Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

Temukan 16 Kuliner Daerah di Kampoeng Tempo Doeloe

Temukan 16 Kuliner Daerah di Kampoeng Tempo Doeloe

Menyantap berbagai kuliner daerah di Indonesia tapi tanpa harus mendatangi ke lokasi aslinya? Bisa langsung mendatangi event kuliner yang saat ini sedang berlangsung di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Event bertajuk Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) yang menjadi bagian dari Jakarta Fashion & Food Festivalini menghadirkan deretan kuliner Nusantara. Setidaknya ada 16 kuliner daerah yang turut mengambil bagian dengan membuka booth di KTD ini.

Ke-16 kuliner daerah itu berasal dari daerah Aceh, Padang atau Minang, Medan, Bangka, Palembang, Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Madura, Bali, Nusa Tenggara Timur(NTT), dan Makassar. Kuliner daerah itu dihadirkan dengan kekhasan dan citarasa yang tentunya juga beragam.

Aceh
Jika kamu ingin menyantap sajian bercitarasa Aceh, maka bisa mendatangi booth Mie Aceh Seulawah. Dibooth ini, pengunjung KTD bisa menemukan olahan mi khas Aceh yang kaya akan citarasa rempah maupun bumbu.

Padang
Sedangkan bagi yang penasaran dengan olahan khas Padang bisa mendatangi booth Sate Padang Sutan Mudo Biaro yang menyuguhkan olahan sate khas Padang yang lezat. Tidak hanya sate padang, pengunjung KTD juga bisa menjajal olahan Padang lainnya di booth Ketupat Sayur Padang Uni Epi Ciledug yang menjadikan menu ketupat sayur sebagai salah satu sajian unggulannya.

Medan
Cakue Medan Eko Yap dengan suguhan cakwe yang lembut dan baru diangkat dari penggorengan bisa jadi pilihan untuk yang ingin menyantap sajian khas Meda. Selain itu, juga ada Putu Bambu Medan yang berkonsep gerobak dengan suguhan aromatik dan sedap.

Bangka
Masih menghadirkan camilan yang nikmat, sajian khas Bangka diwakili oleh booth Martabak Lipat Bangka yang menjual pilihan martabak manis nan lezat.

Palembang
Pempek tentu menjadi salah satu menu khas Palembang yang paling banyak diminati oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Datang ke KTD ini pun bisa menemukan sajian nikmat itu di booth Pempek –Kedai Atikha yang menyuguhkan olahah pempek asli Palembang.

Jakarta
Penikmat sajian khas Jakarta atau Betawi bisa menemukan banyak pilihan menu di sini. Mulai dari kerak telur, ronde jahe, rujak buah khas Jakarta, rujak juhi, asinan betawi, nasi uduk, nasi ulam, hingga kue rangi, hingga kue pancong. Meski didominasi dengan booth gerobak, namun berbagai sajian ini cukup banyak diminati oleh pengunjung KTD.

Bandung
Sama seperti pilihan menu ala Jakarta, booth yang menyuguhkan pilihan kuliner daerah Bandung juga banyak. Ragam hidangan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari mie kocok, batagor, siomay, surabi, cuanki, hingga nasi dan lauk-pauk khas Sunda. Booth dengan pilihan kuliner khas Bandung yang bisa didatangi antara lain Bandros Cowboy Bandung, Dapur Pasundan dan Mie Kocok Bandung Marika, Cuanki Bandung Mang Udin, hingga Mie Bandung Kejaksaan 1964.

Bogor
Kuliner dari wilayah ini diwakili oleh booth Soto Mie Theresia, Toge Goreng Khas Bogor, hingga Sate Meranggi, dan Sate Kelinci Mas Narno Lembang. Pengunjung pun bisa menyantap berbagai hidangan khas Kota Hujan ini sesuai dengan favorit lidah masing-masing.

Yogyakarta
Gudeg tentu jadi salah satu menu khas dari kota istimewa yang satu ini. Pada festival ini pun terdapat sebuah booth yang secara khusus menyediakan sajian berupa gudeg khas Yogyakarta. Booth bernama Gudeg Ningrat itu menyuguhkan olahan buah nangka muda yang dimasak dalam waktu lama hingga medok dan berwarna kecoklatan. Sayur bercitarasa manis ini pun ditemani berbagai lauk seperti semur tempe tahu, telur, ayam, dan masih banyak lainnya.

Solo
Solo sebenarnya memiliki berbagai sajian khas yang begitu istimewa. Mulai dari tengkleng, nasi liwet, selat solo, cambuk rambak, brambang asem, hingga jajanan seperti serabi. Dari sekian banyak pilihan menu yang ada, Serabi Notosuman Ny. Handayani Solo turut meramaikan pilihan kuliner daerah di KTD ini. Selain ada pilihan rasa Original, juga ada pilihan Cokelat dan Pandan.

Semarang
Bergeser ke sajian khas Semarang, pengunjung KTD bisa menjumpai sajian khas seperti Tahu Gunting, Pletok, Slawi “Bumbu Seru”. Penasaran dengan citarasa menu yang dihadirkan? Langsung saja coba sendiri!

Surabaya
Booth yang menghadirkan citarasa Surabaya di KTD adalah Raja Rawon dan Kikil Sapi Surabaya. Di sini, pengunjung pun bisa mencicipi sup khas Surabaya yang menjadikan daging sapi sebagai bahan utamanya dengan kuah berwarna kehitaman karena menggunakan bumbu kluwak.

Madura
Sate menjadi salah satu menu khas yang paling dikenal dari daerah satu ini. Mana lagi kalau bukan Madura! Di KTD ini terdapat booth Sate Ayam Madura Bintang 5 yang menyuguhkan tusukan daging ayam yang ditemani guyuran saus kacang nan menggugah selera.

Bali
Terdapat booth Bongkot Nasi Campur Bali di tempat ini. Sesuai dengan namanya, booth ini menjadikan Nasi Campur khas Bali sebagai sajian unggulannya. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang ditemani dengan berbagai macam lauk pauk, seperti sayur urap, sate pedas, sate lilit, lawar, ayam suwir, dan lainnya. tidak ketinggalan, sambal matahnya yang nikmat dan harum menemani seporsi menu nasi campur itu.

Nusa Tenggara Timur (NTT)
Masakan wilayah NTT tentu sangat jarang ditemukan oleh masyarakat yang tinggal di Jakarta ini. nah, dengan mengunjungi KTD ini maka bisa menjajal beberapa sajian khasnya NTT yang unik dan lezat. Disajikan oleh booth Dekranasda NTT, pengunjung KTD bisa menemukan berbagai hidangan seperti sayur Bunga Pepaya dan Se’i yakni tumisan daging dengan berbagai macam bumbu, cabai, dan paprika.

Makassar
Pilihan daerah terakhir adalah daerah Makassar. Pengunjung KTD bisa menemukan booth yang menghidangkan masakan khas Makassar di Dapoer Umy khas Makassar. Masakan rumahan khas daerah itu bisa dipilih, seperi rica-rica, dabu-dabu, cakalang, dan masih banyak lainnya.

Event bertajuk Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) yang menjadi bagian dari Jakarta Fashion & Food Festivalini menghadirkan deretan kuliner Nusantara. Setidaknya ada 16 kuliner daerah yang turut mengambil bagian dengan membuka booth di KTD ini.

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!