Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Daftar Saus yang Bikin Sajian Salad Semakin Istimewa

12 April 2019 11:02

Salad menjadi pilihan tepat dan nikmat bagi mereka yang menjalankan pola hidup sehat. Bukan hanya cocok untuk menu makan saat diet, salad juga bermanfaat bagi pencernaan, daya tahan tubuh, hingga terhindar dari berbagai penyakit mematikan. Dalam menyajikan salad juga tidak sulit serta bahan-bahan yang digunakan seperti sayuran hijau, tomat, jagung, ataupun buah-buahan mudah ditemukan.

Menurut sejarahnya salad belum lengkap jika tidak disajikan bersama saus atau yang disebut salad dressing. Sajian salad sederhana biasa dihidangkan dengan campuran mayones saja. Namun, terkadang ada juga yang mencampurkannya dengan siraman minyak zaitun, garam, dan lada bubuk. Seiring perkembangan zaman, variasi saus salad pun kini semakin beragam. Berikut jenis saus-saus yang bisa bikin sajian salad semakin istimewa.

Thousand Island
Nama saus salad satu ini mungkin tidak asing lagi. Saus berwarna merah muda tersebut memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang asam, manis, dan gurih. Jika dipadukan dengan sayur atau buah memang begitu pas di lidah. Thousand Island sendiri berasal dari jenis-jenis Russian Dressing. Bahan dasar dari saus ini adalah mayones, air jeruk lemon, paprika, worcestershire sauce atau saus BBQ, mustard, cuka, krim, saus sambal, sari tomat, dan Tabasco yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Vinaigrette
Varian saus yang satu ini terbilang sederhana dengan citarasa gurih, oily, dan segar. Saus yang juga dikenal dengan nama French Dressing tersebut terbuat dari aneka minyak seperti minyak kedelai, canola, zaitun, bunga matahari, safflower, kacang tanah, biji anggur, serta cuka. Terkadang, dicampur juga dengan rempah-rempah dan sari buah. Biasanya saus ini pas jika disandingkan dengan salad sayuran yang renyah.

Italian Dressing
Saus salad ala Italian Dressing ini sekilas penampilannya mirip dengan Vinaigrette. Hanya saja bahan yang digunakan sedikit berbeda seperti air, cuka atau perasan lemon, minyak sayur, paprika cincang, gula atau sirup jagung, adas, dan garam. Rasa saus yang asam, segar, dan gurih itu biasanya juga dicampurkan cincangan bawang putih atau bawang bombay untuk semakin menambah citarasa. Sama halnya dengan Vinaigrette, saus ini cocok untuk salad dengan sayur dedaunan.

Ranch Dressing
Saus ini berwarna putih yang terkenal dengan rasa asam serta kekentalannya. Ranch Dressing banyak disajikan bersama salad ala Amerika. Saus ini terbuat dari buttermilk atau sour cream, bawang bombay, bawang putih, peterseli, paprika, daun dill, merica, dan biji mustard. Jika tidak menemukan buttermilk atau sour cream, bisa menggantikannya dengan yogurt. Saus jenis ini cocok menjadi pendamping bersantap salad yang dimasak dengan cara direbus karena rasa asam, gurih, dan sedikit pedas.

Blue Cheese
Di Negri Paman Sam alias di Amerika, saus ini juga sangat populer. Bahan Blue Cheese Dressing ini terbuat dari campuran mayones, sour cream, yogurt, blue cheese, susu, cuka, bawang bombay bubuk, dan bawang putih bubuk. Percampuran bahan tersebut menghasilkan rasa saus yang gurih, creamy, dan asam sehingga cocok dipadukan dengan sayuran keras atau salad rebus seperti kentang, buncis, kacang-kacangan, dan salad dengan olahan daging.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all