Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Mengenal Aneka Sandwich dari Berbagai Negara

11 April 2019 18:19

Begitu banyaknya ragam sandwich di dunia ini. Masing-masing memiliki beberapa perbedaan, mulai dari jenis roti, isian, serta paduan saus yang digunakan. Menciptakan sandwich dengan beragam variasi itu juga dipengaruhi oleh asal sandwich itu sendiri.  Beberapa negara memiliki sandwich sendiri dengan jenis roti, isian, serta nama berbeda. Yuk, simak beberapa sandwich dari beberapa negara yang bisa kamu kenali!

1. Bahn Mi (Vietnam)
Makanan ini dipengaruhi oleh budaya Prancis saat menjajah Vietnam. Bahn Mi merupakan roti lapis yang terbuat dari roti baguette yang lebih ringan dibanding otentik Bagutter Prancis. Biasanya bahn mi berisi daging, namun ada juga yang berisi ikan, tahu, ataupun telur yang disajikan dengan acar, paprika, dan daun ketumbar yang menjadi sayuran khas bahn mi.

2. Bauru (Brazil)
Menggunakan french roll, Bauru biasanya disajikan dengan keju leleh, daging sapi panggang, irisan tomat segar, dan acar mentimun.

3. Bocadillo (Spanyol)
Bocadillo atau Bocata adalah sandwich Spanyol yang terbuat dari roti khas spanyol yang mirip dengan baguette. Sajian ini biasa tersaji di kafe atau tapas bar. Beberapa Bocadillo diberi tambahan saus seperti mayones, aioli, saus sambal, mustard, atau saus tomat. Makanan ini biasanya disajikan dengan bir dingin atau anggur merah. Tipe lain dari Bocadillo juga bisa ditemui di daerah lain di Spanyol dengan nama yang berbeda seperti Serranito, Almussafes, dan Esgarrat.

4. Bosna (Austria)
Sandwich ini biasanya menggunakan roti putih yang dipanggang. Isiannya adalah sosis bratwurst, irisan bawang bombay lalu disajikan dengan saus yang terbuat dari paduan saus tomat, mustard, dan bumbu kari bubuk.

5. Bratwurts Sandwich (Jerman)
Di Jerman makanan ini menjadi salah satu street food yang populer. Secara umum, Bratwurst Sandwich mirip dengan hotdog di Amerika yang menggunakan roti hotdog panjang disajikan dengan sosis khas Jerman bratwurst dan saus mustard. Beberapa ada juga yang menambahkan sauerkraut atau kentang goreng sebagai side dishnya.

6. Breakfast Roll (Inggris/Irlandia)
Hidangan ini berupa roti yang disajian dengan makanan yang biasa disajikan untuk sarapan pagi. Sebut saja sosis, bacon, black pudding, jamur, irisan tomat, telur mata sapi, dan kentang goreng dengan paduan saus tomat dan brown sauce khas Inggris.

7. Broodje Kroket (Belanda)
Di Belanda, sandwich menggunakan roti yang empuk dan lembut berisi ragout yang kemudian dibalut dengan tepung roti dan digoreng. Sajian ini biasanya dimakan dengan paduan mustard sebagai sausnya.

8. Club Sandwich (Amerika)
Club Sandwich berupa roti tiga lapis yang berisi potongan daging ayam atau kalkun, bacon, irisan tomat, dan selada. Sajian itu pun biasa disempurnakan dengan saus mayones.

9. Croque- Monsieur (Prancis)
Menggunakan roti brioche, Croque-Monsieur biasanya berisi ham dan keju yang dipanggang atau digoreng. Biasanya, keju yang digunakan adalah keju Emmental atau Gruyère yang dilapis dengan mornay atau saus béchamel. Croque- Monsieur ini serupa dengan Croque- madame, bedanya hanya ditambahkan telur mata sapi di atasnya.

10. Doner Kebab (Turki)
Doner Kebab adalah daging yang dimasak pada tiang besi vertikal. Dagingnya biasa menggunakan daging sapi muda, tetapi ada juga yang menggunakan campuran daging domba dan juga daging ayam. Sajian ini biasanya disajikanpada roti pipih seperti lavash atau pita sebagai sandwich yang populer di Turki.

11. Falafel (Timur Tengah)
Falafel bisa disebut sandwich dari Timur Tengah. Sandwich ini berupa roti pita berkantung yang dipotong menjadi dua bagian, kemudian diisi dengan bola-bola goreng yang terbuat dari kacang polong, acar sayuran dan disajikan dengan saus paduan saus tahini yang pedas.

12. Gyro (Yunani)
Pita Gyro bisa juga disebut sebagai Psomaki Gyro, tapi itu tergantung pada jenis roti yang digunakan. Sandwich dari Yunani ini berisi daging yang dipanggang lalu disajikan dengan tomat, kentang, serta irisan bawang bombay. Untuk sausnya berupa saus tzatziki khas Yunani.

13. Panini (Italia)
Di Italia, panini atau yang juga disebut panino adalah kata untuk sandwich yang terbuat dari roti selain roti irisan, dalam hal ini orang Italia menyebutnya tramezzino. Jenis roti yang digunakan adalah ciabatta, rosetta, dan baguette. Roti dipotong secara horizontal dan diisi dengan bahan-bahan deli seperti salami, ham, keju, mortadella, atau makanan lainnya.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all