Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

Sajian Khas Argentina Otentik di Sudestada Jakarta
Matambre & Bife De Chorizo Unggulannya

Sajian Khas Argentina Otentik di Sudestada Jakarta

Matambre & Bife De Chorizo Unggulannya

Mencari sajian sajian khas Argentina yang otentik memang tidak semudah mencari jenis makanan Western lainnya seperti Prancis atau Italia. Bisa dibilang, restoran yang menyuguhkan sajian dan konsap Argentina sangatlah sedikit. Untuk itu, menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri ketika ada sebuah tempat makan yang baru buka dengan mengusung konsep Argentina Grill, Bar, and Cafe. Tempat baru itubernama Sudestada Jakarta yang berlokasi di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

Resmi dibuka pada Maret 2019, restoran ini menawarkan berbagai hidangan istimewa khas Argentina otentik. Ragam hidangannya dibuat secara langsung oleh chef asli Argentina, begitu pula dengan deretan dessertnya. Diungkapkan oleh Chef Victor Taborda jika masakan khas Argentina yang dibawa direstorannya ini didominasi oleh pilihan daging panggang. “Orang Argentina itu menyukai daging secondary cut seperti knuckle, silverside, ataupun topside. Daging jenis ini selain murah harganya juga lebih beraroma saat dimasak dan enak. Daging di tempat ini dipanggang dengan menggunakan kayu buah rambutan hingga memunculkan aroma fruity,” tambah chef yang pernah menempuh pendidikankuliner di Buenos Aires.

Sajian unggulan di Sudestada Jakarta ini adalah Matambre dan Bife De Chorizo. Keduanya terbuat dari daging sapi yang digrill tanpa menggunakan banyak bumbu, hanya menggunakan garam saja. Setelah dagingnya matang, baru ditambahkan dengan lada, minyak zaitun, atau tambahan saus lainnya.Matambre menjadi salah satu menu yang memiliki citarasa lezat. Sajian ini menggunakan daging sapi bagian antara tulang rusuk dan kulit atau biasa disebut sebagai rose meat yang dipanggang. Meskiawalnya hanya dimasak dengan menggunakan bumbu berupa garam, namun ketika disajikan pada tamu daging panggang ini diberi topping berupa saus chimichuri yang aromatik.

Chimichuri merupakan saus khasnya Argentina. Saus ini terbuat dari campuran bubuk cabai, bawang putih, peterseli, minyak zaitun, oregano, dan cuka. Selain aromanya yang aromatik, rasa dari saus ini juga sedikit asam gurih. Membuat daging semakin lebih lezat ketika disantap bersamaan dengan saus ini. Di Sudestada Jakarta, saus Chimichuri ini dibuat segar setiap hari.

Selain Matambre, olahan daging lainnya yang wajib untuk dipesan adalah Bife De Chorizo. Sajian iniberupa daging sapi bagian striploin yang memiliki tekstur empuk saat dimakan. Tidak ketinggalan, padabagian atas dari daging panggang ini diberi ceceran saus Chimichuri yang disajikan dengan sayuran panggang serta kentang goreng.


Olahan daging lainnya yang bisa dipesan sebagai camilan adalah Hand-Cut Beef Empanadas. Secara tampilan, empanadas ini menyerupai pastel. Kulit renyahnya membungkus olahan daging berbumbu yang dipotong cukup besar. Jangan lewatkan juga pizza khas Argentina yang adonannya lebih tebal dankaya akan keju. Salah satu pizza yang bisa dipesan bernama Beef Pepperoni Pizza yang memiliki rasacreamy karena banyak menggunakan keju.

Selain terdapat pilihan menu berbahan daging sapi, pengunjung juga bisa menikmati sajian berbahan seafood yang menjadi unggulan Sudestada Jakarta. Menu terbuat dari Octopus atau gurita itu bernama Pulpo Con Papas Y Salchica. Gurita dipanggang lalu disajikan bersama dengan potongan chorizo atau sosis, kentang, dan saus berupa mayones bawang putih. Meski sudah disajikan dengan sausnya, tapi takada salahnya jika ingin menyantap octopus panggang ini dengan cocolan saus chimichuri.

Sebagai sajian penutupnya. Jangan lewatkan 3 menu lezat bernama Churros with Dulce de Leche yanggurih manis ditemani saus khusus, Lemon Tart yang lembut bercitarasa cenderung asam, dan Chocolate Brownie yang manis memikat. Semua olahan dessert ini juga dibuat oleh pastry chef berdarah Argentinayang tidak lain adalah istri dari Chef Victor.

Nama Sudestada Jakarta ini memiliki artian sebagai ‘angin sebelum hujan’. Dan bagi masyarakatArgentina, angin sebelum hujan itu diartikan sebagai keberuntungan. Pemilihan nama ini pun diharapkan dapat membawa keberuntungan bagi siapa saja yang datang dan berkunjung ke Sudestadaini, termasuk pengelolanya. Sudestada Jakarta buka setiap hari dari jam 07.00 – 23.30 WIB.

Restoran ini dihadirkan dengan konsep menarik, dengan pilihan lokasi outdoor dan indoor. Khusus untukarea outdoornya, di area taman terdapat lubang api bernama Asador yang biasa digunakan untuk memanggang daging. Kebiasaan memanggang di outdoor ini menjadi kekhasan dari masyaraka tArgentina. Hal ini pun juga bisa ditemukan di Sudestada Jakarta khusus di hari weekend saat soremenjelang malam. Untuk area indoornya, pengunjung akan menemukan suasana khas Argentina. Mulaidari balkon khas Argentina lengkap dengan bunga menggantung, foto berbingkai besar Gedung El Caminito, hingga berbagai perlengkapan olah raga polo.

Sudestada Jakarta
Jl. Irian No. 18, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
081331265567

Resmi dibuka pada Maret 2019, restoran ini menawarkan berbagai hidangan istimewa khas Argentina otentik.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!