Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Berkreasi dengan Es Krim Nitrogen

15 November 2013 15:49

Satu lagi inovasi di bidang kuliner yaitu pembuatan  es krim dengan  menggunakan nitrogen cair. Metode ini mungkin terbilang baru di Indonesia. Salah satu gerai yang menyediakan es krim tersebut  adalah Freeze Ice Cream. Gerai es krim yang baru dibuka awal oktober lalu berlokasi di Mal Taman Anggrek lt.4. Terletak di kios yang kecil tak lantas membuat gerai es krim “ajaib” ini sepi dari pengunjung. Pasalnya asap yang muncul dari proses pembuatan es krim selalu mengundang rasa penasaran dari orang-orang yang berlalu lalang di sana.


Sebagai pengganti lemari  pendingin digunakanlah nitrogen cair yang mendidih  pada suhu  -196 C untuk mendinginkan es secara cepat. Pembuatan es krim ini tidak memerlukan bahan pengawet atau pengental .Bahan dasar untuk pembuat es seperti susu, buah, cokelat, dan lainnya akan berubah  menjadi es krim hanya dalam hitungan menit. Hal tersebut di sebabkan Nitrogen cair yang sangat dingin bertemu dengan susu sangat panas bagi nitrogen itu sendiri , sehingga nitrogen menguap sedangkan susu membeku.


Nitrogen yang digunakan untuk mendinginkan es krim ini terhitung aman. Untuk membuktikannya cairan nitrogen dituangkan ke mangkuk  dan disodorkan kepada pelanggan yang penasaran akan proses pembuatan es krim ini. Hasilnya cairan nitrogen yang bening, tak berwarna dan tak berbau ini akan segera  menghilang   saat  tangan dicelupkan dan diangkat. Pembuktian tersebutlah yang dilakukan untuk menghilangkan kekhawatiran pelanggan.


Disini para pelanggan juga dapat melihat langsung proses pembuatan es pesanannya. Bahan dasar seperti susu cair, gula dan topping yang diinginkan dimasukan kedalam wadah yang kemudian diaduk rata. Lalu nitrogen cair dituangkkan dan campuran kembali di aduk dengan sendok. Tak lama asap akan keluar, Adonan diaduk terus  sampai adonan menjadi keras. Setelah asap hilang berarti campuran sudah membeku. Proses selanjutnya tekstur dilembutkan dengan cara mengaduk diwadah lain yang berisi air. Tahap akhir es dimasukan ke dalam cup dan ditambahkan dengan topping yang akan menggugah selera.


Keunikan lain adalah para pengunjung dapat berkreasi dalam memilih rasa , topping, sampai dengan kadar gula yang mereka sukai. Mereka bisa memilih  sampai 30 rasa yang disediakan di Frezze Ice Cream ini. Mulai dari rasa klasik, western sampai dengan es sentuhan rasa asia. Bahkan ada 31 varian topping yang dapat dipilih untuk melengkapi es kreasi pelanggan. Tak lupa sesuaikan pula kadar gulanya, mulai dari none, less, sampai normal. Jika dibandingkan dengan es krim pada umumnya, tingkat kemanisan “normal” disini  tak begitu manis. Jika anda malas dalam berkreasi , kalian dapat memesan  signature  creations yang sudah tersedia disana. Kisaran harga mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 35.000 untuk menu es krim dan Rp 2.700 sampai Rp 4.500 untuk menu toppin. (ADT) 

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all