Serabi atau surabi memadukan citarasa gurih dan manis yang demikian memanjakan lidah. Rasa gurih berasal dari penggunaan santan kelapa dalam adonannya, sedangkan rasa manisnya berasal dari saus gula merah yang digunakan. Selain dua bahan utama itu, serabi juga menggunakan bahan seperti tepung terigu, tepung beras, telur, air kelapa, dan garam. 

Masuk dalam kategori jajanan pasar, awalnya serabi hanya ada pilihan original saja, Namun, seiring perkembangan zaman dan meningkatkan keinginan pasar, maka serabi pun memiliki banyak variasi lainnya. Seperti menambahkan cokelat, keju, pandan, meses, durian, strawberry, dan varian rasa lainnya.      

Serabi umumnya dikenal di wilayah Solo, Jawa Tengah dan Bandung, Jawa Barat. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku. Proses pembuatan dengan tungku itu sehingga menghasilkan rasa serta aroma yang khas. Selain terdapat pilihan serabi manis, di Bandung juga ada pilihan serabi asin yang menggunakan taburan oncom di bagian atasnya.   

Jika sedang berada di Bandung, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi serabi di Surabi Imut, Serabi Kinca Suji – Eka Rasa, hingga  Raja Surabi Bandung. Bila di Jakarta, maka bisa mendatangi Soerabi Bandung Enhaii, Soerabi Bandung, dan masih banyak lainnya.