Close
*
*
Register an Account
Account Details
*
*
Password Strength
Profile Details
Social Profiles
Map
Please enter valid address
>

Icip-icip Pecel Jawa Timur Enak!

Icip-icip Pecel Jawa Timur Enak!

Ada tempat makan bernama Pecel Pincuk Kalibata yang menawarkan sajian pecel khas Jawa Timuran. Sesuai dengan namanya, sajian pecel menjadi salah satu menu unggulannya. Pecel di sini berbeda dengan pecel kebanyakan. Pecelnya memiliki aroma kencur, daun jeruk, dan tempe semangit yang melebur jadi satu. Ya, sedikit berbeda dengan pecel kebanyakan, pecel di tempat ini menambahkan tempe semangit atau tempe busuk yang punya aroma khas sebagai campurannya, ini dinamakan sebagai sambal tumpang.

Biasanya, pecel hanya menggunakan bumbu kacang saja, namun di sini juga menyediakan pilihan sambal tumpang. Bagi yang kurang suka dengan sambal tumpang, bisa memesan tanpa menggunakan sambal tumpangnya alias bumbu pecel orisinil. Tapi buat yang penasaran, bisa langsung pesan pecel dengan bumbu mix. Atau mengaku lidah Jawa Timur-an yang sudah terbiasa dengan sambal tumpang, bisa juga pesan pecel sambal tumpang.

Pecel di sini menggunakan sayuran yang cukup lengkap. Ada daun pepaya rebus, daun singkong rebus, daun kemangi, kenikir, taoge, petai cina, irisan mentimun, serundeng kelapa, oseng tempe, dan rempeyek. Sayuran itu pun ditambah siraman bumbu pecel serta sambal tumpang. Setelah bumbu diaduk, yang tercecap di lidah adalah sebuah kompleksitas rasa pecel nan istimewa, keduanya tidak saling bertabrakan.

Tidak hanya pecel, pengunjung juga bisa menemukan aneka lauk sebagai pelengkap pecel. Semua lauk itu tersusun rapi di atas tampah bambu di atas meja. Pengunjung yang datang bisa bebas memilih sendiri. Pilihannya mulai dari jeroan ayam yang digoreng, empal, paru, tempe-tahu bacem, rempeyek udang, pepes udang, hingga aneka gorengan seperti bakwan jagung, tahu isi, tempe goreng, mendol, dan tempe bosok yang dibalut tepung.

Selain pecel, juga ada menu khas Nusantara lainnya yang ditawarkan. Sebut saja Garang Asam khas dari pesisir utara Jawa Tengah dan Rawon. Garang Asam berupa ayam dengan kuah putih keruh dari santan encer dengan taburan cabai rawit, tomat hijau, dan irisan belimbing wuluh. Ayam ini dibungkus daun pisang sehingga memiliki aroma khas. Penggunaan belimbing wuluh dan tomat hijau memunculkan citarasa asam segar.

Tempat makan ini buka antara jam 07.00 – 21.00 WIB, khusus hari Sabtu hanya sampai jam 17.00 WIB. Interior tempat makan ini sederhana, namun nyaman dengan pilihan tempat duduk ala warung.


Pecel Pincuk Kalibata
Jl. TMPN Kalibata, Jakarta Selatan
021 – 70588204

Ada tempat makan bernama Pecel Pincuk Kalibata yang menawarkan sajian pecel khas Jawa Timuran. Sesuai dengan namanya, sajian pecel menjadi salah satu menu unggulannya

Comments

Belum ada comment, posting comment Anda di bawah ini!