Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

Rujak Buah Bagian Dari Tradisi

Rujak Buah Bagian Dari Tradisi

Rujak biasanya ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Di luar Indonesia, rujak lebih dikenal dengan nama “rojak”. Rujak buah terdiri beberapa buah-buahan segar, antara lain mangga muda, nanas, bengkoang, ketimun, jambu air, kedondong, pepaya mengkal (yang hampir matang), belimbing, dan aneka buah lainnya. Sebelum disajikan, terlebih dahulu buah dikupas kemudian cuci hingga bersih. Buah-buah tersebut kemudian diiris kecil-kecil atau sesuai selera.

Saus yang menjadi pendamping rujak memiliki citarasa manis pedas. Tingkat kepedasannya tentunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing penikmat rujak. Semakin doyan pedas, maka jumlah cabainya dapat diperbanyak. Namun jika sebaliknya, maka cabai yang digunakan bisa lebih sedikit. Saus rujak terbuat dari campuran gula jawa, kacang tanah, asam, garam, terasi dan cabai. Cara membuat sausnya, haluskan seluruh bahan kemudian tambahkan sedikit air agar menjadi lebih kental. Saus tersebut bisa dinikmati dengan diguyurkan pada buah-buahan, namun juga dapat dipisahkan menjadi saus cocolan pada saat buah akan disantap.

Di Jawa, rujak menjadi salah satu unsur penting dalam upacara tujuh bulanan. Pada saat seorang wanita hamil dan memasuki usia kandungan tujuh bulan, maka akan diadakan suatu acara yang dinamakan upacara tujuh bulanan. Di acara ini, rujak menjadi salah satu makanan wajib yang harus tersedia. Rujak yang digunakan pada upacara ini memang agak berbeda dengan rujak buah pada umumnya. Rujaknya tidak hanya menggunakan aneka buah-buahan yang sedang ada di musim tersebut, namun juga menggunakan temu (umbi-umbian yang biasa digunakan untuk membuat jamu atau bumbu masak dan rasanya pahit). Aneka buah-buahan pun dicampur menjadi satu dengan aneka temu sekaligus saus rujaknya. Selesai upacara, rujak akan dibagikan kepada tamu yang hadir dan dikirimkan pada tetangga rumah. Ada kepercayaan, apabila kebanyakan tamu/penerima rujak mendapatkan temu dalam rujaknya maka anak yang sedang dikandung adalah seorang anak laki-laki. Tapi apabila rujak itu berasa segar sebagaimana rujak biasa, maka yang dikandung itu adalah anak perempuan.

Rujak buah terdiri beberapa buah-buahan segar, antara lain mangga muda, nanas, bengkoang, ketimun, jambu air, kedondong, pepaya mengkal (yang hampir matang), belimbing, dan aneka buah lainnya.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!