Rawon merupakan salah satu sajian khas dari daerah Jawa Timur. Sajian ini mungkin jadi kategori sop yang memiliki tampilan berwarna hitam. Kuahnya memang berwarna hitam legam dan dagingnya pun hitam karena dimasak dalam kuah. Warna hitam ini berasal dari penggunaan kluwak atau kluwek. 

Rawon biasanya menggunakan bahan yang minimalis, sehingga kualitas dari sajian ini ditentukan oleh daging, kaldu, dan bumbunya. Daging untuk rawon biasanya daging berserat yang dipotong dadu besar. Kaldunya dari kaldu tulang sapi yang tidak terlalu berminyak. Sedangkan bumbunya terdiri dari lengkuas, jahe, serai, kulit jeruk purut, daun jeruk, gula, asam jawa, kluwak, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, dan garam.

Selain terdiri dari potongan daging, rawon juga terdiri dari taoge pendek, telur asin, dan kerupuk udang. Taoge pendek yang digunakan biasanya masih mentah, sehingga memberi tekstur renyah segar. Paduan daging empuk dan kuah kaldu kaya rasa, sehingga menjadikan rawon ini sebagai ikon kuliner utama di Jawa Timur.     

Tempat makan rawon rekomendasi adalah Rawon Nguling, Depot Surabaya, RM. Eka Jaya, Rawon Rampal, dan lainnya.