Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Manfaat Beras Coklat atau Beras Pecah Kulit

05 Desember 2018 10:40


Konsumsi beras yang akan diolah menjadi nasi sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Beras menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi oleh keluarga Indonesia. Selama ini beras putih lebih populer untuk konsumsi sehari-hari, padahal ada beragam jenis beras di Indonesia yang lebih sehat dengan mengandung kadar gula lebih rendah.

Salah satunya adalah beras pecah kulit atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai brown rice. Beras jenis ini hanya mengalami proses pengelupasan gabah atau kulit luar saja. Pembeda brown rice atau beras pecah kulit dengan beras putih biasa adalah kandungan mineral dan vitaminnya. Beras pecah kulit masih menyimpan kandungan gizi yang 80% lebih banyak dibanding beras putih. Maka, beras cokelat atau beras pecah kulit bisa menjadi alternatif pilihan untuk konsumsi beras yang lebih sehat dan bernutrisi. Dan berikut ini beberapa manfaat beras coklat atau pecah kulit.

1. Menguatkan tulang
Beras ini banyak mengandung mangan dan mineral penting dalam membantu mempertahankan struktur tulang yang kuat dan juga untuk menyerap kalsium. Kalium dalam gandum juga penting untuk membantu mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan magnesium sangat penting untuk mineralisasi tulang untuk melindungi dari arthritis.

2. Memiliki resiko yang rendah terhadap diabetes
Keuntungan kesehatan lain dari dari makan beras coklat adalah kemampuannya untuk mencegah diabetes. Sebuah studi baru para peneliti di Harvard menunjukkan bahwa mengkonsumsi tidak kurang dari dua porsi nasi coklat mingguan, maka 10% lebih kecil kemungkinannya untuk terserang diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang makan gandum kurang dari sebulan sekali.

3. Memiliki resiko dalam pencegahan kanker
Manfaat beras coklat juga dari sifat kesehatan dapat menyingkirkan radikal bebas yang berbahaya. Beras coklat merupakan sumber antioksidan yang potensial termasuk vitamin E, selenium, dan lignan. Hal ini dapat mencegah kanker.

4. Berguna dalam menurunkan kolesterol
Dalam sebuah tes laboratorium telah dibuktikan bahwa minyak yang ditemukan di dedak beras coklat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol. Ini membantu untuk menghindari atau memperbaiki penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular atau jantung.

5. Meringankan sembelit
Beras coklat diperkaya dengan serat yang lembut dan aman bagi lambung. Makanan yang tinggi serat dapat digunakan sebagai obat alami untuk masalah sembelit.

6. Meningkatkan sel darah merah
Dalam beras coklat terdapat senyawa yang dikenal sebagai folacin dan dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, folacin memiliki fakta kesehatan mampu membantu dalam pengembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi yang sebelum lahir. Jadi beras coklat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

7. Beras coklat dapat mengendalikan kenaikan berat badan
Sebuah laporan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of America Clinic Nutrition pada tahun 2003 menyebutkan manfaat yang signifikan dari beras coklat dalam menjaga berat badan yang ideal. Wanita yang mengkonsumsi beras coklat secara teratur, berat badannya lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak makan beras coklat. Untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi coklat.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all