Soto atau yang juga disebut coto, sroto, sauto, ataupun tauto merupakan masakan berkuah khas Indonesia. Sajian ini tampilannya menyerupai sop yang kuahnya terbuat dari kaldu daging dan aneka rempah. Daging yang digunakan juga bervariasi, mulai dari daging ayam, kambing, sapi, ataupun kerbau. Ada pula tambahan sayuran dan mi sebagai penyertanya. 

Jenis soto di Indonesia pun sangatlah beragam. Nyaris semua daerah di Indonesia memiliki soto dengan kekhasannya masing-masing. Misalnya saja soto Medan, soto Padang, soto Betawi, soto Kudus, soto Lamongan, Soto Banjar, Coto Makassar, dan masih banyak lainnya. 

Soto Lamongan menjadi salah satu jenis soto yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia dan penyebarannya sampai pelosok Indonesia. Soto ini merupakan makanan dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Umumnya, soto ini menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan utamanya. Kuah berwarna kuningnya terasa gurih yang menggunakan racikan bumbu seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk purut, daun salam, kemiri, merica, dan garam. 

Selain berisi sayatan tipis daging ayam kampung, soto ini juga menggunakan soon, telur rebus, kol, koya (berupa campuran kerupuk udang dan bawang putih goreng), daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Biasanya semangkok soto ayam yang disajikan panas ini dinikmati dengan nasi putih. Jangan lupa menambahkan sambal, kucuran jeruk nipis, ataupun kecap manis jika suka.

Lezat dan nikmatnya soto lamongan ini bisa ditemukan di beberapa tempat makan rekomendasi ini. Misalnya saja Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli), Soto Lamongan di Benhil, Soto Ayam Rakyat, Soto Jodo Roso, dan masih banyak lainnya.