• Novi Amaliyah

15 Manfaat Kesehatan Daun Ketumbar


Daun ketumbar
Daun Ketumbar

Daun ketumbar merupakan salah satu daun yang banyak digunakan dalam masakan di berbagai negara di Asia, khususnya di Indonesia. Selain biji ketumbar, dau ketumbar juga ditambahkan pada berbagai sajian. Selain memberikan aroma yang khas pada masakan, daun ketumbar ternyata juga memiliki beragam manfaat yang berkhasiat bagi kesehatan. Berikut manfaat kesehatan daun ketumbar dilansir dari berbagai sumber.


Antibiotik yang Efektif

Daun ketumbar baik sebagai antibiotik untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare yang disebabkan oleh bakteri patogen. Hal ini karena mengandung zat kimia borneol yang mampu membasmi bakteri E.coli dimana berperan sebagai antibiotik alami, ketumbar bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti radang lambung, campak, wasir, pusing, flu, darah tinggi, radang payudara, muntah dan lemah syahwat. Selain itu, daun ketumbar juga mengandung zat antibiotik, dodecenal. Dodecenal efektif ganda untuk gentamisin. Ini adalah antibiotik untuk membasmi bakteri makanan, salmonella.


Kaya Antioksidan

Aktivitas antioksidan daun ketumbar telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Hal ini karena caffeic acid dan chlorogenic acid yang mampu menghambat radikal bebas penyebab oksidasi, terutama pada kulit. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun ketumbar sebagai menu harian dapat melindungi kulit kita dari kerutan akibat proses radikal bebas yang berbahaya.


Anti Kanker

Khasiat Daun Ketumbar untuk anti kanker dan untuk kesehatan sudah banyak udah dibuktikan oleh Ilmuwan. Antioksidan dalam daun ketumbar, termasuk beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, quercetin, kaempferold sangat bermanfaat untuk membasmi kanker. Zat-zat tersebut bekerja efektif untuk mengurangi risiko stres oksidatif akibat kanker.


Menyembuhkan Radang Kulit dan Masalah Kulit Lainnya

Cineole, salah satu dari 11 komponen minyak esensial, dan asam linoleat ditemukan dalam daun ketumbar. Kedua zat tersebut memiliki sifat anti rheumatoid arthritis dan anti rematik. Daun ketumbar efektif untuk mengurangi peradangan kulit. Selain itu, mengandung minyak atsiri yang bersifat anti mikroba. Bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi jamur dan bakteri. Ini juga mengandung desinfektan, antiseptik, anti jamur. Antioksidannya kuat untuk menyembuhkan eksim dan masalah kulit lainnya.


Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi daun ketumbar jika terbukti efektif menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Interaksi antara ion kalsium dan kolinergik mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.


Diare

Beberapa komponen minyak atsiri dalam daun ketumbar, seperti Borneol dan Linalool, membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik. Ini juga meningkatkan fungsi jantung dan perut. Kedua zat tersebut efektif untuk menyembuhkan diare karena komponen seperti Cineole, Borneol, Limonene, Alpha-pinene dan beta-phelandrene memiliki efek anti bakteri. Daun ketumbar juga bermanfaat untuk mencegah mual dan muntah.


Mengurangi Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah lemak esensial yang menyebabkan penyakit kronis, seperti gagal jantung, stroke, dan diabetes. Daun ketumbar mampu menurunkan kadar darah karena mengandung natrium dan kalium. Dalam daun ketumbar ditemukan berbagai zat asam, seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C-). Dimana sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Zat ini juga mengurangi tingkat kolesterol jahat ( LDL ) di sepanjang dinding arteri dan vena yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti artherosclerosis, serangan jantung dan stroke. Apalagi kemampuannya untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang mencegah penyakit kardiovaskular fatal lainnya.


Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Daun ketumbar mengandung zat besi yang bermanfaat bagi pasien anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah menyebabkan masalah pernapasan, kelelahan ekstrim dan detak jantung yang tidak normal. Zat besi juga penting untuk menjaga kesehatan tulang.


Menjaga Kesehatan Mata Kita

Karena mengandung beta-karoten dan anti oksidan, mereka baik untuk meningkatkan kemampuan penglihatan kita karena degenerasi makula dan katarak.


Menyembuhkan Sariawan

Sitronelol dalam daun ketumbar bertindak sebagai anti septik yang baik. Dimana efektif untuk menyembuhkan sariawan. Daun ketumbar mempercepat proses penyembuhan dan membuat nafas kita lebih segar. Meski tidak mainstream, daun ketumbar digunakan sebagai bahan alami pasta gigi. Jauh sebelum pasta gigi ditemukan, biji ketumbar digunakan untuk mengurangi bau mulut.


Detoksifikasi

Daun ketumbar digunakan untuk detoksifikasi logam berat. Ini efektif untuk detoksifikasi merkuri dan aluminium. Kedua logam berat yang terakumulasi dalam tubuh kita dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kemandulan, autisme, dan demensia.


Mencegah Insomnia

Kandungan fitonutrien dan zat lain dalam daun ketumbar dapat menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh kita. Ini akan membuat saraf kita rileks dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.


Urolitiasis (batu ginjal)

Daun ketumbar memiliki sifat diuretik alami yang membantu mengurangi risiko menderita urolitiasis karena memaksa produksi urin. Ini juga mendetoksifikasi ginjal kita sehingga kita tidak akan menderita batu ginjal.


Mencegah Diabetes

Daun ketumbar merangsang kelenjar endokrin, meningkatkan sekresi insulin dari pankreas yang akhirnya meningkatkan insulin dalam darah kita. Proses ini mengatur asimilasi yang tepat dan menyerap gula dalam darah kita. Ini bermanfaat bagi pasien diabetes karena kadar gula mereka berkurang dan metabolisme tubuh mereka bekerja dengan baik.


Gangguan Menstruasi

Daun ketumbar adalah stimulan alami dan mengatur sekresi dari kelenjar endokrin. Hal ini akan membawa dampak hormonal yang mengatur siklus menstruasi yang tepat dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi.