+ New Place | Upload Photo | Post New Review | How to Review  
Login | fb login | Forget Password?
 
home » reviews » panelist reviews » nostalgia makanan jawa rumahan
panelis
By : melia caramel
Nostalgia Makanan Jawa Rumahan
Bistik Jawa
Lontong Cap Gomeh
Mangut Pe
Tahu Campur Gimbal

Bangunan rumah tua yang disulap jadi sebuah tempat makan di bilangan Wijaya I ini, diberi nama sesuai dengan nama sang pemiliknya, Ibu Endang. Meski ukuran resto tidak terlalu luas, saya merasakan suasana homey yang tenang dan nyaman.


Nuansa tempo dulu semakin jelas, dengan kehadiran jendela kayu model lawas serta pernak-pernik jadul yang menghiasi hampir setiap sudut interior resto. Sapaan ramah pelayan yang menawarkan posisi tempat duduk, seketika membuyarkan lamunan saya bernostalgia, mengingat-ingat suasana serupa di rumah oma opa dulu. Beruntung saya singgah bukan di jam makan yang ramai pengunjung. Dengan leluasa, saya masih bisa pilih sendiri posisi duduk yang sesuai. Pojokan dekat pintu jadi tempat pilihan yang pas menurut saya. Deretan nama-nama menu makanan plus foto yang sudah menempel permanen di meja langsung mencuri perhatian saya. Ternyata, tidak hanya suasana resto yang bikin angan saya bernostlagia, aneka makanan Jawa klasik yang dulu pernah diracik oleh oma saya, coba dihadirkan oleh Ibu Endang. Berikut beberapa menu yang jadi pilihan saya untuk melepas kangen.


Bistik Jawa, Porsi Penuh di Satu Piring


Banyak yang bilang, bistik Jawa adalah sajian fusion, perpaduan seni kuliner dari dua budaya: bistik belanda dan semur jawa. Ciri khas sajian ini adalah kecenderungan rasa manis yang kuat dari pemakaian kecap manis. Porsi bistik Jawa kreasi Ibu Endang cukup memuaskan perut. Potongan daging sapinya cukup royal. Tekstur dagingnya sangat empuk, mudah sekali dikunyah.  Rasa bumbu bistiknya benar-benar kuno, persis seperti racikan made in dapur nenek. Manis dari kecap berasa medok. Sentuhan merica dan pala tidak garang, namun dalam komposisi yang ideal. Tomat merah yang dipakai sebagai bumbu campuran bistik tidak meninggalkan jejak rasa asam. Sajian pendampingnya terdiri dari potongan buncis dan wortel rebus, kentang goreng bentuk wedges, dan keripik kentang kriuk.


Lontong Cap Gomeh, Salah Satu yang jadi favorit


Ini adalah salah satu masakan khas Jawa yang mengambil nama Tionghoa. Meski selalu dikaitkan dengan perayaan imlek atau perayaan cap go meh. Menurut orang Tionghoa sendiri, kabarnya, makanan ini tidak ada kaitannya dengan perayaan tersebut. Apa pun pendapat orang tentang si lontong ini, yang pasti, lontong cap go meh ala Bu Endang adalah salah satu menu favorit saya. Kuah santan yang pekat dari kuah sayur mirip lodeh --yang terasa gurih dan berbumbu-- menyirami potongan lontong. Beberapa jenis lauk berpadu jadi satu kesatuan yang saling melengkapi, ada  telur pindang, sambal goreng hati pedas, ayam bumbu abing yang rasanya gurih manis, opor ayam suwir, dan irisan rebung pedas. Taburan kelapa sangrai, bubuk kedelai, dan bawang goreng, bikin penampilan dan rasa lontong cap go meh semakin kaya.


Mangut Pe, Aroma Ikan Asap yang Menggoda


Mangut Ikan Pe kesohor sebagai salah satu sajian khas dari pesisir pantai utara Jawa,  berupa ikan pari yang dimasak bersama kuah santan kental dengan rempah-rempah pilihan. Diantara bumbu yang dipakai adalah kunyit dan cabai yang bikin kuah mangut berwana kuning kemerahan. Aroma ikan yang telah melalui proses pengasapan tercium tajam begitu menu ini hadir di meja saya. Ditemani sepiring nasi, saya mulai menyendoki mangut pe yang dilengkapi potongan petai, tahu goreng, kemangi, dan irisan cabai hijau besar.  Hmm... Daging ikannya empuk, tak tercium sedikit pun kesan amis ikan. Seliweran rasa pedas dari kuah mangut dan gurihnya santan, bikin lauk ini tandas tak bersisa oleh saya.


Tahu campur gimbal, berguyur kecap


Untuk mengimbangi masakan mangut pe yang berbumbu pekat, saya pesan tahu campur gimbal khas Semarangan. Tahu campur gimbal yang bercita rasa ringan ini berisi potongan bakwan udang (gimbal), tahu pong, tauge, serta acar dari potongan wortel dan mentimun. Diguyur saus kecap-kacang, dibubuhi taburan kacang tanah tumbuk dan rajangan seledri. Tingkat kepedasan tahu campur gimbal bisa disesuaikan dengan selera. Karena doyan pedas, tentu saja saya lebih tertarik menyantap versi tahu gimbal pedas. Sensasi rasa gurih kacang, manisnya kecap, dan pedas lombok, menciptakan harmonisasi rasa sederhana yang sayang jika dilewatkan. Pilihan yang segar-segar ini, cocok disantap usai makan berat.


Segarnya es cendol kampung


Penyajian es cendol di sini berbeda dengan es dawet ala Banyumas atau es cendol khas Bandung. Es cendol yang disajikan dalam gelas berkaki ini, adalah hasil  perkawinan dari beberapa ingredien. Ada buliran cendol pulen yang terbuat dari tepung beras, tapai singkong yang manis, tapai ketan hijau yang legit, potongan nangka yang pas matangnya, serta siraman santan yang gurih. Ditambah lagi pemakaian pemanis berupa gula jawa cair, memberi sensasi cita rasa es cendol khas kampung. Dijamin sip deh.


facebook twitter
     
  Masakan Rumah Bu Endang
Jl.Cipete Raya 16 C
Cipete, Jakarta Selatan  » more

Menu Andalan :
Bistik Lidah, Brongkos, Lontong Cap Go Meh, Mangut Ikan Pe Panggang, Pindang Bandeng, Timlo Solo
1 Comment(s)  | 2916 Hit(s)
Rate this review
Enak Neh
Hmmm Menarik
Bagus Nih
Mantap Fotonya
Jelek Ah
Yuk Kasih Komentar
Share on Facebook
Other Review
Penggila Bakmie Harus Nyobain Nih
Buat kalian yang tinggal di Jakarta Pusat atau sekitarnya, ada kedai bakmie yang baru buka nih di daerah Kemayoran,
Bakmi Singkawang Asui
review by jokopablo
Bento Asik Harga Terjangkau
Menjelang lebaran kemarin, sudah mulai banyak banget tuh tempat makanan yang tidak berjualan. Akhirnya saya pun
Yoko Bento
review by OLIVIA85
Menikmati Citarasa Steak Baru Dengan Harga Terjangkau
Bulan Puasa biasa identik dengan acara Buka Bersama, atau bahasa kerennya BukBer.

Saya dan team pun tidak
Kitchener Wok & Grill Epicentrum Mall
review by wennykt
Dari Canada Berbuah Restoran ala Rumahan
Di bilangan Jakarta Barat, tepatnya di Permata Hijau ternyata ada satu tempat makan oke punya. Sajiannya berupa
Kedai Kumala
review by Belinda
view all
ABOUT US | PANELIST TEAM
ARTICLES | MAGAZINE
REVIEWS | HOW TO REVIEW
CONTACT US
facebook: yukmakancom
twitter: @yukmakan mobile: m.yukmakan.com
Copyright © yukmakan.com
m.yukmakan.com
OUR WEBSITES
YUKMAKAN.COM
Culinary Directory & Info
WEDDINGKU.COM
Wedding & Honeymoon
VARAWEDDING.COM
Destination Wedding in Bali
YUKTRAVEL.COM
Indonesia Online Travel


Dengan minum air hangat setelah makan, makanan berminyak akan diproses oleh usus dengan lancar, sehingga dapat menjaga Anda dari obesitas. Yuk biasakan minum air hangat setelah makan!