Kunyit asam merupakan minuman tradisional masyarakat Indonesia, khususnya dari wilayah Jawa. Minuman bercitarasa manis asam menyegarkan ini memadukan dari berbagai rempah khas Nusantara, seperti kunyit, asam jawa, dan gula. 

Penggunaan kunyit sebagai bahan bakunya, sehingga menjadikan tampilan dari minuman ini berwarna kuning kecoklatan. Kunyit asam bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin dengan menambahkan es batu.

Minuman yang juga biasa disebut sebagai jamu ini juga memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari sebagai pereda nyeri saat datang bulan (haid), antioksidan, berkhasiat untuk menurunkan berat badan, mengendalikan kadar gula darah, mencegah penuaan dini, obat diare, anti anemia, dan masih banyak lainnya.

Minuman ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan yang bisa dibeli di pasar, warung, ataupun supermarket. Atau bisa juga membelinya di tukang jamu keliling atau yang banyak ditemukan di pasar tradisional. Tidak jarang hotel berbintang yang memiliki restoran berkonsep buffet juga menyediakan kunyit asam di stand jamu.