• Novi Amaliyah

4 Manfaat Kesehatan Kubis Ungu


Kubis ungu, juga disebut kubis merah yang termasuk dalam genus tanaman Brassica. Kelompok ini termasuk dalam sayuran yang padat nutrisi, seperti brokoli, Brussel sprout, dan kale. Dari segi rasa kubis ungu mirip dengan kol hijau. Namun, varietas ungu lebih kaya dalam senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti tulang yang lebih kuat dan jantung yang lebih sehat.


Kubis ungu juga dianggap dapat menurunkan peradangan dan melindungi dari jenis kanker tertentu. Selain bisa dinikmati mentah sayur satu ini juga serbaguna dan dapat dinikmati untuk dimasak, atau difermentasi dan ditambahkan ke berbagai hidangan.


Kubis ungu mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Pigment ungu pada kubis ini mengindikasikan tingginya kadar antioksidan yang terkandung di dalamnya. Dimana mampu mengurangi stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kubis ungu mengandung anthocyanins, antioksidan yang secara spesifik ada di kubis ungu yang mampu menurukan risiko akan penyakit kanker dan jantung. Kubis ungu juga baik untuk pencernaan, mengontrol tekanan darah, baik untuk kulit, meningkatkan imunitas tubuh serta memperkuat kesehatan tulang dan otot. Berikut 4 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari kubis ungu.

Kaya Nutrisi

Kubis ungu merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori namun kaya serat dan vitamin A, C, K, dan B6 yang baik serta sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya.


Menjaga Kesehatan Jantung

Kubis ungu mengandung anthocyanin, yang merupakan antioksidan flavonoid yang memberikan warna khas pada kubis ungu. Satu studi menemukan bahwa wanita yang secara teratur mengonsumsi makanan kaya anthocyanin dalam jumlah besar dapat memperoleh manfaat dari risiko serangan jantung 11% -32% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit dari makanan ini. Asupan antosianin yang lebih tinggi juga dapat dikaitkan dengan tekanan darah dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.


Memperkuat Tulang

Kubis ungu mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk tulang, termasuk vitamin C dan K, serta sejumlah kecil kalsium, mangan, dan seng. Dalam  1 cangkir (89 gram) kol ungu mentah mengandung sekitar 56% DV untuk vitamin C, yang berperan dalam pembentukan tulang dan membantu melindungi sel-sel tulang dari kerusakan. Selain itu kubis ungu juga kaya akan vitamin K1 yang banyak ditemukan dalam makanan nabati, dalam sayuran dan sayur yang berwarna hijau. Ini membedakannya dari vitamin K2, yang ditemukan dalam produk hewani dan makanan fermentasi.


Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kubis ungu dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dengan kemampuan mengurangi peradangan, mencegah lesi usus, dan mengobati sariawan usus. Kubis ungu terdiri dari sekitar 70% serat yang larut dalam air sehingga dapat mengurangi risiko sembelit.

© 2019 yukmakan channel