Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Menikmati Ssam, Wrap BBQ Ala Korea

15 April 2019 9:37

Setelah kuliner Jepang, belakangan kuliner Korea mulai punya tempat tersendiri di kalangan penikmat kuliner Indonesia. Kepopuleran drama Korea sepertinya membawa pengaruh yang signifikan pada para pecintanya untuk mencicipi sajian kuliner Korea.

Pasti masyarakat Tanah Air sudah familiar dengan bulgogi dan kimchi yang menjadi makanan khas Korea paling populer. Selain itu, Korea juga dikenal dengan beragam sajian BBQnya. Kalau merasa bosan menikmati sajian BBQ yang biasa saja, maka sekarang bisa mencoba menu bernama Ssam. Ssam dalam bahasa Korea wrapped atau berbalut.

Biasanya orang Korea menggunakan sayuran daun hijau untuk membungkus daging BBQ yang sudah dipanggang. Kemudian ditambahkan kondimen seperti ssamjang, irisan bawang putih mentah maupun matang yang dipanggang, potongan paprika, banchan ( side dish) seperti kimchi, serta tambahan minyak wijen yang sudah diberi garam dan lada agar lebih nikmat. Terkadang, orang Korea juga menambahkan sedikit nasi di dalamnya. Ssam biasanya berbentuk small bite untuk menghindari isiannya tumpah. Ssamjang sendiri adalah sambal khas Korea yang terbuat dari doenjang semacam tauco khas Korea ditambah dengan gochujang atau pasta cabai Korea.

Ssam memiliki citarasa yang kaya, pedas, asam, manis, gurih, dan smokey dari aroma daging panggang.  Kesegaran dari sayuran sebagai pembungkusnya memberikan pengalaman baru menikmati sajian BBQ yang berbeda dari biasanya. Isian dagingnya bisa disesuaikan dengan selera, bisa berupa daging sapi, daging babi, hingga daging ayam.

Salah satu tempat untuk bisa mencoba menikmati ssam ada di Pochajjang Korean BBQ dari KULO Group yang baru saja buka di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Di sini, ssam menjadi salah satu cara untuk menikmati Korean BBQ dengan cara yang berbeda serta harga yang terjangkau. Di sini tersedia 2 menu yang bisa dipilih, yaitu Premium Beef seharga Rp 99.000,++ dan Rp 129.900,++ untuk pilihan Wagyu Beef. Masing-masing menu ini ditemani dengan sajian banchan berupa Japchae semacam bihun goreng dengan sayuran, Pajeon semacam telur dadar dengan sayuran dengan tambahan tepung, dan Chicken Karaage. Untuk menikmati menu all you can eat ini kamu diberi waktu selama 90 menit. Pastikan daging yang kamu ambil habis ya, karena jika tidak akan dikenakan charge Rp 50.000,- untuk setiap 100 gramnya.

Daging yang digunakan Pochajjang berupa potongan daging woo samgyup (beef belly) tipis yang lembut dan juicy. Potongan daging ini sudah direndam dalam racikan bumbu dari chef yang berasal dari Korea. Tersedia 4 varian rasa untuk pilihan Premium Beef, antara lain Bulgogi, Spicy Bulgogi untuk pecinta pedas, ada juga Honey, Black Pepper dan satu pilihan daging ayam dengan varian barbeque. Untuk pilihan Wagyu Beef tersedia 2 pilihan varian yaitu Original dan Bulgogi. Untuk minuman tersedia pilihan Nestle Blackcurrant dan Lemon Tea. Pochajjang buka setiap hari dari pukul 17.00 - 23.00 WIB.

Pochajjang Korean BBQ
Jl. Gandaria 1 No. 20, Kramat Pela, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!