Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Ekspedisi Warisan Kuliner Tradisional Nusantara Bersama Bango

01 April 2014 10:36

Di tahun 2014 ini, Kecap Bango memiliki program akbar yang berkaitan dengan warisan kuliner Nusantara. Program itu merupakan sebuah kegiatan bernama “Bango Ekspedisi Warisan Kuliner Nusantara”. Sesuai namanya, maka akan dilakukan sebuah perjalanan panjang dan serius untuk menelusuri kekayaan warisan kuliner Nusantara.

Ekspedisi yang akan dilaksanakan serentak pada April hingga Juli 2014 itu dikoordinir oleh Ari Parikesit, seorang pakar kuliner Nusantara. Area ekspedisi dibagi menjadi 3 wilayah dengan jumlah tim yang sama pula. 3 wilayah tersebut antara lain Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur. Untuk wilayah Indonesia Barat mencakup kepulauan Sumatra dan Kalimantan dengan tim yang akan dipimpin oleh Odillia Winneke. Wilayah Indonesia Tengah antara lain Jawa, Bali, dan Madura dipimpin oleh Aldio Merancia. Sedangkan untuk Indonesia Timur terdiri dari Sulawesi, NTT, NTB, Maluku, dan Papua dengan tim pimpinan Dina “Dua Ransel”.

Arie Parikesit pada acara konferensi pers di Restoran Kembang Goela, Jakarta Selatan memberikan banyak penjelasan mengenai kegiatan ekspedisi itu. “Ekspedisi ini akan menjadi salah satu penelusuran jejak kuliner Nusantara paling intensif dalam sejarah kuliner Indonesia. Yang akan kami telusuri tentunya segala hal yang berkaitan dengan kuliner. Mulai dari bumbu masak otentik, resep otentik, sejarah, kaitan kuliner dengan budaya lokal, serta penggalian informasi dari tokoh kuliner setempat,” ungkap pria yang akrab disapa Arie.

Destinasi dari ekspedisi akan mencakup lebih dari 100 kota. Nantinya, data yang telah terkumpul dari hasil ekspedisi akan didokumentasikan dalam sebuah buku berjudul “Bango Jelajah Warisan Kuliner dari Barat ke Timur Nusantara”.

Program lain dari Bango adalah pelaksanaan pesta kuliner akbar tahunan bernama Festival Jajanan Bango 2014. Sesuai dengan program ekspedisi yang tengah dilaksanakan, maka untuk pertama kalinya acara festival akan digelar di 3 tempat berbeda. Lokasi Festival Jajanan Bango 2014 adalah di Medan, Jakarta, dan Makassar. Ketiga lokasi itu mewakilkan dari wilayah Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur. Tentunya masyarakat akan semakin dimanjakan dengan adanya beberapa program tersebut. (myk)

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!