• Novi Amaliyah

10 Es Krim Dari Seluruh Dunia


berbagai varian es krim dengan cone
Berbagai varian es krim

Di tengah berbagai macam makanan dari berabagi penjuru dunia, ada beberapa makanan tertentu yang disukai semua orang, dari mana pun asalnya. Dan es krim ada di urutan teratas menjadi makanan favorit semua orang di seluruh dunia. Dari mochi Jepang dengan isian es krim, gelato di Italia, kulfi India dan dondurma dari Turki. Dan sepertinya setiap negara menawarkan es krim unik mereka sendiri. Berikut adalah beberapa es krim terlezat dan terpopuler dari seluruh dunia.


American Ice Cream

American Ice Cream
American Ice Cream

Amerika Serikat menawarkan sejumlah gaya es krim. Jenis yang paling umum, kadang-kadang disebut gaya Philadelphia, gaya New York, atau hanya American Ice Cream atau es krim Amerika. Dimana es yang dibuat dengan susu, krim, gula, dan tanpa telur. Gaya lain, adalah gaya New England seperti Ben and Jerry's. Es krim bercitarasa kaya campuran dan kenyal yang dibuat dengan telur, tambahan protein susu, dan puding beku, es krim lembut, dan tinggi lemak yang aslinya berasal dari New York ini tetapi menjadi populer di Midwest setelah Pameran Dunia Chicago 1933. Fakta yang menarik tentang es krim, ternyata tradisi menyajikan makanan penutup beku dalam cone yang dapat dimakan sudah ada sejak abad di Prancis sejak abad ke-18.


Gelato

Gelato
Gelato, es krim Italia yang populer di seluruh dunia

Gelato adalah es krim versi Italia yang sangat populer di seluruh dunia. Gelato memiliki tekstur yang jauh lebih padat daripada es krim bergaya Amerika karena mengandung lebih sedikit lemak daripada es krim biasa, juga karena proses pembuatannya yang dikocok dengan lebih lambat juga sedikit lebih manis. Jika tidak, gelato dan es krim sangat mirip, terbuat dari susu beku, krim, dan bahan lainnya, terkadang dengan kuning telur dan terkadang tanpa kuning telur. Karena gelato lebih padat, rasanya bisa lebih kuat daripada es krim. Dan disajikan sedikit lebih hangat daripada es krim, yang juga memperkuat rasanya.

Semifreddo

semifredo, es krim italia
Semifreddo

Semifreddo adalah puding beku Italia yang berasal dari abad ke-19. Semifreddon yang dalam bahasa Italia berarti "setengah beku." Sementara es krim dan gelato dibuat dengan mengaduk susu, krim, dan gula secara perlahan sebelum dibekukan, semifreddo dibuat dengan mengocok bahan-bahan dengan cepat menjadi konsistensi seperti mousse, sehingga hasil akhirnya jauh lebih ringan dan lebih ringan daripada es krim. Selain itu semifreddo dibekukan menjadi cetakan dan disajikan dengan cara diiris seperti kue.


Mochi Ice Cream

Mochi ice cream
Mochi Ice Cream

Es krim mochi yang populer berasal dari Jepang, sebenarnya ditemukan pada awal 1990-an oleh seorang pengusaha Jepang-Amerika di Little Tokyo Los Angeles. Meskipun sajian serupa dengan isian pasta kacang merah sudah menjadi sajian yang dinikmati selama berabad-abad sebelumnya. Es krim mochi dibuat dengan membungkus bola-bola es krim di dalam adonan manis yang terbuat dari tepung ketan. Rasa populer untuk isian es krim termasuk vanila, cokelat, dan stroberi, serta teh hijau, kacang merah, wijen hitam, anggur plum, dan mangga.

Dondurma

dondurma, es krim turki
Dondurma, es krim Turki yang terbuat dari susu kambing

Dondurma adalah makanan penutup beku Turki yang terbuat dari susu kambing, yang memberikan rasa dan aroma yang khas. Tetapi dondurma terkenal karena teksturnya yang keras dan kenyal, elastisitasnya, yang memungkinkannya untuk diregangkan dan dipelintir seperti adonan, dan ketahanannya untuk meleleh. Tekstur ini berasal dari dua paduan pengental yang disebut salep, dimana terbuat dari akar anggrek liar asli Turki selatan, dan yang kedua, mastic, resin tanaman dari semak cemara asli pulau Chios Yunani. Es krim diremas dengan tiang logam panjang untuk memberikan karakteristik elastisitasnya. Dondurma sangat kental sehingga sering dililitkan seperti kebab doner dan disajikan dengan cara diiris dengan pisau daripada disendok. Seperti es krim lainnya Dondurma juga tersedia dalam varian cokelat, vanila, pistachio, raspberry, stroberi, ceri, dan murbei. Makanan serupa, yang disebut pagoto menjadi es krim yang berasal dari Yunani.


Kulfi

kulfi, es krim khas India
Kulfi, es krim khas India

Kulfi adalah makanan penutup bertekstur padat, lembut, dan beku yang populer di India, Pakistan, Sri Lanka, dan beberapa daerah di Asia Selatan dan Timur Tengah. Kulfi dibuat dengan memasak susu manis bersama kacang dan rempah-rempah sampai berkurang setengahnya, yang mengental dan berkaramel. Campuran tersebut kemudian dibekukan dalam cetakan logam sempit yang direndam dalam campuran es dan garam, untuk membekukannya menjadi bentuk padat. Kulfi biasanya disajikan menggunakan stik es seperti es loli pop. Proses pembuatannya tidak ada pengocokan, hanya pengadukan lembut campuran susu karena perlahan berkurang. Kulfi tersedia dengan rasa yang unik seperti mawar, pistachio, mangga dan saffron.


Spaghettieis


Spaghettieis
Spaghettieis, es krim dengan tampilan menyerupai spaghetties yang bisa ditemukan di Jerman

Seorang Italia yang tinggal di Jerman membuat ek krim berbentuk spaghetti pada 1960-an yang dikenal dengan sebutan Spaghettieis. Spaghettieis adalah makanan penutup beku yang dibuat dengan menekan es krim menggunakan cetakkan kentang atau spaetzle press (bentuk mie goreng), yang membentuk es krim menjadi untaian tipis bentuk spaghetti, yang kemudian di atasnya dengan saus stroberi dibuat agar terlihat seperti saus tomat , dan ditaburi serutan coklat putih yang dibuat menyerupai keju parmesan.


I-Tim-Pad


I-Tim-Pad, es krim gulung khas Thailand
I-Tim-Pad, es krim gulung khas Thailand

I-Tim-Pad adalah es krim gulung atau es krim tumis, I-Tim-Pad adalah makanan penutup beku Thailand yang dibuat dengan mencampur susu, krim, gula, dan bahan tambahan lainnya, kemudian menuangkan campuran tersebut ke lempengan dangkal di atas es super dingin yang kemudian dicampur bersama-sama. Campuran akan membeku menjadi lapisan tipis es krim yang kemudian dikerok menggunakan spatula, yang secara bersamaan menggulung es krim menjadi batang kayu berlubang berbentuk spiral. Kemudian disajikan dalam mangkuk atau cangkir yang diberi topping tambahan seperti buah, saus cokelat, kue, dan krim kocok. Sorbetes


Sorbetes, es krim Philipina yang terbuat dari susu kerbau
Sorbetes, es krim Philipina yang terbuat dari susu kerbau

Sorbetes, adalah es krim favorit di seluruh Filipina. Secara tradisional dibuat dari susu kerbau asli yang disebut carabao, versi modern sorbetes dapat dibuat dari susu carabao atau susu sapi. Rasa populer termasuk mangga, melon, kelapa, alpukat dan stroberi, serta cokelat, kue dan krim, dan bahkan keju. Sorbetes dijual oleh pedagang yang dikenal sebagai sorbeteros yang bergerak melintasi kota dengan gerobak warna-warni. Sorbetes disajikan dalam cone, dalam roti maupun paduan keduanya.


Es Krim Goreng

Es krim goreng dinikmati dalam berbagai budaya, termasuk Jepang, Cina, Meksiko, dan Amerika Utara, dan tidak jelas dari mana asalnya. Tapi idenya adalah bagaimana es krim dicelupkan ke dalam semacam adonan dan kemudian direndam sebentar dalam minyak panas, yang mengubah adonan menjadi cokelat dan renyah sambil membiarkan es krim di dalamnya masih beku. Kue yang dihasilkan kemudian dapat ditaburi dengan gula bubuk, ditaburi dengan cokelat, karamel atau saus custard, bersama dengan hiasan lainnya. Di Jepang, es krim goreng dibuat menggunakan adonan tempura, sedangkan di Meksiko es krim dilapisi dengan serpihan jagung sebelum digoreng. Foto: Dok.Istimewa