• Novi Amaliyah

5 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Oats


Oats
Tak heran oats jadi salah satu pilihan menu sarapan sehat yang mengandung manfaat untuk kesehatan

Gandum tau dikenal juga dengan oats salah satu bahan makanan ini sudah menjadi bagian sehari-hari dalam kehidupan. Tak hanya bisa diolah menjadi menu oatmeal bergizi untuk sarapan, oatmeal bisa juga dibuat olahan lain seperti granola bar yang sehat untuk camilan ataupun bekal anak maupun bekal makan siang praktis. Tak hanya itu oat juga bisa diolah menjadi susu yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti susu bagi mereka yang menjalani gaya hidup vegan maupun vegetarian.

Oat memiliki rasa yang relatif halus, yang membuatnya sangat mudah digunakan sebagai bahan makanan biji-bijian dan cukup serbaguna untuk diolah dalam berbagai olahan makanan. Gandum juga merupakan tanaman biji-bijian yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, ternyata gandum juga menyimpan banyak manfaat kesehatan. Berikut 5 manfaat kesehatan mengonsumi gandum seperti dilansir Healthline. 1. Sumber Serat Yang Baik Serat adalah salah satu nutrisi yang pentingn untuk kesehatan yang sering dilupakan. Serat begitu penting terutama dalam sistem pencernaan. Serat membantu mengeluarkan dan melunakkan tinja, begitulah cara tubuh membuang kotoran dan nutrisi yang tidak dibutuhkan. Selain kaya sumber karbohidrat, oats juga mengandung banyak mikronutrien esensial lainnya. Oats kaya serat makanan yang baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat dan juga mendukung fungsi lain dalam tubuh seperti menjaga imunitas dan membantu proses anti-inflamasi.


2. Kaya Antioksidan yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Gandum kaya antioksidan yang disebut avenanthramides, dimana hanya ditemukan dalam gandum. Antioksidan ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah individu dengan meningkatkan produksi oksida nitrat, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Senyawa luar biasa ini juga berkontribusi pada proses anti-inflamasi dan anti-gatal.


3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat yang tinggi di dalam darah adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung, yang merupakan salah satu pembunuh utama di masyarakat saat ini. Tentu tidak hanya sesederhana menghilangkan kolesterol dari asupan makanan sehari-hari, karena ada kolesterol 'baik' dan kolesterol 'jahat', dan tubuh membutuhkan keseimbangan keduanya. Serat beta-glukan yang ditemukan dalam gandum sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol total dan LDL.


4. Membantu Membuat Kulit Jadi Lebih Sehat

Tidak hanya baik untuk kesehatan di dalam tubuh,gandum juga baik bagi kesehatan di bagian luar tubuh. Oat yang digiling halus dapat digunakan sebagai salah satu bahan perawatan perawatan kulit yang bergizi dan lembut untuk meredakan gatal dan iritasi. Ini karena sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya. Masker gandum dapat digunakan untuk membantu mengurangi munculnya jerawat sekaligus merawat kulit sensitif.

5. Menurunkan Risiko Asma Pada Anak Asma adalah salah satu penyakit paling umum yang diderita pada anak kecil, dan bisa menjadi serius dan terkadang mengancam jiwa jika tidak ditangani. Dan ternyata mengenalkan makanan yang kaya oat sejak usia dini dapat menyebabkan penurunan risiko asma pada masa kanak-kanak. Ini karena asma kandungan anti-inflamasi di dalam gandum dapat membantu mengatasi gangguan inflamasi pada saluran pernafasan.