Di Indonesia sendiri, Asinan memiliki beberapa pilihan berbeda. Namun yang paling terkenal di Indonesia adalah Asinan Jakarta atau Betawi dan Asinan Bogor. Asinan yang khusus diangkat 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia ini adalah Asinan ala Jakarta.    Asinan umumnya disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Asinan biasanya berisi kol, taoge, selada, timun, sawi asin, tahu putih, mi kuning, kacang tanah goreng, kerupuk mi, dan kerupuk merah. Sedangkan untuk bumbu serta kuahnya terdiri dari campuran gula merah, cabai, kacang tanah goreng, ebi sangrai, gula pasir, garam, dan cuka. 

Aneka komposisinya disajikan dalam mangkok atau piring, kemudian diguyur dengan sausnya yang terasa asam, manis, pedas, dan gurih. Citarasa yang sedap dari penggunaan sausnya terasa begitu klop dengan segarnya berbagai bahan baku yang digunakan. 

Nama asinan dipilih dari kata ‘asin’ karena proses pembuatannya yang diasinkan. Sayur yang digunakan terlebih dulu direndam dengan menggunakan larutan air dan garam.  Asinan ini merupakan menu tradisional Indonesia hasil kulturasi budaya lokal Betawi dengan Cina.  
Di Jakarta, asinan sangat mudah ditemukan karena banyak dijajakan oleh pedagang asinan keliling. Namun ada pula restoran yang secara khusus menjual Asinan, seperti Asinan Special Ny. Isye, Asinan Betawi Ibu Yenni, hingga Asinan Lan Jin.