Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

 2 Saus Untuk Pecinta Keju

15 Agustus 2019 10:19

Kalau kamu seorang penyuka keju dan suka berkreasi dengan keju, maka bisa mencoba untuk membuat olahan saus berbahan keju favoritmu. Saus keju ini bisa dipadukan untuk membuat pastel tutup atau bisa juga untuk kreasi macaroni keju andalan kamu. Pilihan sausnya juga bisa disandingkan dengan kentang goreng, salad, roti hangat, serta irisan bacon.

Kamu bisa menggunakan saus berbahan dasar keju ini dengan menambahkan atau mengganti keju yang kamu pakai serta tambahan bumbu rempah untuk menambah citarasa. Tapi pastikan pilih keju yang sesuai. Penggunaan sausnya gunakan keju yang meleleh saat dipanaskan, karena beberapa keju tidak bisa meleleh sempurna saat dipanaskan. Untuk membuat saus berbahan dasar keju, kamu bisa menggunakan beberapa keju seperti Cheddar, Gruyere, Muenster, Gorgonzola, Chevre, Gouda, Parmesan, Emmental, Brie, hingga keju biru yang berbau tajam.

Saus Mornay
Mornay adalah saus keju dasar. Saus ini terkenal karena penggunaannya dalam pembuatan mac dan keju. Pada dasarnya, saus Mornay adalah saus Bechamel yang diberi tambahan keju Gruyere parut. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi Gruyere, Emmental, Parmesan, atau Cheddar putih yang berbeda.

Untuk membuatnya, lelehkan mentega tawar (4-5 sendok makan) dalam panci di atas api sedang. Tambahkan 6 sendok makan tepung dan masak dengan api kecil sambil diaduk terus-menerus sekitar 3 menit. Tambahkan 3 gelas susuke dalamnya sambil terus diaduk. Lanjutkan mengaduk dan didihkan (masih dengan api kecil) selama 10 menit. Angkat, kemudian tambahkan 30 gram keju Gruyère parut, aduk sampai keju meleleh. Bumbui dengan garam, merica, dan pala bubuk.

Kamu bisa mengganti keju Gruyère dengan Emmental atau keju Cheddar. Jika menginginkan citarasa yang lebih gurih dan kaya kamu bisa menambahkan kuning telur atau krim kental. Jika kamu menggunakan keju Cheddar dalam saus ini, maka sausnya akan menjadi saus Cheddar, yang merupakan saus tradisional klasik yang digunakan dalam masakan Inggris. Saus ini hampir sama dengan saus Mornay Prancis. Saus Mornay (dan saus Cheddar) dapat digunakan untuk sandwich croque madame klasik, lasagna, atau dalam casserole apa pun. Saus serba guna juga bisa disandingkan untuk menikmati pasta, ikan, atau sayuran.

Four Cheese Sauce
Siapa bilang, ketika membuat saus Mornay atau Cheddar, kamu tidak bisa menambahkan keju lainnya? Kalau kamu pecinta keju, coba buat Four Cheese Cheese yang creamy dan gurih keju. Untuk membuatnya gunakan 2 gelas whipping cream dan ½ gelas mentega, tuang ke dalam panci masak dalam api sedang sambil terus diaduk hingga mentega meleleh. Secara bertahap masukkan parutan keju Parmesan, Mozzarella, Provolone, dan Romano, masing-masing ½ gelas. Kecilkan api sambil terus diaduk hingga semua keju meleleh.

Kamu juga bisa membuat versi lain dengan menggantikan keju parmesan dan menambahkan cream cheese, blue cheese, dan Cheddar. Bumbui saus dengan garam dan lada hitam yang baru ditumbuk. Bisa juga ditambahkan oregano segar, bawang putih yang dihancurkan, atau daun bawang cincang. Kamu bisa menikmati saus ini dengan gnocchi, pasta, sayuran kukus, kentang panggang, atau di atas steak. Sajikan segera, karena saus ini akan mengental saat dingin.



Foto By:
https://www.culy.nl/recepten/zo-maak-je-de-klassieke-mornay-saus/
https://www.bbcgoodfood.com/recipes/cheese-sauce

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!