repot kalau makan, sudah pasti saya yang mengiris-iris daging dan kikil yang menempel pada tulang, dia sih tinggal menyuap saja. Hmm rasanya enak banget, daging dan kikil terasa empuk dan lembut, tanpa perlu cape mengunyah. Kuah sopnya terasa murni dan segar, tidak berlemak, bumbunya sederhana tapi pas banget. Tak terasa kuah sop hampir habis tapi masih banyak kikil yang menempel. Kami pun minta tambah kuahnya lagi. Siang siang begini makan sop, peluh pun mengalir deras dari wajah kami. Ruangan yang besar dan luas serta banyaknya kipas angin tidak mampu menolong kami yang basah kuyup oleh keringat kenikmatan. Hmm nyam nyam.
Hidangan yang lain tak luput kami coba. Yang pertama adalah ikan teri yaitu ikan teri goreng yang berukuran besar, ditumis bersama sedikit cabe. Rasanya tidak terlalu asin, tidak terlalu pedas, pas lah. Kedua adalah daun singkong tumbuk yang agak berkuah, karena diberi sedikit santan. Rasanya segar dan ringan, karena kuahnya encer, tidak seperti gulai daun singkong buatan RM Padang. Ketiga adalah tumis udang yang ukurannya kecil-kecil banget. Setelah ditanya, rupanya itu adalah udang kecepe. Ditumis dengan cabe dan aneka bumbu tapi tidak ada rasa yang menonjol.
Hidangan lain yang tidak kami sentuh dibawa kembali oleh pelayannya. Tapi kemudian pengunjung disamping meja kami berbincang bincang dengan suami dan bertanya apakah sudah mencoba hidangan daging bakarnya, karena itu termasuk salah satu hidangan yang paling dicari. Loh yang mana ya, kami pun kebingungan. Oh rupanya yang kami kira adalah irisan daging ikan yang diberi sambal itu rupanya daging sapi yang dibakar lalu dipotong kotak-kotak tipis, lalu diberi sambal. Segera kami pesan kembali sepiring daging bakar, rugi dong kalau tidak dicoba. Rasa hidangan ini seru juga loh yaitu irisan daging sapi bakar yang diberi sambal cabe merah, potongan bawang merah mentah serta air jeruk nipis. Dagingnya empuk tanpa ada rasa bumbu yang menonjol berpadu dengan rasa asam dan pedas, dengan aroma bawang yang kuat. Unik tapi enak, hidangan ini langsung kami habiskan. Sebagai penutup segelas es ketimun yang berwarna hijau langsung menyegarkan tenggorokan kami, mak nyees.
Satu lagi keunikan RM ini adalah pemilik RM bertindak sekaligus sebagai kasir, tidak berdiam diri dimeja kasir, melainkan berjalan-jalan memantau meja-meja para pengunjung, sambil memberi perintah langsung kepada anak buahnya bila ada permintaan dari pengujung, sembari menyapa para pelanggan setianya, sambil membawa segepok uang hasil transaksi pembayaran para pengunjung dimejanya masing-masing. Kami hanya membayar sekitar seratus ribu lebih, karena rupanya sop tulang sumsum yang maha besar itu hanya dihargai Rp 35.000 loh. Fantastis.



facebook twitter

  Sop Sumsum Sipirok
Jl. Sunggal No. 14
Medan Kota, Medan   » more

Menu Andalan :
Sop Sumsum, Sop Daging
Rasa :
Suasana :
Pelayanan :
Kebersihan :
Harga :
Recommended Menu : Sop sumsum, Sop daging, Daging bakar
1 Comment(s)  | 11049 Hit(s)
Rate this review
Enak Neh
Hmmm Menarik
Bagus Nih
Mantap Fotonya
Jelek Ah
Yuk Kasih Komentar
Other's Review
by keni
Keren, ada atraksi air mancur setara mall di Shabu Hachi Bogor
Luar biasa ! Itu kata pertama yang terlintas di benak saya ketika kami berempat mendatangi outlet ke 4 Shabu Hachi di
Shabu Hachi Bogor
review by keni
Shabu Hachi part 2? Grand Opening Kemang outlet
Alhamdulillah rezeki anak sholeh, saya diundang makan di pembukaan outlet kedua Shabu Hachi di Jl. Ampera Raya no.
Shabu Hachi
review by keni
Makan sepuasnya di Shabu Hachi
Kalau kami hendak ke rumah ibu di Cinere, otomatis harus melewati Jl. Karang Tengah. Saya lihat ada sebuah restaurant
Shabu Hachi
review by keni
Nasi Pecel Bu Tinuk, Keanekaragaman yang menimbulkan kelezatan
Minggu lalu saya pergi ke Bali dalam rangka Office Outing. Hari terakhir kami adalah acara bebas, kami isi dengan
Nasi Pecel Bu Tinuk
review by keni
Other Review
Juicy dan Lembut Wagyu Steak Ala Camorra
Lembut daging wagyu dan juicy ketika digit membuat lidah begitu dimanjakan. Itu yang aku rasakan ketika bersantap
Camorra Eat & Drink
review by donlaki
Sore di Maraca Books and Coffee Bogor
Suasana mendung dan asri begitu terasa begitu aku sampai di Bogor. Kota yang dijuluki sebagai Kota Hujan ini memang
Maraca Books and Coffee
review by amadea
Yum Dapoer Roti Bakar Punya Keju Hitam
Jika biasa jenis keju yang kita ketahui hanya seputar keju mozzarella, chedar atau parmesan yang berwarna kuning
Dapoer Roti Bakar Pasar Minggu
review by Fansraisa
Lembutnya Signature Cookies di Raffles Jakarta
Raffles Jakarta selalu saja berhasil membuatku datang lagi dan lagi. Meski belum pernah merasakan menginap di hotel
The Writers Bar Raffles Jakarta
review by Cinta_Vin
view all
 
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR SISTER COMPANIES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel

Rebusan Daun Salam Terbukti mampu mengatasi kulit stres, sehingga dapat mencegah terjadinya kulit keriput