Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 Unik, 7 Makanan Dengan Nama Hewan

13 Juni 2019 10:28

Entah dari mana asal-usulnya, beberapa kudapan khas Indonesia memiliki penamaan yang unik. Saking uniknya, ada beberapa makanan yang namanya menggunakan atau berhubungan dengan hewan. Padahal, makanan itu tidak dibuat menggunakan bahan dari hewan tersebut. Memang ada beberapa yang dinamakan hewan, karena bentuknya yang menyerupai hewan tersebut, meski tidak semua. Dan berikut ini 7 makanan dengan unsur nama hewan. Kira-kira apa kalian pernah mencobanya?

Telur Mata Sapi
Telur mata sapi biasa juga disebut sebagai telur ceplok atau sunny side up. Makanan ini paling praktis dibuat dan proses memasaknya tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Selain praktis, telur mata sapi juga bergizi karena mengandung protein. Makanan dalam kategori lauk ini terbukti disukai oleh banyak orang.

Kuping Gajah
Camilan ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, susu, dan mentega yang di bagi menjadi dua bagian kemudian satu bagian diberi warna cokelat. Kuping Gajah termasuk dalam salah satu kudapan tradisional favorit. Mungkin bentuknya yang bulat dan lebar membuat kudapan satu ini diberi nama dengan kuping gajah.

Lidah Kucing
Kue favorit khas hari raya satu ini termasuk dalam kategori kue kering yang terbuat dari tepung terigu dan putih telur yang dipanggang dengan cetakan khusus. Bentuknya yang panjang dan tipis sehingga menjadikan kue  kering ini diberi nama Lidah Kucing.

Permen Telur Cicak
Kudapan manis satu ini terbuat cokelat yang bersalut lapisan gula warna-warni. Sebagai isian di dalamnya terdapat kacang renyah dan gurih. Permen satu ini pun sukses menjadi permen favorit anak-anak pecinta cokelat dan kacang. Dinamakan permen telur cicak karena bentuknya yang bulat kecil, menyerupai telur cicak.

Kue Kura Kura/Kue Ku/Mata Kebo
Kue satu ini merupakan salah satu jajanan basah tradisional favorit. Makanan bercitarasa manis ini juga biasa disajikan sebagai sajian khas perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia. Di Jawa Tengah, kue ini dikenal dengan sebutan Mata Kebo. Kue yang terbuat dari tepung ketan yang diberi pewarna merah ini berisi kacang hijau ini dibuat dengan cetakkan kayu berukir. Penamaan Kue Kura-kura atau Kue Ku karena bentuknya yang menyerupai cangkang kura-kura. Sedangkan dinamakan Mata Kebo karena bentuknya yang bulat besar menyerupai bola mata kebo atau kerbau.

Roti Buaya
Penamaan Roti Buaya ini karena memang bentuk rotinya yang dibuat menyerupai buaya utuh. Roti ini menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari budaya Betawi, khususnya dalam acara pernikahan. Pasalnya, keluarga mempelai pria harus membawa roti buaya sebagai salah satu seserahan untuk diberikan kepada keluarga mempelai perempuan. Dalam budaya Betawi, roti buaya menjadi simbol kesetiaan, kesabaran, serta kestabilan ekonomi.

Kue Sarang Semut
Makanan satu yang berupa kue bolu ini berasal dari Tanah Papua. Meski namanya Sarang Semut, namun tidak berarti jika bahan utamanya menggunakan bahan berupa sarangnya semut. Kue berwarna coklat gelap ini memiliki tekstur kenyal dan legit yang dibuat menggunakan bahan layaknya membuat kue bolu. Dinamakan Kue Sarang Semut karena tampilan dalam kuenya yang berongga menyerupai sarang semut. Selain dikenal dengan sebutan Kue Sarang Semut, kue ini juga dinamakan sebagai Bolu Caramel.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!


Terfavorit


Other Articles


» view all