• Novi Amaliyah

5 Makanan Ini Kaya Protein Nabati


Seperti kita ketahui makanan sumber protein berkualitas tersedia secara luas berasal dari hewan. Namun begitu protein juga terkandung dalam beberapa makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sekarang saatnya mengidentifikasi dan memperkaya sumber protein nabati yang sangat mudah dicerna serta kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut 5 makanan sumber protein yang berasal dari tanaman seperti dilansir dari Naturalnews.


Spirulina & Chlorella

Spirulina, Chlorella adalah termasuk dalam keluarga alga yang semakin mendapat perhatian sebagai makanan super. Dimana keduanya menyediakan beragam nutrisi dan membantu tubuh mengeluarkan zat logam berat. Superfood dari tanaman ini mengandung sumber protein yang luar biasa. Chlorella sendiri umumnya mengandung 58% protein dan kadang-kadang, hingga 75 % dengan jumlah keseimbangan asam amino penting, termasuk semua yang lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Saat menggabungkannya dengan banyak enzim, probiotik, dan fitonutrien, chlorella menjadi sumber protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna juga.


Hemp

Hemp juga tak kalah mengandung manfaat kesehatan, termasuk menjadi paduan rasio sempurna antara lemak omega-6 dengan omega-3 yaitu 3: 1, selain itu hemp juga sumber EFA (asam lemak esensial) yang paling melimpah, dan sumber fitonutrien, antioksidan, dan tanaman yang kaya sterol. Hemp mengandung hingga 47% protein, dan mengandung 20 asam amino, termasuk 9 asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh kita, menjadikan hemp salah satu dari sedikit sumber protein nabati lengkap.


Bee Pollen

Bee pollen bukanlah salah satu makanan yang terkenal untuk dikonsumsi. Namun bee pollen dianggap sebagai salah satu makanan alam yang paling lengkap dan seimbang serta kaya akan vitamin, mineral, asam amino, hormon, enzim dan lemak, serta sejumlah besar antibiotik alami. Bee pollen menganudng antara 25 hingga 40% protein, dan mengandung 22 asam amino yang memiliki lima hingga tujuh kali asam amino yang ditemukan dalam bobot yang sama antara daging sapi, susu, telur, atau keju. Selain itu kandungan enzim yang luar biasa dari bee pollen yang mudah dicerna.


Chia

Chia adalah sumber bahan makanan berenergi pada zaman kuno yang sudah digunakan selama berabad-abad. Biji-biji chia ini adalah sumber asam lemak omega-3 yang luar biasa, antioksidan, serat, kalsium, magnesium, dan kalium. Chia mengandung 21% protein dan mengandung semua asam amino esensial dalam rasio yang tepat, sehingga dianggap sebagai sumber protein yang lengkap. Ketika direndam, biji chia mampu menyerap 10 kali beratnya dalam air yang membantu menghidrasi usus besar dan membuang racun keluar dari usus. Ini menciptakan sistem pencernaan yang sehat, memudahkan penyerapan nutrisi, termasuk protein jadi lebih efektif.

Quinoa

Quinoa adalah biji tanaman asli Amerika Selatan. Quinoa merupakan makanan suci bagi suku Inca. Quinoa merupakan sumber mangan, magnesium, fosfor, besi, tembaga, seng, dan vitamin B-6 dan B-9. Quinoa mengandung protein 14 % dan mengandung semua asam amino esensial, menjadikannya sumber protein yang lengkap. Selain itu quinoa juga memiliki sifat prebiotik yang membantu memberi makan bakteri menguntungkan di saluran pencernaan, sehingga mudah dicerna. Quinoa dapat dinikmati dalam berbagai cara dan pengolahan, terutama sebagai pengganti biji-bijian lain seperti beras. Quinoa juga juga bisa dibuat untuk menu sarapan yang luar biasa sebagai alternatif sereal atau oatmeal, dan dapat diaplikasikan pada kreasi panggangan.

© 2019 yukmakan channel