Laksa merupakan sajian peranakan (Tionghoa - Melayu) yang menjadi salah satu sajian di Indonesia. Penamaan laksa berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti ‘banyak’. Dan makna itu sesuai dengan sajian dari laksa sendiri yang memiliki banyak isian atau penggunaan bahan baku.

Laksa yang hampir menyerupai soto itu biasanya terbuat dari ayam, taoge, udang, mi atau bihun, telur rebus, serta penggunaan berbagai bumbu rempah. Kuahnya menggunakan santan sehingga tidak terlalu encer dan memiliki rasa gurih yang demikian nikmat.

Di Indonesia sendiri ada beberapa pilihan laksa berbeda, sesuai dari daerahnya. Mulai dari Laksa Bogor, Laksa Betawi, Laksa Palembang, Laksa Banjar, dan lainnya. Khusus untuk Laksa Bogor menambahkan oncom sebagai salah satu bahannya. Laksa ini sangat nikmat ketika disantap dalam keadaan masih hangat. Penggunaan bumbu rempah yang melimpah menjadikan sajian ini begitu harum dan khas.

Sajian laksa begitu popular dan disukai oleh masyarakat, sehingga ada banyak tempat makan yang menyediakan laksa sebagai salah satu sajian unggulan. Beberapa di antaranya adalah Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”, Warung Laksa Pak Inin, Laksa Bogor Tradisional Ibu Lili, dan lainnya.