Sayur Nangka Kapau ini merupakan jenis sayuran yang paling popular di Tanah Minang, Sumatera Barat. Di daerah asalnya, sayur ini disebut sebagai gulai cubadak (nangka muda).  Gulai nangka muda ini biasa disajikan dengan nasi kapau bersama dengan rendang, ayam, dan lauk lainnya.

Gulainya nangka ini, selain terdiri dari nangka muda juga berisi kacang panjang, kol, rebung, ataupun pakis. Sedangkan kuah gulainya menggunakan santan encer dengan berbagai bumbu sehingga tidak terlalu kental atau eneg saat dimakan. Bumbu yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, lengkuas, serai, jahe, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, asam kandis, gula, dan garam.

Sajian ini begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Itu karena setiap nasi padang selalu saja menambahkan guyuran sayur nangka kapau ini. Berkat sayur ini, maka memberikan citarasa yang khas dan jadi ikon dari sajian yang dikenal dengan sebutan nasi padang. Siapa pun yang makan di restoran padang pasti akan menemukan sayur lezat yang satu ini.