Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Ragam Olahan Kambing dan Domba di Dunia

10 Mei 2019 21:14

Jika di Arab terkenal dengan hidangan kambing seperti pastila atau nasi mandi, berbeda dengan Indonesia yang mengolahnya dengan berbagai cara. Olahan daging kambing atau domba yang populer adalah sate, sup, gulai, maupun tonseng. Bukan hanya Indonesia, negara lain di dunia juga memiliki olahan kambing dan dombanya masing-masing, yuk ketahui ragam olahannya.

Rabeg
Mungkin tak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui makanan asal Banten satu ini. Nama rabeg diambil dari sebuah kota di Arab. Makanan ini merupakan kesukaan Raja Banten Sultan Maulana Hasanuddin yang terinspirasi ketika melakukan perjalanan ke kota pelabuhan yang berada di tepi Laut Merah bernama Rabiq. Kenangan akan kuliner itu membuat Raja Banten menyuruh juru masaknya membuatkan makanan yang sama ketika ia bersantap di Rabiq. Rupanya, Raja Banten menyukainya dan makanan tersebut dinamakan rabeg. Seiring perkembangannya, bumbu rabeg sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat dan isinya pun tidak hanya daging saja namun juga jeroan kambing.

Kosha Mangsho
Makanan satu ini mirip dengan sajian gulai di Indonesia, namun kuahnya menggunakan kari. Sajian khas daerah Bengali, India itu kuat akan rasa rempah seperti kapulaga, cengkeh, lada, kayu manis, jahe, dan lainnya. Uniknya lagi daging kambing direndam dengan saus yang sudah dicampurkan rempah serta yogurt. Daging kambing empuk terasa nikmat dengan bumbu yang meresap sempurna serta kuah kental yang pedas.

Kaldereta
Olahan satu ini begitu populer di pulau Luzon, Filipina. Menurut buku “Unmentionable Cuisine”, kaldereta adalah makanan khas negara tersebut yang biasa disajikan saat pesta perayaan seperti pernikahan. Nama 'kaldereta' berasal dari kata 'kaldera' yang berarti 'kawah'. Ini dikarenakan saus dalam masakan ini sangat kental dan berwarna kemerahan layaknya kawah. Variasi kaldereta yang paling umum adalah kaldereta kambing yang dibuat dengan bahan dasar bagian bahu kambing.

Yagisashi
Yagisashi merupakan irisan daging mentah yang banyak disukai oleh warga Jepang. Makanan ini juga bisa dinikmati dengan pilihan daging lain seperti ikan, ayam, daging kambing, daging sapi, hingga daging kuda. Daging yang digunakan adalah daging segar berkualitas sehingga tidak tercium aroma atau bau dagingnya. Untuk irisan yagisashi dengan daging kambing sendiri bisa dijumpai di Okinawa yang biasanya disajikan bersama salad sayuran serta bumbu celupan.

Barbacoa de Cabrito
Menurut buku berjudul “Real Mexican Food”, barbacoa adalah barbecue ala Meksiko. Dimana dagingnya dimasak dengan waktu sangat lama berkisar 5 jam di atas bara api. Daging yang sudah matang akan disajikan di atas lembaran tortilla hangat dan guacamole atau saus salsa. Sebagai bumbu cocolannya, dibuatkan saus campuran dari irisan daun ketumbar, bawang merah, dan perasan jeruk nipis.

Kleftiko
Hidangan asal Yunani ini mirip dengan barbacoa milik masyarakat Meksiko. Daging kambingnya diolah dengan bumbu bawang putih dan air perasan lemon yang kemudian dipanggang dalam waktu lama. Dimasak dengan proses berjam-jam membuat hidangan dagingnya menjadi empuk. Konon, makanan ini merupakan resep dari para pencuri kambing dan domba di Cyprus.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all