Sate merupakan masakan yang menjadikan daging sebagai bahan utamanya. Proses pembuatannya terbilang mudah dengan penggunaan bumbu yang juga praktis dibuat. Daging segar yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil lalu ditusukkan ke tusukan lidi atau bambu kemudian dibakar hingga matang.

Di wilayah Indonesia sendiri, terdapat banyak jenis sate. Indonesia juga bisa dikatakan sebagai negeri 1001 sate. Setiap daerah mempunyai jenis sate yang unik dan beda. Namun yang paling populer dan penyebarannya paling merata di Nusantara adalah sate dari Madura. Sate yang lebih dikenal dengan sebutan sate Madura itu hanya menjadikan daging ayam sebagai bahan bakunya. Tidak hanya bagian daging, biasanya juga ditambahkan kulit ayam yang jika dibakar akan mengeluarkan minyak dan semakin menambah rasa gurih. 

Sebagai bumbunya terdapat guyuran saus kacang yang bercitarasa lezat. Bumbu atau sausnya terbuat dari kacang tanah goreng yang digerus atau ditumbuk bersama dengan bawang merah, bawang putih, cabai, daun jeruk, dan garam. Tidak ketinggalan juga ditambah dengan kecap manis dan kucuran jeruk limau. Meski demikian, di Madura sendiri terkadang tidak menggunakan saus kacang, melainkan saus kemiri. 

Sate biasanya dibakar dengan menggunakan arang batok kelapa yang sering ditaburi dengan jeruk limau.  Sate memiliki rasa yang demikian lezat dengan rasa cenderung gurih. Selain ditemani dengan saus kacang, sate ayam bisa disajikan dengan tambahan lontong atau nasi putih, sambal, hingga irisan bawang merah mentah.

Sate Madura rekomendasi di wilayah Jakarta adalah yang Sate Ayam Barokah, Sate Ayam RSPP Pak Muri, Sate Ayam Madura Sakerah H. Martingen, dan tentunya sate Madura yang dijual keliling oleh pedagang dengan menggunakan gerobak satenya.