Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

Mie Cakalang, Sajian Mi Khas Manado yang Istimewa

Mie Cakalang, Sajian Mi Khas Manado yang Istimewa

Kuliner khas Manado, Sulawesi Utara memang dikenal dengan kekayaan kulinernya yang lezat dan beragam. Mulai dari olahan daging, ikan dan seafood, aneka sayur, hingga hidangan penutup semuanya ada. Bagi pecinta sajian mi, Manado memiliki sajian mi istimewa yaitu Mie Cakalang.

Berbeda dengan sajian mi kebanyakan yang menggunakan paduan daging ayam, Mie Cakalang menggunakan ikan Cakalang Fufu khas Manado sebagai paduannya. Ikan asap ini memberikan aroma khas dan citarasa yang berbeda pada sajian mi khas Manado yang istimewa ini.

Mie Cakalang ini biasanya menggunakan mi yang terbuat dari mi basah atau mi telur. Mi itu pun disajikan dalam kuah bening dengan sentuhan sedikit merica yang memberikan citarasa pedas. Mi ini akan semakin nikmat disantap saat masih panas. Aroma khas ikan Cakalang Fufu yang masih mengepul semakin membangkitkan selera makan.

Sebagai pelengkap, biasanya Mie Cakalang disajikan dengan dua macam sambal yaitu, sambal hijau yang terbuat dari cabai hijau yang direbus hingga lembek kemudian dihaluskan ditambah cuka dan garam secukupnya. Untuk sambal merah, terbuat dari cabai merah, bawang putih, dan jahe. Tinggal sesuaikan selera saja mau pilih yang mana. Tak ketinggalan taburan ikan cakalang dan bawang goreng di atasnya.

Orang Manado biasanya menyantap Mie Cakalang ini sebagai menu sarapan. Jika berkunjung ke wilayah Manado, akan sangat mudah menjumpai penjual mi satu ini.

Berbeda dengan sajian mi kebanyakan yang menggunakan paduan daging ayam, Mie Cakalang menggunakan ikan Cakalang Fufu khas Manado sebagai paduannya.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!