Sajian yang menjadikan nasi putih sebagai bahan bakunya ini sangatlah populer di Indonesia. Tak hanya di kawasan Indonesia saja, nasi goreng juga populer di berbagai negara wilayah Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan. Pada setiap wilayah itu memiliki gaya dan rasa nasi goreng berbeda.

Nasi putih yang menjadi bahan bakunya dimasak dengan berbagai bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam. Proses pemasakannya dengan cara digoreng dalam wajan atau penggorengan dengan menggunakan sedikit minyak panas dan tambahan kecap manis untuk memberi warna kecoklatan. Olahan nasi ini biasanya ditambahkan dengan telur, sayur, seafood, atau daging.  Kerupuk umumnya ditemani dengan kerupuk dan juga acar.    

Di Indonesia, nasi goreng termasuk sebagai makanan pinggir jalan atau kaki lima. Terbukti dengan banyaknya pada pedagang (tenda atau gerobak) yang menjajakan nasi goreng sebagai menu utamanya. Hidangan ini paling mudah dijumpai di berbagai wilayah dengan harga yang juga terjangkau.

Tidak hanya dijajakan di kaki lima, nasi goreng juga bisa ditemukan di berbagai tempat makan hingga restoran berkelas. Si nasi goreng ini biasanya sudah dimodifikasi dan disandingkan dengan berbagai lauk memikat. Tampilannya pun lebih menarik dan berkelas.