Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Memanfaatkan Sisa Putih Telur

09 Januari 2019 16:36

Saat membuat cake tertentu seperti lapis legit atau lapis surabaya biasanya menyisakan jumlah putih telur yang berlebih. Bahkan seringkali putih telur sisa membuat cake ini pun pada akhirnya terbuang percuma. Sebenarnya, sisa dari putih telur itu bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai macam beberapa varian cake, puding, hingga cookies. Berikut beberapa alternatif olahan yang bisa dibuat menggunakan putih telur berlebih. Selamat berkreasi!

Chiffon Cake
Chiffon cake yang menggunakan putih telur akan memiliki rasa yang sama dengan chiffon cake dengan telur utuh. Coba berkreasi dengan menambahkan aneka perisa seperti durian, pisang, pandan, moka, cokelat, maupun tape.

Sponge Cake
Sponge cake dengan menggunakan putih telur akan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan rapat bila dibandingkan dengan sponge cake yang dibuat dari telur utuh. Biasanya sponge cake dengan putih telur akan memiliki aroma yang lebih amis. Untuk mengatasinya bisa menambahkan perisa rhum, kulit jeruk, atau rempah-rempah ke dalam adonan. Sedangkan untuk menyiasati tekstur cake yang kenyal, bisa menambahkan emulsifier sehingga cake bisa lebih mengembang. Biasanya pedagang cake murah dengan produksi masal menggunakan cara ini untuk menekan biaya produksi.

Brownies


Untuk membuat brownies kukus maupun brownies panggang bisa dibuat dengan adonan putih telur. Aroma amis bisa hilang dengan penambahan dark chocolate lebih banyak.

Puding Busa
Puding satu ini disukai karena teksturnya yang sangat lembut. Salah satu bahan agar tekstur puding busa menjadi lembut adalah dengan menggunakan putih telur yang dipadukan dengan agar-agar. Selain puding busa, juga bisa membuat puding buah dengan putih telur.

Lidah Kucing
Lidah kucing adalah salah satu kue kering populer yang menggunakan bahan putih telur. Penggunaan putih telur ini akan membuat lidah kucing terasa lebih renyah.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all