• Novi Amaliyah

10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan


Daun sirih sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman herba dalam pengobatan tradisional untuk berbagai keluhan.Daun sirih efektif menyembuhkan sejumlah penyakit karena mengandung banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh.


Daun sirih mengandung minyak atsiri yang terdiri daro betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol.Tidak hanya itu, daun sirih juga mengandung enzim diastase, gula, dan tanin.


Daun sirih berbentuk hati dengan warna yang cukup bervariasi seperti hijau, hijau tua, kuning dan juga merah. Daun sirih hijau dan merah adalah daun sirih yang cukup mudah ditemukan di Indpnesia. Untuk memanfaatkannya, daun sirih dapat direbus bersama air dan seduhannya bisa digunakan. Daun sirih akan mengeluarkan aroma yang khas saat diremas. Berikut manfaat daun sirih bagi kesehatan.


Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis. Daun sirih juga dapat melindungi kesehatan hati.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.


Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Daun sirih tinggi akan kandungan antioksidan, salah satunya eugenol. Di dalam tubuh antioksidan eugenol bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Daun sirih memilliki kemampuan menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah. Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner dan gagal jantung. Daun sirih merah dan daun sirih hijau dapat bekerja untuk meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung. Coba rebus 3-4 lebar daun sirih merah dan minum air rebusan daun sirih tersebut untuk dua kali sehari untuk membantu menurunkan keluhan tekanan darah tinggi.


Menurunkan Risiko Kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.


Mempercepat Penyembuhan Luka

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi,daun sirih dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, terutama untuk luka bakar. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka. Daun sirih adalah tanaman yang berman yang mengandung antiseptik alami yang luar biasa. Dimana mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.


Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan dengan pertumbuhan bakteri karena sisa-sisa makanan yang tersisa di dalam mulut. Mengunyah daun sirih atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Selain itu daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri. Mengunyah daun sirih dan biji pinang bisa memicu produksi air liur. Air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusii. Selain itu, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.


Mengobati Mimisan

Cara kerja daun sirih untuk menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar. Dimana antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Phyto Journal menemukan daun sirih juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir ini dapat bermanfaat untuk mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal.

Daun sirih sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Daun sirihjuga membantu

menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.


Meningkatkan Energi

Mengunyah daun sirih dan biji pinang diketahui dapat meningkatkan energi. Ini karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja mirip dengan nikotin, alkohol dan kafein yang dapat merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat kita jadi lebih fokus, waspada serta lebih berenergi.


Sebagai Obat Batuk

Rebusan air daun sirih merah dipercaya dapat meringankan batuk. Ini karena daun sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang dapat meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal. Caranya rebus 300 ml air dengan 5 lembar daun sirih merah selama 15 -20 menit dan minum sehari sekali.


Mengobati Radang Prostat

Daun sirih merah bisa dijadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Karena daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa. Caranya bisa dengan merebus 3 - 5 daun lembar sirih merah yang masih muda dan minum air rebusan daun sirih tersebut sebanyak 3 kali sehari.