Ayam merupakan salah satu bahan masakan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan jika hampir di seluruh pelosok daerah di Indonesia memiliki berbagai sajian kuliner yang menjadikan ayam sebagai bahan bakunya. Digoreng merupakan cara penyajian ayam yang paling mudah dan praktis.

Dari sekian banyak ayam goreng yang ada, ayam goreng lengkuas ternyata banyak diidolakan masyarakat. Sesuai namanya, sajian ini menjadikan rempah lengkuas atau laos sebagai salah satu bahan utamanya. Sebelum digoreng, ayam diungkep menggunakan berbagai bumbu dan lengkuas yang sudah diparut. Baru setelahnya ayam dan parutan lengkuas digoreng hingga kering. Penggunaan lengkuas yang melimpah pun menjadikan sajian si ayam goreng terasa lebih beraroma dan gurih. 

Ayam goreng lengkuas merupakan salah satu masakan khasnya Kota Pasundan, Bandung. Selain Bandung, ayam goreng lengkuas juga begitu popular di daerah Minang. Ayam ini pun menjadi inspirasi munculnya ayam goreng kremes.
Untuk menikmati ayam goreng lengkuas yang nikmat, maka bisa mengunjungi Dapur Lengkuas, Ayam Goreng Lengkuas Mang Jay, dan lainnya.