Sesuai namanya, sajian ini menjadikan sayuran sebagai bahan bakunya. Usai disiangi dan dicuci, sayuran yang digunakan direbus atau dikukus hingga matang kemudian dicampur dengan bumbunya. Sayuran yang digunakan antara lain kacang panjang, bayam, taoge, kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, kol, hingga wortel.

Untuk bumbunya menggunakan parutan kelapa (masih muda) yang dicampur dengan berbagai bumbu sehingga menambah citarasa. Bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, asam jawa, gula merah, hingga garam.

Secara tampilan, urap menyerupai salad sayuran. Namun, sayurannya dalam keadaan matang dimasak. Urap sayur merupakan masakan yang sering dijumpai di wilayah Jawa dan biasanya dijadikan pendamping dari nasi tumpeng. Karena bahannya yang tidak menggunakan daging sama sekali, tidak jarang urap juga dikategorikan sebagai makanan vegetarian.

Urap sayuran ini memiliki rasa dan aroma yang khas, itu karena penggunaan kencur sebagai penambahan bumbu di parutan kelapanya. Rasa manis pun membaur dengan gurihnya parutan kelapa serta pedasnya cabai yang digunakan.