Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 8 Makanan Kaki Lima Legendaris di Jakarta yang Wajib Dicoba

12 Maret 2019 11:01

Jangan ngaku orang Jakarta kalau belum mencoba deretan kuliner kaki lima legendaris favorit orang Jakarta berikut ini. Mulai dari gado-gado, ketoprak, sate, seafood, Warteg hingga warung yang menyajikan mi instan super pedas karena menggunakan cabai segar hingga siapapun yang memakan mi instan ini akan ketagihan dan membuat kuping berdenging. Selain terkenal karena makanannya yang memang enak, makanan kaki lima ini juga dibanderol dengan harga terjangkau. Yuk, simak makanan apa saja.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Nasi goreng kambing satu ini terletak di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Setiap hari selepas maghrib, warung kaki lima yang ada sejak tahun 1958 ini selalu ramai. Nasi Goreng Kambing menjadi menu andalan di sini, selain nasi goreng kambing, kamu juga bisa menikmati Sop Kambing atau Mie Goreng Kari Kambing.

Gulai Tikungan
Ngidam gulai, kamu bisa meluncur ke daerah Blok M, Jakarta Selatan. Disebut gulai tikungan, karena penjaja gulai gurih nan sedap ini berada di sepanjang tikungan di Blok M dan Bulungan Jakarta Selatan. Porsinya cukup mengenyangkan, tempatnya memang di kaki lima sederhana tapi rasanya dijamin kamu ketagihan dengan sedapnya gulai di sini.

Sate Padang Ajo Ramon
Pecinta sate khas Padang Sumatera Barat, coba Sate Padang Ajo Ramon yang berlokasi di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Sate Padang Ajo Ramon sudah ada sejak tahun 1980-an, sate padang yang disajikan adalah sate padang khas Pariaman. Sate Padang khas Pariaman berbeda dengan sate Padang dari daerah Bukit Tinggi atau daerah lainnya di Sumatera Barat dimana memiliki bumbu yang berwarna merah atau coklat. Sedangkan daerah lainnya berwarna kuning, namun masing-masing daerah memiliki citarasanya tersendiri.

Warteg Warmo
Warteg atau Warung Tegal boleh dibilang menjadi salah satu warung khas yang mudah ditemukan di segala penjuru Jakarta. Warung Warmo adalah salah satu Warteg yang terkenal berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan dan sudah ada sejak tahun 1969. Menu masakan Warmo, layaknya masakan rumahan dengan beragam pilihan lauk dan sayuran. Seperti teri kacang, telur balado, oseng kikil, kerang, aneka gorengan, dan lainnya. Dijamin kamu bingung, jika berkunjung ke sini karena banyaknya ragam lauk yang tersaji di etalase.

Gado-gado Bon Bin
Gado-gado Bon Bin, merupakan salah satu gado-gado legendaris yang ada di Jakarta Pusat tepatnya berlokasi di daerah Cikini. Gado-gado satu ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Selain Gado-gado, di sini kamu juga bisa menikmati sajian khas Betawi lainnya, seperti Asinan  Cendol yang jadi andalan.

Ketoprak Ciragil
Ketoprak merupakan menu khas Betawi yang populer. Paduan ketupat atau lontong, bihun, kecambah, tahu yang disiram dengan bumbu kacang berpadu dengan cabai dan bawang putih memberikan aroma khas. Salah satu ketoprak yang terkenal kelezatannya di Jakarta adalah ketoprak Ciragil yang berlokasi di jalan Ciragil, Jakarta Selatan, kamu bisa membuktikan sendiri kelezatan yang sudah ada sejak tahun 1960-an.


Seafood Ayu
Untuk kamu pecinta olahan sajian laut atau seafood bisa mencoba Seafood Ayu yang ada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Meski hadir dengan warung kaki lima berbentuk tenda bongkar pasang sederhana, Seafood Ayu menawarkan citarasa sajian olahan laut segar dan istimewa dengan harga yang terjangkau. Seafood Ayu, buka dari pukul 17.00 - 24.00 WIB setiap harinya. Aneka ikan bakar segar seperti ikan kuwe, kakap, cumi, kerang rebus, udang goreng tepung, hingga menu andalan mereka kepiting.

Warmindo Abang Adek
Bagi yang suka dengan citarasa pedas dan ingin menantang lidah dengan sajian pedas, bisa mengunjungi Warmindo Abang Adek yang ada di Tomang, Jakarta Barat. Warmindo adalah singkatan dari Warung Indomie, semacam Warung Kopi yang biasa menyajikan sajian mi instant, kopi, hingga roti bakar. Bedanya Warmindo Abang Adek menghadirkan sajian mi instan untuk pecinta pedas karena di sini kamu bisa memilih level pedas sesuai selera menggunakan cabai rawit segar. 


Sumber foto:
Dok.Yukmakan
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fransisca-stefanie-chandra/kedai-nasi-goreng-kambing-paling-yahut-di-jakarta-c1c2/full
https://www.nibble.id/jakarta/r/gulai-tikungan-blok-m-blok-m/p/gultik-4
https://www.vice.com/id_id/article/53gwd3/keajaiban-24-jam-di-warmo-warteg-legendaris-ibu-kota
http://satepadangajoramon.com/wp-content/uploads/2018/10/03cc803d-d795-45d3-a15b-3225c246af91.jpg

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all