• Novi Amaliyah

5 Manfaat Kesehatan Labu Siam yang Perlu Diketahui


Labu siam, sayur satu ini biasanya dinikmati sebagai lalapan untuk direbus ataupun dijadikan untuk tumisan. Namun ada juga yang menjadikannya sebagai jus dan dinikmati mentah. Labu siam tidak terlalu populer sebagai sayuran, namun tahukah kamu sayur satu ini sarat nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin B, Kalium dan juga vitamin C. Selain itu, sayur ini juga kaya mineral, antioksidan, dan fitokimianya yang tinggi. Labu siam dengan nama latin Sechium Edule adalah jenis labu siam yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae atau labu. Dibudidayakan sebagai sayuran, tetapi secara teknis labu siam adalah buah. Labu siam berwarna hijau dengan daging bagian dalam berwarna putih serta rasa yang ringan. Berikut 5 manfaat kesehatan labus siam yang harus kamu ketahui.


Antimikroba Alami

Ekstrak daun, batang dan biji labu siam telah terbukti memiliki manfaat sebagai antimikroba terhadap strain bakteri, bahkan yang sering resisten terhadap antibiotik seperti bakteri staphylococci resisten methicillin. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal, Microbial Ecology in Health and Disease, menunjukkan bagaimana ekstrak labu siam menunjukkan aktivitas antimikroba yang mengesankan dan bahkan memiliki potensi penggunaan klinis sebagai sumber alami senyawa antimikroba baru yang kuat.


Sumber Folat

Labu siam kaya akan nutrisi penting dengan folat berada di urutan teratas. Asam folat atau dikenal juga dengan Vitamin B ini sangat penting untuk pembelahan sel dan pembentukan DNA dalam tubuh manusia. Kekurangan folat dapat menyebabkan banyak gejala yang tidak diinginkan seperti kekurangan energi, fungsi kekebalan tubuh yang buruk dan gangguan pencernaan. Folat juga merupakan nutrisi yang sangat penting bagi wanita hamil untuk mendapatkan jumlah yang cukup karena dapat membantu dalam pencegahan cacat lahir yang disebut cacat tabung saraf, seperti spina bifida.


Meningkatkan Sistem Pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi dan nutrisi yang dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan (seperti folat), labu siam adalah makanan yang dapat memperbaiki kesehatan sistem pencernaan dengan berbagai cara. Sebagai makanan prebiotik yang kaya serat, labu siam juga dapat membantu mencegah sembelit sambil mendorong bakteri sehat untuk mengisi usus. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian sekarang, kesehatan usus memainkan peran utama dalam kesehatan fisik dan juga mental.

Membantu Liver Berbagai penelitian telah menunjukkan bagaimana labu siam (Sechium edule) dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi hati. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 di Journal of Agricultural and Food Chemistry menyoroti bagaimana ekstrak Sechium edule, telah terbukti menurunkan kadar kolesterol, juga dapat membantu mencegah dan memperbaiki penyakit liver karena penumpukan lemak di dalam liver. Penelitian pada hewan yang diterbitkan pada tahun 2015 menunjukkan bagaimana ekstrak pucuk S. edule mampu memodulasi akumulasi lemak di hati dan bahkan menurunkan obesitas pada subjek hewan yang diberi diet tinggi lemak. Diperlukan lebih banyak penelitian klinis, tetapi sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan, labu siam mungkin menawarkan dorongan besar untuk kesehatan hati. Pencegah Kanker Secara umum, konsumsi sayuran dan buah-buahan dikaitkan dengan penurunan risiko terkena kanker. Sebagai buah, labu siam dapat membantu mencegah pembentukan kanker dalam tubuh. Lebih khusus lagi, penelitian in vitro (tabung reaksi) baru-baru ini telah menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam labu siam dapat menghambat perkembangan sel kanker tertentu seperti leukemia dan kanker serviks.